alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
DELETE BUKALAPAK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac6b46af7e931d343950cc/delete-bukalapak

DELETE BUKALAPAK

Dengan akhir kata uang saya sebesar 4juta lebih di lepaskan ke lapak penipu
Padahal BARANG SUDAH DIRETURKAN KE ALAMAT BUKALAPAK ,UANG DITERUSKAN KE PELAPAK. HEBAT
semoga uang nya berkah untuk PELAPAK semoga barang yang saya returkan BERGUNA UNTUK ADMIN BUKALAPAK SEMUA.
TAPI GARIS BESAR KALIAN BUKALAPAK JIKA TANPA PEMBELI JUGA BUKAN APAAPA!
DAN 1 SAYA SUDAH KONFIRMASI KE JNE MEREKA TIDAK MELAPORKAN APAPUN PADA BUKALAPAK
SEMUA SAYA SCREENSHOT KAN DISINI


INI CHAT SAYA DARI AWAL DENGAN JNE BANDUNG PUSAT SEBELUMNYA SAYA JUGA TELAH MENELPON CUSTOMER JNE NYA SENDIRI :

DELETE BUKALAPAK
DELETE BUKALAPAK
DELETE BUKALAPAK
DELETE BUKALAPAK
DELETE BUKALAPAK
DELETE BUKALAPAK
DELETE BUKALAPAK


INI RECORD TELPON SAYA YANG SAYA LAMPIRKAN DI DISKUSI KARNA ALASAN MEREKA TIDAK MENEPATI JANJI MENGEMBALIKAN UANG SAYA SETELAH BARANG RETUR DITERIMA BUKALAPAK PADA TANGGAL 1 APRIL 2019 JAM 16.00

DELETE BUKALAPAK DELETE BUKALAPAK DELETE BUKALAPAK DELETE BUKALAPAK

DAN SAYA SANGAT SAYANGKAN DI KOMENTAR FACEBOOK, TWITTER, INSTAGRAM BUKALAPAK MALAH NGAKUNGAKU NELPON PADAHAL TIDAK ADA.DAN MENYALAHKAN MENURUT MEREKA SAYA TIDAK DAPAT DIHUBUNGI PADAHAL HP SAYA NOMOR SAYA AKTIF TERUS
HANYA SATU KALI SAJA BUKALAPAK TELPON SAYA SETELAH SAYA BUAT POSTINGAN KEMARIN YANG TERAKHIR.
ITUPUN HANYA MENGABARKAN MEREKA TELAT KARNA JNE BELUM JAWAB PERTANYAAN TIM BUKALAPAK! PARAH
PADAHAL SAYA SUDAH LAMPIRKAN RECORD PEMBICARAAN DENGAN CS JNE JUGA CHAT DENGAN JNE PUSAT BANDUNG.
PARAHNYA, BUKALAPAK MENGAKU NGAKU BUKTI DARI JNE YANG SEBENARNYA JNE SENDIRI GAK TAU TERUTAMA PUSAT BANDUNG, YANG KEDUA KARNA JANJI 1 APRIL JAM 4 PENJUAL TIDAK RESPON AKAN KEMBALIKAN UANG SAYA NYATANYA TIDAK MESKIPUN PENJUAL SAMA SEKALI GAK RESPON. HINGGA AKHIRNYA SAYA SENDIRI YANG DISURUH CLAIM KE JNE .SUDAH SAYA TURUTI SEMUA TIBATIBA HARI INI UANG SAYA TIDAK KEMBALI BARANG DI BARANG YANG DIBUKALAPAK JUGA SUDAH DIRETUR 4 JUTA DIPAKE NGUNJUNGI BUKALAPAK AJA TIDAK DAPAT APAAPA
DELETE BUKALAPAK
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Saya seorang Pembeli Online di market place
Saya juga seorang Penjual di market place

Sebenarnya sih langkah preventif untuk hal seperti ini mudah, cuma ya kenapa ya para Pembeli itu malas, atau beralasan repot, Padahal ga lama, paling hanya butuh 10-15 menit, dan ini bisa dilakukan disaat seggang.

1. Saya kalau jadi pembeli, hal yang paling utama saya lakukan adalah cek antara LABEL toko dan RESI/AWB dari ekspedisi apakah SAMA? kalau beda JANGAN TERIMA, kalau sama barulah terima. Lalu cek apakah kondisi paket tersebut ada tanda-tanda sudah pernah di bongkar atau belum.

