alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Tips Menyimpan Ketupat Agar Tak Mudah Basi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac0cb568cc95116d3cf592/tips-menyimpan-ketupat-agar-tak-mudah-basi

Tips Menyimpan Ketupat Agar Tak Mudah Basi

Salah satu menu makanan yang wajib hadir pada perayaan hari raya adalah ketupat. Menu hidangan istimewa yang seringkali menjadi santapan pada saat sepulang shalat Idul Fitri ini adalah budaya yang selalu hadir pada sebagian besar Umat Muslim di tanah air.

Sayangnya, meski ketupat nikmat disantap akan tetapi makanan yang terbuat dari campuran beras ini seringkali punya kecenderungan mudah basi apabila tidak disimpan dengan baik. Banyak ibu yang mengeluhkan sayang dengan ketupat sisa yang sudah basi sehingga pada akhirnya harus di buang. Lantas bagaimana sih tips menyimpan ketupat agar tidak mudah basi? Mari simak di bawah ini informasinya.

Masak Sesuai dengan Kebutuhan

Tips Menyimpan Ketupat Agar Tak Mudah Basi
sumber gambar: Selerasa.com

Salah satu siasat jitu untuk meminimalisir jumlah ketupat sisa. Sebaiknya ibu membuat ketupat dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang merasa perlu menyediakan ketupat dalam jumlah banyak mengingat perayaan hari lebaran seringkali membuat banyak sanak keluarga mengunjungi rumah.

Akan tetapi, sayang rasanya bila pada akhirnya cadangan jumlah ketupat yang anda buat terbuang sia-sia begitu saja. Lebih baik buat cadangan dalam jumlah yang cukup alih-alih terlalu banyak. Dengan begini maka anda tidak akan membuang banyak ketupat yang tidak habis di konsumsi.

Hindari Membuat Ketupat Terlalu Lama dari Hari Pemakaian

Tips Menyimpan Ketupat Agar Tak Mudah Basi
sumber gambar:http://www.diahdidi.com

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang merasa lebih lega saat sudah punya cadangan ketupat di rumah untuk menyambut hari raya. Sehingga untuk mencegah agar tidak terlalu mepet waktu maka sebagian ibu memilih untuk membuat ketupat dari jauh-jauh hari.

Akan tetapi, sebenarnya hal ini bukanlah pilihan yang baik. Membuat ketupat jauh-jauh hari sebelum hari raya malah akan membuat ketupat yang tersaji tidak cukup segar. Selain itu, masa pakai ketupat pun akan cenderung lebih singkat karena waktu pembuatannya yang sudah lama.

Untuknya, hindari membuat sajian ini terlalu lama. Minimal anda bisa membuat dan menyajikan ketupat 2 hari sebelum menjelang hari raya. Atau jika perlu sehari sebelumnya akan tentu lebih baik sehingga ketupat menjadi lebih segar pada saat disajikan.

Perhatikan Tingkat Kematangan Ketupat

Tips Menyimpan Ketupat Agar Tak Mudah Basi
sumber gambar:jogja.tribunnews.com

Salah satu kunci dari ketahanan ketupat pada saat disajikan terletak dari tingkat kematangannya. Dalam memasak ketupat memang dibutuhkan waktu yang cukup lama sampai anda mendapatkan tingkat kematangan yang pas. Akan tetapi, semakin lama anda merebus sajian ini maka akan semakin kuat pula ketahanan dari ketupat.

Untuknya, pada saat anda memasak sajian ini pastikan jika ketupat di rebus dalam waktu yang cukup lama. Idealnya dibutuhkan waktu sekitar 4 sampai dengan 5 jam sampai ketupat benar-benar matang dan mendapatkan hasil yang kenyal dan empuk.

Simpan dengan Cara Digantung

Tips Menyimpan Ketupat Agar Tak Mudah Basi
sumber gambar:medan.tribunnews.com

Selain tingkat kematangan, tips menyimpan ketupat agar lebih tahan lama yang lain adalah dengan memperhatikan tempat menyimpan ketupat setelah ia matang. Hindari menyimpan ketupat di dalam wadah atau membungkusnya dengan menggunakan kantong plastik.

Sebab cara ini akan malah membuat ketupat menjadi semakin mudah basi. Agar lebih awet dan tahan lama ketupat perlu digantung dan dihindarkan dari suhu yang lembab. Maka dari itu, tidak ada salahnya menggantung ketupat di tempat yang kering dan hindarkan pula dari sorotan sinar matahari agar bahan ini tidak mudah kering.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di