alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Social Climber Di Dunia Maya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac316b349d0f18576fa1f4/social-climber-di-dunia-maya

Social Climber Di Dunia Maya


Social Climber Di Dunia Maya
source: kompasiana

Ngomongin kehidupan di jagat media sosial memang gak ada habisnya. Istilah-istilah baru muncul dengan cepat. SJW, keyboard warrior, wikwik, skidipapap, pansos, de-el-el. Kali ini saya mau ngomongin seputar pansos atau panjat sosial.

Apa sih pansos itu?

Paling enak emang kalau nulis diawali dengan menanyakan arti dari apa yang mau saya bahas wkwkwk

Pansos atau panjat sosial adalah sebuah perilaku manusia yang ingin mendapatkan peran sosial yang lebih. Kita pasti sudah sadar dong, baik di dunia nyata atau di dunia maya ada sekat-sekat di antara kita. Sekat-sekat ini adalah status sosial, tentu saja. Ada kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah.

Setelah baca-baca dari satu website ke website yang lain, saya ngambil kesimpulan kalau pemanjat sosial memang ada di sekitar kita. Biasanya bisa diliat saat ada orang yang gaya hidupnya gak sesuai kelas (red: dompet) nya karena ingin mengikuti gaya hidup orang disekitarnya.

Nah di dunia maya juga ada tuh, bedanya si pemanjat sosial bukan mencoba untuk mengikuti gaya hidup orang lain, tapi lebih ke usaha untuk mencari popularitas. Jadi dalam hal ini, "status sosial" yang dipanjat bukan ekonomi, tapi popularitas.

Tau kan sekarang banyak seleb-seleb yang punya basisnya masing-masing? Nah status "seleb" ini yang sedang berusaha didapatkan oleh si pemanjat sosial.

Biasanya, banyak orang yang menggunakan nama-nama seleb lain sebagai batu pijakan. Baik dengan cara yang positif atau negatif.

Boleh gak ngelakuin pansos?

Kalau ditanya boleh atau engga ya jelas boleh-boleh aja sih, toh gak ada aturan standard untuk bermain sosial media juga, kan?

Tapi ya jangan pansos dengan cara yang negatif, misalnya nyari ribut sama semua seleb-seleb yang ada atau sampai ngumbar-ngumbar aib sendiri. Sekarang ini lagi banyak thread tentang skandal selebtwit dan followersnya yang ditulis si followers.

Kalau mau jadi seleb, rajin-rajin aja reply twit atau postingan ig seleb panutanmu. Kalau kamu gigih, rajin, kreatif dan enak dipandang pasti banyak yang aware sama keberadaanmu. Lalu nanti mereka kepo, kemudian buka profilmu, dan mencet tombol follow.

Gitu aja terus sampe followersmu jumlahnya ribuan.

Jadi kemana-mana gini ah ngomongnya emoticon-Nohope

Udah deh pokonya kalau mau jadi pemanjat sosial main smooth lah biar enak buat yang ngeliatnya juga. Meskipun kalau kamu ngumbar aib kamu, netijen akan cepat lupa. Netijen kan cuma doyan ributnya doang.


See you~

emoticon-Haiemoticon-Hai
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di