2. segera FOTO paket tersebut dari segala sudut, kalau perlu izin foto paket tersebut bersama kurir nya. Kalau ada yang beralasan yg terima bukanlah dia (yang bersangkutan), tetap di foto kan kondisi barang tersebut SEBELUM di buka.

3. VIDEO kan proses unboxing dari AWAL sampai AKHIR tanpa PUTUS, tanpa EDITING. Kalau memang lagi sibuk, biarkan saja paket nya, nanti mulai proses unboxing disaat lagi senggang, toh batas konfirmasi terima barang itu rata" sekitar 2-3 hari setelah paket diterima. Dalam proses unboxing inilah yang menentukan, apakah isi nya tersebut salah, kurang atau ada cacat. Kalau produk elektronik nanti ketauan, rusak karna kesalahan pengguna yang tidak sesuai prosedur, atau memang produk tersebut cacat dari awal pengiriman.

Kalau sudah memberikan bukti" tersebut, si Penjual juga mau ngeles seperti apalagi? admin pun akan lebih yakin dalam pengambilan keputusan.

Fakta yang terjadi saat ini adalah (karna saya seorang Penjual juga) Pembeli itu sebagian besar, bahkan bisa dibilang 99% mem-Foto atau mem-Videokan SETELAH paket dibuka, nah bukti ini lemah klo dilihat dari sisi manapun, karna proses pembongkaran paket yang jadi hal paling krusial jadi tidak ada. Klo saya jadi pembeli nakal enak aja bilang Saya beli HP kok dikirim batu? Saya beli 5 kok dikirim 2? dan berbagai macam alasan lainnya.
Diubah oleh earfun
Coba Ts minta foto barang sebelm dikirim pelapak ( saat sedang di packing dan sudah di packing )

Ts ada foto paket setelah di berikan kurir jnenya ( usahakan pada hari yang sama ) Termasuk lable lable dan kemasanya, trus upload ke admin BL. Dan SC metadatanya.
Spoiler for "quote":


DELETE BUKALAPAK

penyalahgunaaan kolom diskusi retur ini maksudnya apa ya ? mana nih Bukabantuan ?

Diubah oleh nickjer
Balasan post earfun
1.no resi sama ka
2.saya fotokan dan lampirkan semua di diskusi retur, penjual yang di minta ini itu claim jne, kasi bukti gak nanggepin sama sekali. Tapi malah dialihkan pada saya yg hanya pembeli tetapi saya penuhi. Apa yg disuruh bukalapak yaitu hubungi jne. Bahkan inisiatif sendiri pusat jne jakarta dan pusat bandungnya sekalian saya hubungi.saya telpon dan saya chatt juga di layanan chat onlinenya itu ada ya semua di screenshot dan malah telponan dengan cs jne pun saya rekam dan kirim ke bukalapak
3.saya videokan juga ka hanya saja terhapus dan ketika recovery hanya foto saja. Videonya ada tapi rusak tapi saya lampirkan screenshot pemberitahuan bahwa video tersebut rusak tapi detil waktu pengambilan video tsb masi lengkap saya screenshot juga dan sama detil waktu pengambilan foto dan video tsb.
4.penjual masa bodo kayanya soalnya dia selalu membaas comment ktika admin sudah membalas tp ketika saya jelasin ini itunya dia tidak respon sama sekali. Dan saya tidak tau kebijakan bukalapak itu. Penjual yang dengan hanya bilang saya sudah kirim sesuai pesanan tanpa melampirkan apapun yg di minta bukalapak tapi begitu mudahnya membuat keputusan itu
Balasan post tomez
Di diskusi retur diminta demikian ka dia tidak respon makannya barangnya saya retur ke bukalapak sesuai kebijakan bukalapak. Eh sudah diretur barang tidak dapat uang gak dapat malah tambah nombok saya keluarin untuk retur ke bukalapak ongkir plus ASURANSI seperti yg diminta bukalapak juga di kolom diskusi
Balasan post nickjer
Quote:


Makannya ka sumpah marah plus kecewa banget sama bukalapak dan adminnya. Pertama dan terakhir kali saya pke bukalapak.
Sangat lucu dan tidak profesional tidak ada telpon atau balasan diskusi lagi tibatiba pemberitahuan saya menyalah gunakan diskusi retur.dan parahnya mengakungaku sudah dapat laporan juga dari jne nya. Padahal bolak balik juga saya ke jne telpon chatt juga. Rugi uang rugi waktu astagfirullah
Semoga dpt rezeki pengganti buat TS.

