alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Female / ... / Fashionista /
Macam-macam Kerajinan Kulit dari Garut
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac67179775135fc17f7751/macam-macam-kerajinan-kulit-dari-garut

Macam-macam Kerajinan Kulit dari Garut

Mau mempunyai jaket kulit custom yang berkwalitas tapi harganya murah? Pergilah pusat industri perajin kulit Sukaregang di Garut, Provinsi Jawa Barat. Jejeran toko sepanjang sekitar 500 meter tersebut menawarkan produk yang bahannya kulit domba, kambing, atau sapi asli yang memikat hati para pecinta jaket kulit.

Bermula ketika tahun 1970, tempat Sukaregang hanya didiami oleh segelintir perajin kulit. Tapi, dikarenakan mutu dan harga yang terjangkau, masyarakatpun menyukai produk yang dibuat oleh pengrajin yang berlokasi di Jl. Gagak Lumayang itu.

Hal itu berpengaruh dengan semakin menjamur pengrajin yang membuka kios dan toko di area Sukaregang tersebut. Ada pengrajin yang mempromosikan kerajinan kulit melalui media sosial. Seperti kampoeng kulit.

Terdapat bermacam-macam produk kulit yang ditawarkan seperti jual jaket kulit wanita, tas, sabuk, dan kerajinan kulit lain seperti yang ada di toko lain.

Bermacam-macam produk kerajinan yang berbahan dasar kulit asli, mulai sepatu, jaket, tas, sampai rompi, dapat dengan mudah ditemukan di area Sukaregang. Range harga yang dibandrol pun berbeda-beda.

Tergantung motif, ukuran, dan warna yang dipakai didalam produk kulit tersebut. Di pasar kulit tersebut, sobat dapat memesan memakai design yang diinginkan.

Janganlah was-was akan jenis kulit palsu. Mayoritas pengrajin yang berada di wilayah Sukaregang pakai kulit. Bahan dasar kulit itu didapat dari lokasi Garut. Kulit domba, sapi, dan kerbau menjadi bahan awal yang sering dipakai pengrajin di Sukaregang.

Tiap-tiap model kulit hewan digunakan untuk keperluan yang berbeda, disesuaikan karakteristik tiap jenis kulit tersebut. Kulit domba yang teksturnya cukup lembut misalnya, biasanya dipakai sebagai bahan jaket. Sementara itu, kulit dari sapi dan kerbau yang teksturnya keras sering dimanfaatkan untuk menghasilkan sepatu, tas, sampai ikat pinggang.

Berada di kawasan perkotaan mengakibatkan daerah Sukaregang amat gampang didapat. Terlebih lagi, ada gapura di arah depan jalan menyebabkan tiap pengunjung yang singgah mampu dengan cepat menemukan tempat ini.

Kelas produk-produk hasil dari para perajin di area ini sanggup dibandingkan dengan product yang berasal dari eropa. Malahan, product para perajin di Sukaregang udah menjalar ke berbagai wilayah Jawa Barat sampai ke luar negeri contohnya Korea, Hongkong, dan Jepang.

Nasihat untuk Anda yang berencana berburu aneka produk berbahan dasar kulit di Sukaregang, tidak usah takut menanyakan type bahan baku yang digunakan.

Sekelompok pedagang di daerah ini membuat produk yang berbahan dari kulit tiruan yang keunggulannya serupa kulit asli.

Bahkan, Kamu pun dapat mengetes aslinya bahan yang dimanfaatkan dengan menghanguskan product yang mau kamu beli. Andaikan product kulit itu tak tersundut, bisa dibenarkan produknya dibikin berasal dari kulit. Hal ini umum dilakukan para penjual di kawasan ini, jadi tak usah was-was untuk melakukannya. 
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Garut bukan cuma dodol


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di