alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bikin Galau dan Baperan, Cuma 6 – 8 Partai Saja yang Bakal Menduduki Kursi DPR RI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac20b988b3cb0d4f68fe2d/bikin-galau-dan-baperan-cuma-6--8-partai-saja-yang-bakal-menduduki-kursi-dpr-ri

Bikin Galau dan Baperan, Cuma 6 – 8 Partai Saja yang Bakal Menduduki Kursi DPR RI

Bikin Galau dan Baperan, Cuma 6 – 8 Partai Saja yang Bakal Menduduki Kursi DPR RI

Pemilu tinggal menghitung hari. Sebagian orang mulai berdebar-debar karena telah berjuang lahir batin untuk kesuksesan pesta demokrasi rakyat Indonesia tersebut. Terutama para caleg. Sejak tahun lalu mereka sudah mempersiapkan segala hal agar dipilih rakyat. Tanggal 17 April 2019 nanti penentuannya.
 
Beberapa lembaga telah melakukan survei terkait tingkat keterpilihan atau ketertarikan publik dalam memilih (elektabilitas) partai politik pada pemilu 2019. Mereka menggunakan metode survei ilmiah yang bisa dipertanggung jawabkan. Biasanya hasil survei mendekati ketercapaian sebenarnya.
 
Partai manakah yang paling banyak dipercaya masyarakat Indonesia untuk menjadi wakil mereka? Berikut hasil survei dari CSIS, Indikator, Charta Politika Indonesia, dan LSI.  
 
Centre for Strategic and International Studies (CSIS) melakukan survei pada 15-22 Maret 2019 di 34 Provinsi Indonesia. Jumlah sampel 1.960. Besaran margin of error  sekitar 2,21% pada tingkat kepercayaan 95%. Berikut hasil survei yang menunjukkan elektabilitas partai politik pada Pemilu 17 April 2019 nanti. 

Quote:


Survei dari lembaga bernama Indikator juga menempatkan PDIP di posisi teratas. Survei tersebut berlangsung pada 22-29 Maret 2019. Sampel sebanyak 1.220 orang WNI yang memiliki hak pilih. Sampel ditetapkan dengan cara multistage random sampling. Margin of error sekitar 2,9%, tingkat kepercayaan 95%. Berikut hasilnya.

Quote:

 
Lembaga lain yaitu Charta Politika Indonesia pun mempublikasikan hasil survei Pemilihan Legislatif 2019. Survei dilakukan pada rentang waktu 19 - 25 Maret 2019 secara langsung melalui tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur di 34 provinsi Indonesia. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Margin of error sebesar 2,19% dan tingkat kepercayaan 95%. Hasilnya sebagai berikut.

Quote:

Hasil survei yang diperoleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) juga mirip dengan tiga lembaga sebelumnya. Survei LSI dilakukan pada 18 Maret sampai 26 Maret 2019. Metode pengambilan sampel multistage random sampling. Total responden 1200 yang memiliki hak pilih dengan model pengambilan data wawancara tatap muka. Margin of error sekitar 2,8%.
 
PDIP masih menempati posisi teratas diikuti oleh Gerindra, dan Golkar. Partai Demokrat dan PKB berada di urutan selanjutnya. Persentase lengkapnya sebagai berikut.
 
Quote:

Terkait dengan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) sebesar 4% untuk menduduki kursi DPR RI, kurang dari setengah total jumlah partai peserta pemilu yang partai yang akan melenggang ke Senayan Jakarta. Suara partai yang kurang dari 4% akan dinyatakan hangus. Namun hal itu hanya berlaku untuk DPR RI saja. Tidak berlaku untuk caleg DPRD di provinsi dan kabupaten/kota.
 Bikin Galau dan Baperan, Cuma 6 – 8 Partai Saja yang Bakal Menduduki Kursi DPR RI

Sebagian orang percaya, ada pula yang tidak percaya dengan hasil survei lembaga. Bagaimana dengan Agan dan Sista, percaya nggak dengan hasil survei di atas? Apakah partai pilihan Agan dan Sista berhasil melaju ke Senayan? Semoga nanti nggak jadi galau dan baperan apabila partai politiknya gagal ke Senayan, ya.




Sumber tulisan dan foto
Sumber karikatur














Diubah oleh Kokonata
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Menurut gw sih, 5 parpol justru udah cukup tuh!
hmmmm....
wah partenya tante grace gag masuk

ayo tante semangat masukin tante!!
Jarak 1 dgn 2 jauh amir, 10%
Tp imo kursi PDIP paling di kisaran 20%, lebih/kurang
tante gressss
emoticon-Mewek
menduduki kursi DPR tak berarti jadi pimpinan DPR, jangan lupa kasus 2015, kegilaan si FH dan zonkie emoticon-Leh Uga
ya bagus dong biar masyarakat yg menilai mana parpol pro rakyat atau nggak emoticon-Cool
pokonyq psi harus masuk emoticon-Embarrassment
Balasan post titoa.ja
Kuat di jawa ..1 kursi di jawa bisa dpt 2-3 kursi di luar jawa 😂
tante graceee semangaaaat emoticon-Recommended Seller
PKB walau nanti suara lebih besar ketimbang PD, namun kalau dihitung kursi nanti pasti banyakan PD........ PKB harga kursi mahal....... lihat 2014...... Jawa gitu lho.....
Quote:


Emang tante grace bisa masukin? Bukannya dia yg dimasukin? emoticon-Matabelo
Diubah oleh casper2201
Balasan post casper2201
bisalah
monggo di apdet tekhniknya.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di