Pesen sy saat mantau trit ini.. TS siapin Obat mual mules.. Karena bakal nongol kutu kupret dengan bahasa (minjem istilah agan sebelah) sok elegan, redaksional super duper wah...

Balasan post Goonersneverdie
Quote:


Amin ka terimakasih banyak, ya ngarep dikembaliin juga sakit hati dari pertama bikin postingan malah saya yg disalahkan nomor tidak aktif padahal sejak retur saya selalu standby hp malah yg biasa malam saya matiin saya nyalaain takut bukalapak telpon ya aji mumpung biar gak terlihat mereka condong pelapak mungkin,kedua bukalapak bilang jne tidak merespon laporan yg mereka buat ke jne padahal jne ternyata baru tau dari saya ini jurus lainnya untuk menyangkal apa yang mereka sampaikan sendiri di diskusi akan mengembalikan uang saya 1april 16.00 , dan pas nelpon cs pun ya bgitu gak ada tuh kata mereka. Dan jika ada mereka enggak mau tau karna yg harus dikejar itu harus nya penjualnya karna mereka hanya jasa penitipan saja kasarnya. Eh tapi dengan kekurang tahuan saya karna penjual tidak respon terus ketika diminta ini itu pada diskusi akhirnya saya yg disuruh ajuin claim malah di telpon cs nya bilaang saya harus periksa cctv jne pusat disini ya sayapun tidak bodo2 amat gak mungkin perusahaan sebesar jne dengan mudah kasih rekaman cctv nya kesembarang orang, harusnya bukalapak sendiri saya rasa sih meskipun agak lambat karna mereka saling berkesinambungan saya rasa akan dikasi dan dibantu jne ya kalau bukalapak niat bantu pembeli kaya saya tapi ya. Ya nasib org kampung mah gini salah saya cobacoba belanja online di bukalapak pengalaman pertama dan terakhir
Lagi2 bukalapak berulah
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
setahu saya seh perhiasan emas salah satu barang terlarang di JNE, artinya resiko ditanggung pembeli, kecuali logam mulia ya tapi itu juga sellernya harus daftar dulu dan cuman khuss area jkt. makanya rata2 penjual emas di market place waktu ngirim nulis isinya aksesori,

untuk soal kehilangan semestinya seh penjual yang bantu klaim tapi kalau gak pakai asuransi paling cuman di ganti 10x harga kirim, makanya itu resikonya beli perhiasan emas melalui kurir

untuk barang yang tidak cocok (beli emas dikirim battery rusak) ini pentingnya baca ulasan penjual sebelum membeli dan bukti video unboxingnya, kalau gak, bisa aja pembeli beneran dikirim emas tapi ngakunya dikirim battery. walau bisa aja penjualnya juga yg nakal

coba share link toko penjualnya sama screenshot pembelian biar bukti tambahan, dan coba hubungin billy bukalapak di mari https://www.kaskus.co.id/thread/5bce.../39/?order=asc
sama waktu nerima paket udah keliatan terbuka gak paketnya?
Balasan post firdasyaufika19
Jujur... Saya dari des 2015 berjualan di Bukalapak, berdasarkan pengalaman tersebut (menurut opini saya pribadi) Bukalapak itu Buyer-Sentris, artinya lebih membela Pembeli daripada Penjual. Mungkin secara persentase 70% Pembeli, 30% Penjual (ini pengalaman saya lho ya)

Tiap menghadapi diskusi komplain, itu kalau si Pembeli memberikan bukti yang cukup (tidak perlu bukti kuat) bisa di dipastikan Buyer tersebut menang. Tp perlu diketahui juga, admin diskusi retur BL itu kan beda", mungkin aja selama 3,5 tahun ini saya "APES" selalu dpt admin yang Buyer-Sentris tersebut.

Saya karna keseharian nya berada dalam 2 posisi tersebut (Pembeli & Penjual) sedikit banyak paham akan perasaan TS. Tp yg saya sesalkan, kenapa bukti yg sangat penting (Video Unboxing) tersebut bisa terabaikan (alasan video corrupt/rusak). Padahal bukti tersebut menjadi bagian paling Vital dalam hal ini.

