alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ternyata Gara-gara Sejarah Ini Honda Doyan Bikin Motor Irit
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac0beb337f931a5c0ba791/ternyata-gara-gara-sejarah-ini-honda-doyan-bikin-motor-irit

Ternyata Gara-gara Sejarah Ini Honda Doyan Bikin Motor Irit

Foto: wikipedia

Merek motor Honda sudah sangat populer di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Bahkan, jaman dulu orang Sumatera Utara dan Aceh menyebut semua jenis sepeda motor dengan kata “Honda”. Jadi misal ada orang mengendarai motor Yamaha, orang-orang di sana tetap bilang “nah itu dia lagi naik Honda.”

Honda memang punya pilihan produk yang sangat lengkap, mulai dari skuter matik, cub, sampai sport. Kapasitas mesin kecil sampai besar juga ada semua. Selain soal produk yang lengkap, jaringan dealer Honda ada di mana-mana, jadi gampang mau servis atau ganti sparepart, makanya harga motor Honda relatif stabil.

Dari sederet keunggulan motor Honda, salah satu yang paling menonjol adalah irit bensinnya. Motor Honda, baik cub, sport, atau skutik dengan kapasitas mesin 150 cc ke bawah dikenal irit bensin.  Nah kenapa motor honda irit?

Iritnya motor Honda itu berhubungan dengan sejarah waktu pertama kali Soichiro Honda—founder Honda Motor, membuat sepeda motor. Jadi, ceritanya tahun 1946 itu keadaan Jepang lagi krisis setelah kalah Perang Dunia II.

Soichiro kepikiran bikin kendaraan yang praktis dan hemat. Akhirnya, dia mulai merakit sepeda motor pertama Honda A-Type. Bentuknya seperti sepeda gowes yang dikasih tangki bensin dan mesin.

Tahun 1949, Honda mengeluarkan sepeda motor tulen, Honda D-Typeatau lebih dikenal Honda Dream. Soichiro mengembangkan mesin dan desain Honda Dream dengan sangat matang, supaya motor itu tangguh dan nyaman dikendarai. Masa-masa susah di waktu peranglah yang menyebabkan kenapa motor honda irit.

Tahun-tahun berikutnya Honda merilis berbagai jenis motor dengan pilihan mesin bervariasi. Ada motor satu silinder, dua silinder, 2-tak, dan 4-tak.

Honda mulai mengembangkan bisnis ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dari tahun 60-an sampai sekarang, ada beberapa motor Honda yang sangat populer, seperti Supercub, CB series, GL series, dan sebagainya.

Dari tahun 60-an sampai awal 2000-an, motor cub atau motor bebek Honda jadi primadona. Pabrikan berlogo sayap itu berkali-kali memperbaharui produk motor cub-nya. Setelah model supercub C100 dan C102 , ada C50, C70, dan C90. 

Dilanjutkan lagi lewat model Astrea 700, Astrea 800, kemudian berganti lagi ke Astrea Star, lalu Astrea Prima.

Mulai awal dekade 1990, Honda membuat motor bebek super irit Astrea Grand. Motor ini punya bentuk yang sudah lebih modern dengan mesin 100 cc.

Famili Astrea berkembang lagi menjadi Honda Supra. Dari akhir dekade 1990 sampai sekarang, model Supra masih terus diproduksi. Bisa dibilang Supra itu jenis motor Honda paling lama diproduksi di Indonesia dan terkenal dengan keiritannya, apalagi sudah dilengkapi teknologi injeksi bahan bakar.


Agan yang lagi cari motor Honda atau mau tahu harga motor Honda, coba cek di sini. 
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di