alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terkuak, 2 Penyebar Hoaks Server KPU Menangkan Jokowi Ternyata Buzzer
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac4973337f934687149530/terkuak-2-penyebar-hoaks-server-kpu-menangkan-jokowi-ternyata-buzzer

Terkuak, 2 Penyebar Hoaks Server KPU Menangkan Jokowi Ternyata Buzzer

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri telah meringkus dua berinisial EW dan RD ternyata berprofesi sebagai buzzer atau ‘pendengung’ di media sosial dan ditetapkan sebagai tersangka kasus hoaks video server KPU yang mengatur pemenangan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Jauh sebelum kejadian ini, Kepolisian pun berhasil mengangkap Bagus Bawana Putra (BBP) sebagai tersangka penyebaran hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos di Jakarta Utara. Hal tersebut menambah deretan panjang dari kubu Prabowo-Sandi sebagai produksi hoaks dan ujaran kebencian.

Terkuak, 2 Penyebar Hoaks Server KPU Menangkan Jokowi Ternyata Buzzer

Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Dani Kustoni mengatakan kedua tersangka ditangkap dilokasi berbeda. EW ditangkap di Depok dan RD di Lampung.

"Satu (EW) kita tangkap di Depok, satu lagi (RD) di Lampung," tutur Dani di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).

Sementara itu, Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan tersangka EW menyebarkan hoaks video viral sever KPU melalui akun Twitter pribadinya@ekowBoy. Akun tersebut memiliki pengikut atau follower yang cukup banyak.

"EW, dia memiliki akun @ekowBoy, akun Twitternya, dan ngelink juga di salah satu babe.com, yang tersebut memiliki follower cukup banyak," ungkapnya.

Sedangkan, tersangka RD juga menyebarkan hoaks video server KPU juga melalui akun media sosial Facebook dan Twitter. Dedi mengatakan, pihaknya telah mengamankan beberapa barang bukti diantaranya telepon genggam (hp) dan kartu SIM hp.

"RD sama juga sebagai buzzer. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka. Ada barang bukti ini milik yang bersangkut ada HP, sim card, untuk melakukan penyebaran atau memviralkan berita hoaks," tutur Dedi.

Terungkap kasus ini, Komisioner KPU Ilham Saputra mengapresiasi kinerja aparat kepolisian yang telah bertindak cepat menangkap tersangka penyebar hoaks. Ilham juga menegaskan bahwa KPU tidak memiliki server di Singapura.

"Kami sangat berterimakasih kepada pihak kepolisian yang berekasi cepat. Tidak ada server kami di Singapura, hanya ada di dalam negeri. Rekapitulasi yang digunakan manual," tutur Ilham.

Atas perbuatannya itu, tersangka EW dan RD kini telah berstatus tersangka. Keduanya dijerat Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan hukum 4 tahun penjara. 




Spoiler for Sumber:



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Buzzer? Dokter umum di RS umum kog dibilang buzzer ? Kenapa diberita ini ditutupi identitas asli dgn mengatakan mereka buzzer ?
lucunya pendukung @ekowboy ini masih pada tetep ngegas.
ya begitulah kalo sudah menutup hati, otakpun sampe ga bisa diajak terbuka.
Balasan post ikankuonthol
Quote:


liat aja akun fbnya sono. isinya emank barisan nasbung kampret keparat tukang sebar hoax. cuih!!
Balasan post itkgid
Khusus akun ekowboy tulisan dia memang kurang , dia ga cermat memahami penjelasan narasumber. Yg dimaksud server KPU diseting itu bukan dibikin otomatis 57% tapi modus penggelembungan DPT yg suaranya mau dcatatkan di form C1, dgn memasukkan DPT abal2 17,5 jt suara. Dan narasumbernya itu seorang konsultan IT jokowi yg memahami project IT jokowi sejak waktu disolo
Waw ternyata buzzer... Waw
emoticon-Hammer2
Balasan post ikankuonthol
Quote:


lha? buzzer di kubu wowok tunakwonthol kan emang lintas profesi, dr pengangguran, dokter sampe ustadz jidat gosong.....dr nenek peyot ratna sarungkampret sampe kakek amien rasis...lengkap kan? emoticon-Imlek emoticon-Cendol Gan
sumbernya bre gak valid.
Balasan post ikankuonthol
Quote:


Contoh gobloknya kampret.. kata ente dia dokter.., tp jd dongok bergaul sama kampret., ane aja tau kl blom pasti benar.., jgn di share itu namanya hoax..., apalagi hoax server kpu di set menangin jokowi.., bisa rusuh negara ini.., ane prihatin n smoga aja hukumannya dibawah 10 taon...
enjoy the prison emoticon-Angkat Beer


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di