Mengenai admin yang ambil keputusan, tentu tidak bisa disalahkan juga. Karna pasti sudah mempertimbangkan segala bukti-bukti yang ada, dan Seller pun tidak bisa semerta-merta disalahkan dalam hal ini. Karna saya pun pernah menerapkan sistem foto paket, bahkan berikut video packing tapi malah banyak habis waktu dan tenaga karna hal tersebut. Sedangkan para seller berpacu dengan waktu karna tuntutan dari para buyer tersebut yang ingin paket tersebut dikirimkan (di hari yang sama pada saat transaksi)

Analisa saya terhadap kasus ini seandainya buyer memang jujur, seller nya pun tidak berbohong. Saya curiga terhadap "oknum" ekspedisi bagian scanning, karna perhiasan (emas, berlian, etc) itu akan jelas terlihat pada x-ray dan tentu mereka akan berlindung pada aturan

"Setiap barang yg dikirim tidak sesuai dengan profil nya, jika terjadi sesuatu maka tidak akan bisa klaim"

Makanya saya selalu pesan kepada pembeli saya, tolong dibiasakan berhati" kepada siapapun anda bertransaksi termasuk toko Official (bahkan transaksi ke saya biarpun sudah berlangganan bertahun-tahun)

Selalu sedia bukti yang benar-benar kuat dan bisa dipertanggung jawabkan. semakin kuat bukti anda, Semakin besar peluang anda dalam memenangkan kasus komplain dan meyakinkan saya

"Oh iya benar itu kesalahan dari kami"

Karna kami para Seller pun manusia biasa, ada kalanya kami ini khilaf karna lelah, tidak fokus, dan berbagai macam hal lainnya. Dengan anda (para buyer) memberikan bukti yang kuat, tentu tanpa bantuan admin pun kami para seller tidak akan berpikir ulang tuk naik banding atau menolak mengakui kesalahan tersebut yg bisa berlanjut kepada diskusi entah refund dana, pengiriman ulang atau pergantian barang.
Diubah oleh earfun
Balasan post firdasyaufika19
Dear Sistah TS yang terhormat.. Setelah Thread sistah yang keEMPAT untuk kasus yang SAMA (maaf capslock saya ikutan jebol),, akhirnya saya kurang lebih mengerti kendala yang dihadapi sistah...
Akan tetapi menurut saya, sistah masih kurang dalam menceritakan kronologi dari AWAL, baik di thread ini maupun di thread sebelum sebelumnya...
Hendaknya sistah menceritakan kembali kronologi kejadian yang runtut berdasarkan waktu/tanggal dengan disertai bukti2 di setiap tahap kronologinya.. Agar supaya para kaskuser yang budiman bisa menilai secara obyektif..


Kalau dari yang saya pahami setelah baca EMPAT thread sistah, kurang lebih kejadiannya seperti ini :
1. Sistah beli perhiasan emas, jadi 3 invoice (bahkan sebagian direct transfer ke seller)
2. Sistah terima barang dari JNE, keterangan aksesoris, ternyata isinya baterai dll.
3. Sistah komplain dan diskusi retur (saya tidak bisa menemukan bukti2 unboxing yang seharusnya disertakan di thread sistah)
4. Karena seller tidak menanggapi, BL minta sistah untuk retur ke kantor BL, dan seller diminta untuk klaim barang sebelum tgl 1 April.
5. BL investigasi ke JNE dan minta buyer dan seller untuk kontak JNE dan klaim kehilangan barang.
6. Sistah tidak bisa klaim dan seller tidak menanggapi.
7. BL meneruskan dana ke seller.

Kalau dilihat dari sini, kemungkinan2nya adalah sebagai berikut :
A. Seller memang nakal, dan mengirim barang2 aneh karena seller mungkin berpikir sistah ini masih polos dalam jual beli online (karena mau2 aja direct transfer)
B. Kurirnya yang nakal,, tahu isi kirimannya perhiasan, trus diambil dan diganti barang2 aneh dengan memanfaatkan klausul bahwa kurir tidak bertanggungjawab terhadap kiriman yang isinya berbeda dengan yang dituliskan di label (dalam hal ini perhiasan emas ditulis aksesoris)
C. Buyer yang nakal, barang diterima, diambil isinya, diganti barang aneh2 trus komplain dan bilang video unboxing terhapus dan rusak (no offense ya yang ini, ini logika aja, habisnya sistah tidak punya bukti yang kuat
Diubah oleh qumiozo
Hai, Gan Firdasyaufika19,

