alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
Mau Golput? Simak Penjelasan Berikut Ini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac184fe83c725904199102/mau-golput-simak-penjelasan-berikut-ini

Mau Golput? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Mau Golput? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Mau Golput? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Secara sederhana, golput alias golongan putih adalah sebuah keputusan dengan tidak melabuhkan pilihan dari pilihan yang tersedia. Bila dikaitkan dengan pemilu, dengan memilih golput biasanya ungkapan dari berbagai macam rasa. Ada rasa kecewa, ada rasa marah, ada pula rasa yang tak terungkapkan. Pokoknya dengan atau tanpa alasan, golput dijadikan pilihan.

Fenomena golput ditengarahi telah ada sejak puluhan tahun yang silam. Meski berusia tak lebih tua dari gajah Mammoth, golput setidaknya lebih tua dari saya. Dan kini, komunitas golput telah sukses mencuri perhatian beberapa pihak. Hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai himbauan supaya tidak menjadi golput. Merebak pula isu bahwa golput akan diharamkan. Walah. Syerem bukan?

Sebagai pengamat politik kelas kampung, saya mencoba memberikan beberapa catatan agar supaya masyarakat daripada golput berhenti untuk menjadi golput.

1. Belajar Bertanggungjawab
Bagi yang sudah memiliki hak untuk memilih, maka inilah saatnya untuk belajar bertanggungjawab. Referensi dan latarbelakang calon yang hendak dipilih sudah banyak. Pelajari satu persatu dan bulatkan tekad untuk memenangkan idolanya.

Memang tidak ada yang sempurna dalam hal apapun. Tapi perlu diingat, selalu ada kelebihan dan nilai positif dari berbagai kelemahan yang ditemukan. Dengan ikutan memilih, proses pembelajaran untuk menjadi orang yang bertanggungjawab terhadap kelangsungan bangsa ini telah ditentukan.

2. Jaga Suaramu
Komisi Pemilihan Umum baik dari pusat maupun daerah, pastinya telah mencetak surat suara sesuai dengan jumlah penduduk yang dilaporkan. Kebayang gak jika angka golput tinggi? Ya, artinya bisa jadi suara kita akan dimanfaatkan untuk mencoblos orang yang tidak ingin kita pilih. Nah lho, makanya datang ke TPS dan gunakan hak suara kita ya? Jangan sampai suaranya malah hilang, atau dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

3. Jangan Berlindung dibalik Kata Hak
Pegiat golput kerap bersembunyi dibalik tameng "hak" sebagai dalil pembenar tujuannya. Plis deh. Benar tiap orang memiliki hak untuk memilih, dipilih, hak untuk mencintai dan dicintai, hak untuk benci marah atau hak-hak lainnya. Atau berhak untuk diam dalam arti golput.

Akan tetapi coba renungkan sedikit permisalahan berikut ini. Sebagai misal neh. Kita tahu kan masing-masing pria pasti menghendaki pasangannya kelak seperti bidadari. Wajar dong. Sayapun demikian. Namun sebelum haknya dipenuhi, laksanakan dong kewajibannya. Buatlah surga di dalam kehidupan kita. Sebab, bidadari tidak tinggal di neraka. Gimana caranya mau dapat bidadari tapi malas kerja? Malas beraktifitas? Modal rayuan doang? Udah nggak zaman deh!

So, lakukan kewajiban untuk memilih, karena sekali lagi, keberlangsungan negeri ini ada ditangan kita. Jangan lagi ada alasan golput itu hak, namun abai terhadap kewajiban. Catat itu Pokijan!

4. Merugikan Negara
Biaya untuk mencetak suara, mengirimkan ke segenap penjuru nusantara dan lain sebagainya itu butuh biaya. Dan biaya yang ditimbulkan daripada itu, salah satunya dipungut dari pajak. Dan pajak itu salah satu sumbernya dari pajak yang kita bayarkan saban tahun, saban terima gajihan dan saban lainnya. Dan selain merugikan negara, tentu rakyat juga rugi dong. Dan harusnya biaya untuk cetak suara bisa dipake buat kesejahteraan rakyat. Sehat Dan?

Tahukah kita bahwa butuh biaya ekstra besar untuk mengadakan pemilu? Lantas dengan tanpa berdosa kita malah golput disaat Disdukcapil sudah memberikan hak itu? Jahat... Apa yang kamu lakukan itu jahat...!!!

Mau Golput? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Oleh sebab musabab demikian, ayo jangan golput. Nasib bangsa ini ada ditangan kita. Masak nggak malu dibilang orang tak bertanggungjawab? Masak iya ikut menambah beban negara? Jangan ya?

Inga', satu suara ikut memberikan sumbangsih kepada kelanjutan bangsa ini. Dan inga' pula, selain nggak boleh golput, nggak boleh berantem karena beda pilihan. Woles wae sam....!!!



©Skydavee 2019
Sumber gambar: google
Diubah oleh skydavee
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Say No to Golput. Ayooo gunakan hak suara kitaemoticon-Salaman
Tenan lho ya sesuk nyoblos..
Ojo malah ditinggal dolan..


emoticon-Coblos
Quote:


Tenan poer. Aku mau urus ke kpud jogja. Kan ktpnya msh darjo. Info kl pileg gak bisa coblos, tp kl pilpres bisa. Lagian kl kudu mudik, berat diongkosemoticon-Ngakak


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di