alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jenis Kos-Kosan Mahasiswa
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac1a765cf6c421172cea22/jenis-kos-kosan-mahasiswa

Jenis Kos-Kosan Mahasiswa

Jenis Kos-Kosan Mahasiswa

Tempat kos itu mempunyai peran penting dalam kehidupan seorang yang sedang menempuh study di Perguruan Tinggi. Terutama bagi mereka si anak rantau yang jauh dari rumah. Bahkan yang jarak rumahnya dekat dengan kampus pun tak jarang memilih untuk nge-kos dengan dalih lebih fokus belajar dan ingin mandiri.

Selama gw kuliah, banyak jenis kos-kosan yang gw jumpai. Apalagi di kota yang ngga terlalu besar (saat itu) seperti Semarang, dimana nilai luhur dan tata krama masih dipegang teguh. Namun, tak lepas juga dari modernisasi yang membawa budaya-budaya baru. Nah, mari kita lihat beberapa jenis kosan mahasiswa

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacirngacir2

Jenis Kos-Kosan Mahasiswa

Pertama, kos berdasarkan gender. Ada dua, karena gender kan cuma dua. Jangan bawa-bawa Lucinta Luna ya. Kos khusus pria dan kos khusus wanita. Nah kosan ini jelas peruntukannya, untuk pria atau wanita. Aturan di kos ini jelas, tamu lawan jenis dilarang masuk ke dalam kamar. Biasanya disediakan ruangan khusus untuk menerima tamu lawan jenis.

Pada kos wanita, ada aturan tambahan berupa batas jam berkunjung. Jam 9 untuk malam-malam biasa dan jam 10 untuk malam minggu. Kalau kos pria, mau sampai pagi kayaknya bebas saja. Tapi tetap terikat dengan aturan yang pertama ya, meski ada beberapa mahasiswa gila yang nekat membawa pacarnya masuk ke dalam kamarnya. Alasannya, belajar. Mungkin belajar berumah tangga, hehehe.

Jenis Kos-Kosan Mahasiswa

Kedua kos free for all  alias bebas. Dari namanya sudah ketahuan ya, kosan ini bebas dihuni oleh mahasiswa maupun mahasiswi. Campur kalau anak kuliahan bilang. Aturannya gimana? Sama saja, suka-suka lu lah, asal tidak mengganggu penghuni yang lain. Mau inepin pacar, selingkuhan, sampai om-om berduit milyaran? Sah saja. Kok gw tahu? Kosan gw tipe ini dulu, hehe. emoticon-Malu (S)

Kosan macam ini banyak sisi negatifnya. Tidak perlu gw jelasin, lu juga pasti tahu lah. Free sex sampai kadang narkoba berkembang baik di sana. Selain itu, kosan bebas juga bertarif lebih mahal dari pada kosan berdasarkan gender. Biasanya diimbangi dengan fasilitas yang lebih baik, seperti kamar mandi dalam. Mungkin untuk antisipasi setelah perang, hehehe. Kan ngga perlu keluar kosan.

Jenis Kos-Kosan Mahasiswa

Ketiga, entah ini ada di tempat lu atau ga, yang jelas di Semarang banyak. Kos binaan, begitu gw menyebutnya. Kosan ini hanya menerima mahasiswa-mahasiswa yang satu ideologi. Kuat dalam menjaga marwah ideologinya. Kosan jenis ini bukan hanya untuk kos pria, tapi juga wanita. Ciri khasnya kalau wanita penampilannya sangat tertutup, kalau pria ya begitulah. Hehe.

Gw pernah menyusup dua malam di kosan seperti ini. Untuk urusan ibadah, harus gw akui jempol deh. Yang namanya sholat wajib sampai sholat sunah malam hari, dilakukan dengan istiqomah. Yang membuat gw ngga cocok ya soal ideologinya. Yap, di dalam kosan, para mahasiwa dicuci otaknya untuk sepaham dengan ideologi yang mereka perjuangkan. Gw ga mau bahas ideologinya ya, yang jelas berbahaya menurut gw.

