alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Taukah Anda, mengapa smart city penting bagi pemerintah ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac2b0daf7e9329d44defaf/taukah-anda-mengapa-smart-city-penting-bagi-pemerintah

Taukah Anda, mengapa smart city penting bagi pemerintah ?

Seiring perkembangan kehidupan manusia membuat kompleksitas permasalah pada suatu kota turut berkembang semakin cepat. Metode solusi secara konvensional telah dilakukan, tapi permasalahan berkembang pesat. Sehingga, pemerintah tidak dapat menyeimbangi antara penyelesaiaan masalah dan munculnya masalah di kalangan suatu kota.

Oleh sebab itu, perlu suatu teknologi informasi dan komunikasi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun, penggunaan teknologi bukanlah satu-satunya cara dalam menyelesaikan masalah. Akan tetapi dibutuhkan pendekatan yang optimal terhadap suatu masalah yang terjadi pada suatu kota.

Dewasa ini, ada suatu sistem yang layak diterapkan di suatu kota untuk memecahkan masalah yang ada di suatu kota, yaitu Smart City. Konsep Smart City  ini kota dapat mengelola semua sumberdaya secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan berbagai tantangan, menggunakan solusi inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan. Pengelolaan tersebut semata-mata untuk meningkatkan kualitas hidup warga kota. Sehingga, kota yang menggunakan sistem Smart City akan lebih tersistem dan dapat memberikan kemudahan bagi warganya. Untuk menjalankan sistem, pemerintah perlu memberikan edukasi kepada warga mengenai konsep Smart City, agar warga siap dalam menggunakan teknologi baru tersebut.

Manfaat dari Smart City bukan hanya memudahkan warga saja, masih ada beberapa manfaat dari suatu kota yang menggunakan konsep ini, yaitu:

1.      Kota menjadi layak huni

Ada banyak sekali kota mati di Indonesia. Penyebabnya adalah kota tersebut tidak mengalami perkembangan, baik itu dari segi perekonomian, transportasi yang susah di jangkau, tidak ada keramaian orang dan masih banyak lagi.
 
Dengan mengimplementasikan konsep Smart City, dapat mengubah kota yang mati menjadi layak huni. Karena, kota yang smart akan terlihat dari banyaknya alat transportasi yang memudahkan warga untuk menjangkau suatu tempat. Selain itu, jalanan juga akan terang karena lampu dipantau secara sistem dan kota ramai adanya taman kota.
 
2.      Produktivitas masyarakat dan daerah

Kota yang pintar dapat meningkatkan perekonomian daerah secara merata, karena kota telah maju dan tersistem. Sehingga dapat membuka banyak lapangan kerja dan memiliki masyarakat yang rajin bekerja, serta memiliki kreativitas yang tinggi. 
 
3.      Pelayanan publik

Masyarakat dapat merasakan kesejahteraan pada pelayanan publik. Karena, semua pelayanan publik memberikan pelayanan yang transparan dan memuaskan. Semua pelayanan publik dibuat dengan sistem, sehingga dalam melayani masyarakt lebih efesien dan efektif. Diantaranya adalah pelayanan kesehatan dan kantor pemerintah.
 
4.      Kenyaman dan keamanan

Kota yang pintar dapat memberikan keamanan terhadap masyarakatnya dengan adanya pelayanan parkir yang tertata rapi. Masyarakat juga merasa nyaman, karena lampu yang menerangi seluruh kota. Sehingga memberikan rasa aman dan nyaman terhadap semua warganya.

Diatas adalah beberapa manfaat dari konsep Smart City. Konsep ini dapat digunakan secara merata dengan syarat masyarakat dapat mendukung jalannya konsep ini. Karena konsep ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi masyarakatnya, tetapi juga pemerintah setempat. Jadi, konsep Smart City sangat penting bagi pemerintah dalam memberikan solusi untuk masalah yang ada di masyarakat.   

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di