Billy memahami perihal kendalamu, namun sesuai dengan info sebelumnya bahwa Berdasarkan pengecekan dan data-data yang berhasil Admin kumpulkan, baik dari pihak ekspedisi dan barang yang dikirimkan oleh kedua pelapak pada transaksi kamu 191804154166,191797573661, dan 191821171509 menyimpulkan bahwa terdapat penyalahgunaan transaksi dengan memanfaatkan fitur kolom diskusi retur. Konfirmasi dari pihak ekspedisi bahwa proses Klaim atas kendala kamu tidak bisa diproses. Mohon maaf dengan ini transaksi-transaksi tersebut kami selesaikan dengan meneruskan dana pada pelapak. serta di nomor transaksi 191797573661 Agan tidak bisa melampirkan bukti-bukti yang dibutuhkan berupa video unboxing, maka dari itu, silakan Agan cek kolom diskusi kembali serta konfirmasi secara berkala ya Gan emoticon-Smilie

Billy sarankan kepada agan apabila mengalami kendala transaksi atau lainnya agan bisa konfirmasi laporan ke Twitter / Facebook / Instagram Bukalapak agar bisa di bantu pengecekan lebih lanjut agar dapat di bantu follow up lebih cepat kepada tim terkait Billy yang berada di platform BukaBantuan (website bl.id/cs , aplikasi Bukalapak)

Untuk agan dan aganwati lainnya bisa infokan kepada Billy dan tim terkait Billy lainnya di platfom-platform yang di informasikan seperti di atas, cek lengkapnya berikut ini:

Facebook : https://www.facebook.com/bukalapak/
Twitter : @BukaBantuan
Instagram : @bukalapak
Call Center : 021-5081-3333
BukaBantuan : bl.id/cs (website & aplikasi Bukalapak)

Salam hangat,

Customer Support
Diubah oleh bukabantuan
Ini pas ane baca2 dg seksama n pahami, fix antum sebagai pembelinya mo curang sih ni,,,video unboxing aje kaga ada, bisa aje alu nipu bos,,,, cari duit yg halal lah,, kasian pelapak...kocak dah antum
Balasan post qumiozo
Kalo ane yang baca Gan, ane pilih yang C. Buyer yang nakal, barang diterima, diambil isinya, diganti barang aneh2 trus komplain dan bilang video unboxing terhapus dan rusak (no offense ya yang ini, ini logika aja, habisnya sistah tidak punya bukti yang kuat. asli fix
menurut ane bukalapak sudah mengambil keputusan yang paling bijaksana, kalau berdasarkan bukti" yang ada.
kalau kasusnya gini ane yakin gg cuman bukalapak, marketplace yang lain kemungkinan besar akan mengambil keputusan yang sama.
Quote:



Ini lagi, nongol2 maen tuduh aja..
Pake antum2 tapi ujungnya nuduh.. Jangan menyimpulkan sesuatu yang kita gak tau dasarnya.. Fitnah nanti jatohnya...
Quote:


Elu yg kocak kali..faxfixfaxfix.. Jenggot kambing..

Bikin akun cuma buat fitnah doang... Mendingan elu kabur sana.. ikut junjunganlu..emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga

Kirim perhiasan lewat ekspedisi?

Kirimnya pake asuransi ga? Soalnya kalo pake asuransi pasti barangnya ditanya dulu isinya sebelum dikirim
Kasus agan lemah karena ga bisa buktiin kalo emang agan dikirim barang palsu,

Ini mah saran aja ya

Kalo pesan barang yang mahal, usahakan selalu pakai asuransi, jika barangnya elektronik ya ditambah packing kayu

Kemudian saat terima barang, usahakan direkam saat unboxing, atau bukanya di depan kurir,


Plus jangan direct transfer, udah ada marketplace, kalo emang harganya ga cocok mending cancel, seller minta tambah mending di cancel, suruh seller bikin lapak baru yang harganya sesuai kesepakatan

Ane perhatiin dari EMPAT THREAD YANG AGAN BUAT, alur transaksinya udah ga masuk akal buat ane,
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di