alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Berharaplah Pada Impor Bawang Putih
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac025488b3cb19b84ec0ac/berharaplah-pada-impor-bawang-putih

Berharaplah Pada Impor Bawang Putih

Spoiler for impor bawang putih:


Pemerintah kita ingin agar memenuhi kebutuhan bawang putih lewat impor. Anda tidak salah baca, pun tulisan ini tidak mengada-ada. Karena itulah yang disampaikan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) awal pekan ini. Lembaga yang dipimpin oleh Menteri Amran Sulaiman itu meminta masyarakat agar pemenuhan kebutuhan bawang putih untuk konsumsi dilakukan melalui impor. Walau saat ini telah mulai panen bawang putih di sejumlah daerah, namun hasilnya itu akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan benih bawang putih.

Rujukan

Entah logika atau hitungan seperti apa yang digunakan oleh Kementan, tapi mereka berpendapat bahwa bawang putih yang dipanen oleh petani kita akan diproses jadi benih. Bukan untuk dikonsumsi jadi bumbu masak sehari-hari.

Kementan bilang, hasil tanam bawang putih di Indonesia difokuskan untuk menggenjot produksi bawang putih. Karena ditargetkan pada tahun 2021 Indonesia sudah mampu swasembada bawang putih.

Tentu kita akan kebingungan memahami maksud dan perhitungan Kementan itu. Menurut mereka, alih-alih bawang putihnya dimakan, pemenuhan benih harus terus dilakukan sampai memenuhi kebutuhan. Tiap tahunnya diperkirakan produksi benih dapat meningkat hingga 3 kali lipat. Bila bawang putih lokal tidak dimakan, dan terus dijadikan benih, maka Kementan yakin kita akan swasembada. Lagi-lagi, argumen ini yang mereka gunakan. Sama seperti klaim swasembada beras serta jagung, yang belakangan terbantahkan dengan adanya impor.

Berdasarkan data Kementan, tahun 2018 lalu produksi benih bawang putih dilakukan di lahan seluas 11.000 hektare (ha). Produksi tersebut menghasilkan 8 ton hingga 9 ton benih per ha. Tahun 2019 akan dilakukan penanaman di lahan seluas 20.000 ha hingga 30.000 ha. Hasil tanam tersebut nantinya juga difokuskan untuk kebutuhan benih. Oleh karena itu kebutuhan konsumsi bawang putih dipenuhi melalui impor.

Rata-rata kebutuhan bawang putih di Indonesia sebesar 600.000 ton per tahun. Kebutuhan tersebut dipenuhi melalui impor dan hasil produksi benih yang gagal.

Pernyataan Kementan yang terdengar sangat pro impor ini bisa memantik kontroversi. Apalagi di saat suhu politik yang sedang memanas menjelang Pemilu 17 April nanti. Presiden Jokowi sebagai atasan dari Amran Sulaiman bisa kena getahnya. Dituduh sebagai rezim pro Impor. Kalau sudah demikian, peta jalan bawang putih yang dirancang Kementan akan berubah. Dari penanaman bawang untuk benih, menjadi bawang goreng yang dimasak sebagai isu politik.

Spoiler for ini dia:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kementan kan sejak dulu jatahnya partai sapi emoticon-Big Grin
sekarang kita harusnya sudah tau,
peribahasa itu tuuuh emoticon-Big Grin
darimana datangnya FITNAH?
kalau ukan dari SAPI, darimana lagi...?


emoticon-Leh Uga
konsumsi bawang putih mentah itu baik buat keseharan
dan juga buat seks
Mati petani bawang putih digencet impor. Bawang putih impor, gula impor, beras impor , petani mati lemas
Quote:


Ya walau menteri dr partai sapi, dari partai setanpun, kan "iya tidak"nya tergantung si bos, yus. Mesti lapor ke si bos n dpt tandatangan si bos.
Entahlah klo si bos ga tau apa yg ditandatangani.
Quote:


Ts paham engga maksudnya kementan?

Thn 2018 lahan bawang utk benih 11.000 ha.
Thn 2019 akan ditingkatkan mjd 30.000 ha.
Bawang utk dijadikan benih dr mana?

Dr petani. Berarti bawang petani tetap terserap/dibeli utk dijadikan benih. Masalahnya dmn?

Kl misalnya bawang petani dikonsumsi, bawang utk benih dr mana? Ya dari impor, jatuhnya sama saja. Tp tingkat keberhasilan bawang impor utk benih pasti rendah. Krn kondisi alam kita beda dg kondisi alam asal bawang impor tsb.

Kl yg dipakai bawang petani jelas sdh cocok dg alam asli indo.

Ngarti ora son?
Balasan post angopmaksimal
Quote:


Tambahan, gan. Pake benih lokal itu jg utk menghindari penyakit yg kadang terbawa dr bawang impor. Sekali masuk, penyakit bs menyebar& sulit ditanggulangi. Makanya Badan Karantina ketat banget utk urusan benih luar yg mau ditanam di sini.
Balasan post GayusTambunan.
dlu sapi skrg banteng
masi satu keluarga la
emoticon-Ngakak
Quote:


Betul sekali....
tul klo impor tuh yg baek2, ndak sukak nipuk macam bawang putih. yg mulus2 dan cantik2. gak kek bawang merah yak gan, awas klo ampe keliru impor, gw pecat semwa nya dari jabatan tukang impor !
ane msh heran ampe detik ini, knp kita gak bisa nanem bawang putih?!?
emoticon-Bingung (S)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di