alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
7 Golden Lifestyle Untuk Cegah Penyakit Ginjal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac15d1c342bb659f192421/7-golden-lifestyle-untuk-cegah-penyakit-ginjal

7 Golden Lifestyle Untuk Cegah Penyakit Ginjal


 7 Golden Lifestyle Untuk Cegah Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal adalah salah satu
silent killer, artinya penyakit yang terjadi tanpa adanya gejala awal dan sangat berbahaya, serta bisa menyebabkan kematian. Walaupun berbahaya, nyatanya penyakit ginjal adalah penyakit jangka panjang. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini. Nah, berikut ini ada 7 golden lifestyle untuk mencegah penyakit ginjal.


1. Selalu Jaga Kesehatan dan Aktif Bergerak

Dengan selalu menjaga kesehatan dan kebugaran badan menjadi salah satu kunci untuk mencegah penyakit ginjal kronis. Untuk bisa menjaga kesehatan, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu rajin bergerak dan berolahraga. Tidak perlu yang berat, cukup dengan berjalan kaki selama 45 menit saja setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa berlari atau bersepeda, sudah sangat cukup.


2. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Kontrol Berat Badan

Mengonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan merupakan cara untuk mencegah penyakit jantung, diabetes, atau penyakit yang berkaitan dengan ginjal. Selain itu, Anda juga harus membatasi konsumsi garam, setidaknya konsumsi 5 hingga 6 gr garam per hari. Caranya, cukup hindari mengonsumsi makanan cepat saji. Selain itu, jangan menambah garam pada masakan. Lebih menyenangkan lagi, memasak makanan sendiri dari bahan-bahan yang segar.


3. Penuhi Kebutuhan Air yang Cukup

Konsumsi air yang cukup menjadi kunci menjaga kesehatan. Selain itu, hindari mengonsumsi soda dan minuman perasa terlalu banyak. Pasalnya, kedua minuman tersebut bisa menyebabkan gangguan ginjal dan metabolisme, apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Memiliki kebutuhan air yang cukup akan membantu ginjal dalam mengeluarkan urea, sodium, dan racun dalam tubuh. Hal tersebut juga mencegah terjadinya penyakit ginjal. Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung akan jenis kelamin, iklim, kondisi kesehatan, kehamilan, menyusui, dan olahraga. Normalnya, kebutuhan air yang direkomendasikan adalah 1,5 hingga 2 liter.


4. Jaga Kadar Gula Darah

Hampir setengah dari penderita diabetes juga mengalami kerusakan pada ginjal. Maka dari itu, sangat penting bagi penderita diabetes untuk terus melakukan cek secara rutin akan fungsi ginjal. Sebenarnya, kerusakan ginjal akibat diabetes bisa dicegah dengan cara mendeteksi sejak dini.  Sehingga, sangat penting untuk menjaga kadar gula darah.


5. Jaga Tekanan Darah

Mungkin tekanan darah tinggi bisa berisiko stroke dan serangan jantung. Namun sebenarnya, hal ini juga mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Normalnya, tekanan darah seseorang adalah 120/80. Sedangkan tekanan darah pada tingkat 120/80 -139/89, maka orang tersebut mengalami prehipertensi. Artinya, risiko mengalami tekanan darah tinggi, tetapi masih dalam batas normal sehingga mengubah gaya hidup perlu dilakukan.Sedangkan, tekanan darah pada tingkat 140/90, artinya Anda harus melakukan pemeriksaan akan risiko. Tekanan darah tinggi akan menyebabkan penyakit ginjal, apabila penderita memiliki kolesterol tinggi dan penyakit jantung.


6. Hindari Merokok

Merokok menjadi aktivitas yang menyebabkan penghambatan aliran darah menuju ginjal. Apabila darah yang masuk sedikit, maka ginjal bisa tidak bekerja dengan baik. Bahkan, perokok aktif bisa meningkatkan risiko kanker ginjal sebanyak 50%.


7. Hindari Konsumsi Obat Oral Terlalu Banyak

Obat-obatan umum tanpa resep dokter yang sering dikonsumsi, misalnya obat rematik, ibuprofen, atau pereda nyeri bisa menyebabkan kerusakan ginjal, jika dikonsumsi terlalu sering. Memang obat tersebut tidak membahayakan apabila dikonsumsi seperlunya. Namun, apabila Anda harus mengonsumsinya secara rutin lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk alternatif lainnya yang tidak berbahaya untuk ginjal.

Itulah paduan gaya hidup sehat untuk cegah penyakit ginjal yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba dan semoga Anda sehat selalu.

Sumber Foto: tirto.id


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
terimakasih gan atas infonya, sangat membantu sekali untuk mengingatkan aku yang sering kerja dan lupa meminum air putih


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di