alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Keluarkan Pergub Naturalisasi untuk Kendalikan Banjir
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac5fb5e83c72503a138ab5/anies-keluarkan-pergub-naturalisasi-untuk-kendalikan-banjir

Anies Keluarkan Pergub Naturalisasi untuk Kendalikan Banjir

Anies Keluarkan Pergub Naturalisasi untuk Kendalikan Banjir Ilustrasi banjir (Foto: Edi Wahyono)

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Pergub Nomor 31 tahun 2019 Pembangunan dan Revitalisasi Prasarana Sumber Daya Air Secara Terpadu dengan Konsep Naturalisasi. Pergub itu mengatur soal konsep naturalisasi untuk pengendalian banjir.

Pada pasal 1 ayat 11, naturalisasi adalah cara pengelolaan dengan konsep ruang terbuka hijau. Namun, tetap mengutamakan fungsi sebagai pengendali banjir.

"Konsep Naturalisasi adalah cara mengelola Prasarana Sumber Daya Air melalui konsep pengembangan Ruang Terbuka Hijau dengan tetap memperhatikan kapasitas tampungan, fungsi pengendalian banjir serta konservasi," tulis Pergub tersebut.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan banjir. Jika sungai tidak bisa dilebarkan, maka pemerintah harus mengendalikan debit air yang masuk.

"Kalau kapasitas kurang, kita upayakan lebarkan. Kalau kapasitas tidak bisa lebarkan, debit air diatur, dengan cara membangun waduk, dan lain-lain," ucap Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup , Yusmada Faisal, di gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Konsep naturalisasi akan mengedepankan pembangunan ekosistem sekitar fasilitas sumber daya air seperti sungai, waduk dan lainnya. Sehingga, air sungai bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan warga.

"Ekosistem dipertahankan dan dikatakan sebagai konservasi. Untuk sumber daya air baku. Sumber daya air kita utamakan dari Jati Luhur, dari Tangerang. Kenapa tidak kita manfaatkan dari air kita," kata Yusmada.


SUMBER

Konsep dengan logika tertolol.. emoticon-Malu (S)

Kalo ngelebarin sungai aja ga bisa.. gimana caranya bisa bikin waduk ato embung ??.. emoticon-Malu (S)

Bold biru ---> Cuma di DKI satu2nya d dunia ada Ekosistem dan konservasi pemukiman liar.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Hebat banget gubernur ane.
emoticon-Smilie
udah mau dua taun baru tercipta konsepny, bener2 luar biasak wan abud
Quote:



Udah ngerti belom lu orang??emoticon-Wkwkwk

kalo gw sih belom ngertiemoticon-Malu
Diubah oleh dewars12yo
Kok agak aneh ya🤔🤔

Ruang terbuka hijau? 🤔🤔

Jakarta padat gitu gimana mau bikin RTH?

Kemaren² aja perlu penggusuran buat bikin RTH dan RPTRA 🤔🤔
solusi lebarin sungai sudah dari dulu ya gitu emoticon-Big Grin

ternyata gak ada yang istimewah emoticon-Big Grin
akhirnya terjawab sudah rasa penasaran ane tentang naturalisasi ala pak gubernur
Quote:


Maksudnya kendalikan debit air dengan bangun embung dan bendungan di daerah lain, jadi airnya sedikit ke Jakarta.

Yg kerja daerah lain, anggaran terserah dari pusat atau daerah itu sendiri.

Pokoknya kl bendungan dan embung ga jadi artinya bukan salah pemprov DKI. Kan sudah dikasih solusi, yg eksekusi terserah siapa asal bukan DKI
Balasan post tarminator
mungkin nanti bahasanya digeser gan
bukan digusur emoticon-Embarrassment
bikin ruang terbuka hijaunya gimana? 'penggeseran' lahan warga?
seru nih kalo udah diterapin, bakalan rame lagi berita tivi. emoticon-Big Grin
Quote:


Bikin embung / waduk d daerah lain tapi payung hukumnya pake pergub ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Balasan post dewars12yo
jangankan ente
nasbung2 di mari juga kagak ngerti emoticon-Big Grin
Itu namanya bukan mempertahankan ekosistem.. tp mempertahankan manusia bantaran sungai.


Gimana ada ekosistem klo bantaran sungai isinya cuma rumah gubuk & manusia ????

Anies Keluarkan Pergub Naturalisasi untuk Kendalikan Banjir
Diubah oleh ..Minyak.BABI..
Quote:


Selamat ya gan.. emoticon-Wow
hmmmm mksdnya bikin waduk d hulu misal bogor biar debit yg ngalir k jkt ga bnyak gtu? karna klo bangun d jkt lahannya pasti kurang, kyny pa gub terjebak retorika nya sendiri ga mau gusur, padahal klo gusur pindah jg harusnya bs memperbaiki taraf hidup kan drpd d pemukiman kumuh tiap tahun kena banjir
Anies Keluarkan Pergub Naturalisasi untuk Kendalikan Banjir


Anies Keluarkan Pergub Naturalisasi untuk Kendalikan Banjir
Balasan post valkyr7
Quote:


Kan namanya gubenur, suka suka nya dia dong... wkwkwkwk
Nanti kl masih banjir tinggal bilang sudah kerja keluarkan pergub dan cara cara menanggulangi banjir tapi ga dilaksanakan sama yg lain dan dia ga ada hak untuk campur tangan daerah lain

Brilian banget kan
Anies Keluarkan Pergub Naturalisasi untuk Kendalikan Banjir


Anies Keluarkan Pergub Naturalisasi untuk Kendalikan Banjir
jalanan jakarta tiap ujan selalu jadi waduk dadakan kok, jadi buat apa pergub ini ada?
Sial bngt ane punya gubernur macam gini...

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)


Asu lah 58...

wah, naturalisasi.
maksudnya disahkan jadi warga negara ya kayak pemain sepak bola.
setelah itu diajak bicara dan dibenahi akhlaknya agar tidak menggenangi jakarta.
jenius level fadang fasir. emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di