alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Industri Fintech Harus Waspadai Aksi Pembobolan Data Nasabah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac1fe028c99124c577eae5/industri-fintech-harus-waspadai-aksi-pembobolan-data-nasabah

Industri Fintech Harus Waspadai Aksi Pembobolan Data Nasabah

Jakarta - Industri financial technologi atau teknologi keuangan (fintech) di Tanah Air perlu mewaspadai potensi pembobolan data nasabah.
Hal ini masih kerap terjadi dan pada ujungnya merugikan nasabah dari aplikasi fintech tersebut.
‎Pengamat Ekonomi Digital Universitas Indonesia (UI), Fithra Faisal Hastiadi menuturkan, kehandalan sistem informasi dan teknologi merupakan salah satu tantangan yang harus disikapi secara serius oleh para pelaku di industri fintech pinjaman online.
Lantaran, seringkali terjadi pencurian data pribadi nasabah yang disebabkan lemahnya perlindungan terhadap server milik aplikasi fintech.
"Untuk mengantisipasi terjadinya pembobolan data nasabah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab perlunya adanya peningkatan perlindungan terhadap server. Peningkatan standar enkripsi menjadi salah satu poin penting yang harus segera dilakukan,” ujar dia di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Selain tantangan terkait dengan sistem teknologi dan informasi, tantangan lainnya yang juga berpotensi terjadi pada industri fintech pinjaman online adalah ancaman kegagalan pembayaran.
Ancaman ini merupakan hal yang cukup berbahaya terlebih jika jumlah nasabah yang gagal membayar cukup banyak dan dapat mengganggu keberlangsungan pelaku industri fintech.

"Ancaman gagal bayar ini dapat diantisipasi salah satunya dengan melakukan edukasi kepada nasabah pinjaman online untuk dapat meminjam sesuai kebutuhan dan juga memperhitungkan kemampuan membayar sesuai dengan perjanjian yang sudah disetujui bersama dengan penyedia jasa. Perlu ada edukasi mengenai fintech kepada masyarakat," ungkap dia.


ME
Nah ini nih, salah satu hal paling sensitif dalam fintech, Data Pribadi! yap ini sih rentan banget yaa buat pihak-pihak penyelenggara untuk membuat nasabah tetap aman mengenai data pribadinya. Ngeri juga kan kalo hal-hal pribadi kita bisa di akses orang luar yang bahkan gak dikenal bahkan sampe disalahgunakan. Padahal di UU ITE udah diatur juga tuh kalo jaminan atas data pribadi itu ditekennin banget biar gak disalahgunain orang lain. Makannya kita sebagai user pinter-pinter milih platform yang aman yaa. Cheers

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read...n-data-nasabah

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di