Jenis Kos-Kosan Mahasiswa

Terakhir, kosan untuk para pejuang kampus! PKM alias Pusat Kegiatan Mahasiswa, juga bisa lho menjadi kosan. Untuk mereka yang kurang beruntung karena tidak punya cukup uang untuk bayar kosan di luar. Dulu banyak teman gw yang nge-kos di gedung yang seharusnya jadi sekretariat BEM. Jangan salah, dari penge-kos PKM lahirlah pejuang-pejuang kehidupan yang tangguh.

Kalau sekarang kisah sedih kayak gini sepertinya sudah ngga ada. Beasiswa dimana-mana, rusunawa khusus mahasiswa juga sudah berdiri megah. Bagus lah, sebab yang namanya nebeng, apapun alasannya tetap ga enak, enak di tempat sendiri.

Well, jika hari ini lu masih kuliah dan bisa nge-kos, bersyukurlah. Lu punya tempat, waktu dan sarana untuk membentuk diri lu menjadi manusia yang tangguh, dan kuat di masa depan. Jangan kotori kisah kosan lu dengan bau ga enak dan menyengat ya? Hiasi kosan lu dengan bau wangi prestasi. Salam Damai.

Merdeka!


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
wahahaha,kosan american style om yg kosan tp 1 rumah
Quote:

Awas bahaya laten grebekan... emoticon-Leh Uga
rasanya tinggal dikosan gimana yak ? emoticon-Malu
Kos lv om emoticon-Takut (S) kos jenis ini lumayan banyak dicari di grup kos dan kontrakan...
Quote:

Ga enak om, makan mie instant mulu... emoticon-Hammer2
Quote:

Nah ini yang banyak bertebaran di DIY... emoticon-Big Grin
Quote:


Loh kok tau sih om... tp alhamdulillah di daerah kerjaan pogung, blm pernah nemu kos lv.
Quote:

Tahu lah mba, kan sering banget tuh PP Semarang-Jogja... Jadi paham lah cerita macam gituan... emoticon-Big Grin
bentar lagi ngekost nih., emoticon-Matabelo
Quote:

Selamat om, ayo manfaatkan dengan berkarya ya... emoticon-Shakehand2
Quote:


siap om, ane janji gak bakal nakal., emoticon-Embarrassment
ning kampusku daerah keputih suroboyo yo akeh kos binaan om... biasane iming" tinggal dengan harga sangat miring bahkan gratis tapi syarat e kudu melu liqo ala mereka, biasane sebutane "pesantren mahasiswa"
Quote:

Janjinya sama diri sendiri dan orang tua om... emoticon-Big Grin
Quote:

Nah, ternyata di daerah lain ada... Kiarian Semarang aja om... emoticon-Big Grin
Ce kosan sebelah ... emoticon-Ngacir
Quote:


biasane yen wis lulus mereka proyeksine nek ga dadi kader e ormas sing wes dibubarne pakde yo dadi kader e partai lembu emoticon-Big Grin
Ternyata banyak juga tipe kos kosan mahasiswa kirain cuma kos bebas dan kos khusus gender tertentu aja.Thanks infonya om.
lasvegas paporit ane wkwkkw emoticon-Matabelo
Kaciman TS hare gene
Masih ngekos
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Udah pernah ngerasain nge kost yg bener2 bebas emoticon-Big Grin
Padahal rumah ibu kos d depannya pi cuek aja kalau pada bawa pasangan nginep, yg penting uang bulanan lancar aja.
kosan yang bener-bener bebas kayaknya paling asik ya gan
emoticon-Malu

pernah kos yang murah, fasilitasnya seadanya, kurang nyaman lah pokoknya
emoticon-Cape d...

ane jaman awal awal kerja diluar kota emang cari yg fasilitas lengkap, (agak mahal dikit)
ternyata dicampur, dan saban malem denger suara orang perang,
kadang dari sebelah kiri, kadang sebelah kanan, kadang diseberang
emoticon-Ngakak
kos-an gw masuk kategori yg pertama... dan ibu kos nya tinggal di sebelah.. pokoknya kos-kosan yg baik..emoticon-Hammer2
Eh Baru tau kalo ada kos-an binaan.. kirain dulu itu mereka kos bersama berdasarkan kedekatan pertemanan..emoticon-Smilie
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di