alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Himbara Turut Sukseskan Penyaluran PKH
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac511eb84088734005c53d/himbara-turut-sukseskan-penyaluran-pkh

Himbara Turut Sukseskan Penyaluran PKH

Himbara Turut Sukseskan Penyaluran PKH

JPP, JAKARTA - Kementerian Sosial memercayakan penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui kerja sama dengan Himbara (Himpunan Bank Negara).  

Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang turut berperan di samping BNI, BTN, dan Bank Mandiri dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH khususnya di Kabupaten Tangerang. 

Di sela-sela acara sosialisasi yang dibuka Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan dihadiri Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, serta pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Sosial, penyaluran bansos PKH dan BPNT di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, hari ini, M Taufik Hidayat Vice Presiden Divisi Sosial Enterpreneurship BRI menuturkan, pihaknya telah melakukan berbagai strategi untuk kelancaran penyaluran bantuan dengan memeratakan agen-agen BRI di seluruh wilayah Indonesia. "Jumlah agen BRI-Link sekitar 410.000an agen yg tersebar,” ujar Taufik. 

Dengan itu, Taufik mengatakan, tidak dapat diragukan lagi peran Himbara dalam  penyaluran bansos. Sampai April mencakup 312.875 KPM, bantuan tahap II Rp210.398.750.000,-dengan total bantuan Rp578.247.295.000,- untuk wilayah Provinsi Banten. Sedangkan untuk Kabupaten Tangerang adalah sejumlah 93.924 KPM dengan bantuan tahap II Rp59.119.700.000,- dan total bantuan hingga April Rp159.789.675.000,-   

Taufik tak memungkiri terdapatnya beberapa kendala yang dialami pihak Himbara dalam penyaluran bansos PKH. Sebagai bank berpelat merah ini, BRI melingkup  wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar), yaitu dengan kondisi topografi dan geografi yang tersebar dan sulit dijangkau oleh KPM. Upaya yang dilakukan di antaranya  Bank Himbara dalam hal ini Bank BRI bersama Kemenkominfo dalam hal penyediaan jaringan komunikasi di daerah sulit sinyal, disertai optimalisasi jaringan BRISat yg dimiliki BRI,  sehingga penyaluran bantuan sosial dapat berjalan dengan lancar dan optimal bagi KPM.

Menilik ke belakang, Himbara dalam konteks bantuan sosial hadir sebagai upaya peralihan dari penyaluran bantuan secara tunai menjadi non tunai. Selanjutnya, Himbara  mengambil langkah melalui pemanfaatan agen BRI-Link. Artinya ada sharing profit antara perbankan dan para agen Bank dalam hal ini agen BRILink yg melibatkan masyarakat sehingga dapat memaksimalkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat. Agen bank sebagai perwujudan branchless banking perbankan dimaksudkan sebagai upaya untuk efektivitas dan memberikan kemudahan kepada KPM utk bisa mengakses fasilitas perbankan yg lebih terjangkau dari domisili KPM. Peran Pendamping

Pendamping berperan antara lain untuk menginformasikan kepada KPM PKH dimana saja lokasi-lokasi agen BRI-Link. Dan BRI juga menyiapkan petugas bansos sejumlah 1.400 orang di seluruh Indonesia yang berperan sebagai jembatan/ bridge antara  pendamping PKH dan BRI, sehingga penyaluran bansos semakin optimal. (dik)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...penyaluran-pkh

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Himbara Turut Sukseskan Penyaluran PKH KPK Serahkan Aset Sitaan Korupsi Senilai 110 Miliar ke BNN dan Kejagung

- [img][/img] Mensos Apresiasi KPM PKH Gaduasi Sejahtera Mandiri di Bekasi

- Himbara Turut Sukseskan Penyaluran PKH Menhan Lantik Laksda Agus Setiadji sebagai Sekjen Kemhan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di