alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BPG Genjot Investasi dan Pendidikan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac1986337f93776c110a91/bpg-genjot-investasi-dan-pendidikan

BPG Genjot Investasi dan Pendidikan

BPG Genjot Investasi dan PendidikanMETROPOLITAN – Tak ingin ketinggalan dengan daerah lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, kini punya Bogor Planning Gallery (BPG). BPG berfungsi sebagai wadah informasi terkait perencanaan pembangunan dengan tampilan grafis data, panel, visual dan maket digital kekinian. Secara resmi, Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan BPG di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang), Cibinong, kemarin. Tak hanya informasi visual rencana pembangunan kedepan, BPG pun menyuguhkan informasi sejarah pembangunan Pemkab Bogor dari masa ke masa. Di era keterbukaan dan transparansi, dia menganggap BPG sebagai bentuk adaptasi terhadap kemajuan teknologi. “Memang di Kota Bandung sudah ada lebih dulu. Tapi buat saya ini meniru atau tidak, yang penting baik untuk kemajuan pembangunan daerah, terlebih pendidikan dan investasi,” katanya saat ditemui Metropolitan, kemarin. Wanita 50 tahun itu menambahkan, BPG bisa menjadi wahana studi tur bagi para pelajar, yang ingin mengatahui pembangunan Bumi Tegar Beriman mulai dari era bupati dahulu, hingga sekarang. Untuk sementara, dibuka berbarengan dengan jam kerja kantor Bappedalitbang. “Ini era 4.0, semua harus digital. Kita harus kejar ketertinggalan, kejar kemajuan, manfaatkan kemudahan akses internet. Disini semua by data dan survei, agar tepat,” ucapnya.

Perencanaan yang masuk dalam prioritas pembangunan selama masa kepemimpinannya juga tak luput dari yang ditonjolkan di BPG. Diantaranya, perencanaan di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dengan kekuatan anggaran yang ada. ”Termasuk mencari anggaran dari lainnya seperti dari provinsi dan pusat. Ini harus diupayakan masing-masing dinas, jangan saling mengandalkan dan Bappedalitbang sebagai dapur harus bersinergi dengan dinas lainnya,” tegas AY. Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitan dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah, menuturkan, BPG memang sengaja dibentuk tidak hanya untuk kepentingan sektor pendidikan. Lebih jauh, dia ingin pemkab berinovasi dan lebih menggenjot investasi. Sebab, selama ini yang terjadi, para calon investor lebih sering datang ke kantor dalam bentuk surat, ingin mengetahui tata ruang di Kabupaten Bogor. Sehingga, adanya BPG diharapkan bisa memudahkan para investor, karena masyarakat luas bisa dengan leluasa mengakses informasi. Untuk sementara, BPG bakal dibuka untuk umum pada jam kerja saja.

“Jika mau invest atau beli lahan, jangan sampai salah peruntukannya. Misal sektor industri, bisa lihat wilayah mana peruntukannya. Jangan malah beli nya lahan pertanian. Jadi silahkan datang, kita jelaskan, peruntukannya seperti apa. Ini lah inti planingnya, menggenjot investasi lebih terarah,” ucap wanita berkacamata itu. Dengan berbagai display yang mudah dilihat dan diakses, sehingga lebih mudah dipahami dan diprediksi bakal mempercepat iklim investasi di Kabupaten Bogor. BPG sendiri merupakan hasil dari studi banding ke Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Empat bulan digodok, akhirnya BPG bisa terwujud. “Percepatan investasi juga lah. Jadi gak salah pilih, mereduksi proses dan waktu. Lebih cepat tanpa harus buka buku. Tinggal di klik. Ada keyakinan lah, kalau mau investasi, tidak akan ditipu orang. Daerah mana yang bagus. Ini pendidikan dan investasi,” tutupnya. (ryn/c/yok)

Sumber : Metropolitan.id
Diubah oleh ilhamnuraha
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di