alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / The Rest of the World (International Food) /
Bika Ambon Medan, berasal dari Ambon atau Medan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cabf5df365c4f58c735acae/bika-ambon-medan-berasal-dari-ambon-atau-medan

Bika Ambon Medan, berasal dari Ambon atau Medan?

Bika Ambon Medan, berasal dari Ambon atau Medan?

Hola Wakulovers! Tahukah kalian kue Bika Ambon? Kue legit berongga yang terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan. Mungkin banyak yang bertanya-tanya ya, Bika Ambon itu namanya ambon tapi kok dari Medan. Kalau Gudeg Jogja kan jelas dari Jogja, nah kenapa tidak berlaku juga pada kue bika? Bingung deh, haha! Sekarang kita bahas aja ya asal usul mengapa camilan ini disebut Bika Ambon. Ternyata setelah kita cari tahu, ada beberapa versi nih yang menjelaskan mengapa namanya Bika Ambon. Mari kita simak:

1. Bika Ambon dinamai demikian karena tempat pertama kali dijual dan popularnya Bika Ambon adalah di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan.

2. Bika Ambon berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dengan membawa kue bika. Setelah tahu rasanya enak, orang tersebut tidak kembali ke Ambon lagi, tetapi singgah di Medan. Sehingga sejak empat puluh tahun lalu Bika Ambon jadi sangat terkenal di Medan.

3. Cerita yang lain lagi mengatakan, bahwa dahulu ada sebuah daerah bernama Amplas yang kemudian dibagi menjadi dua wilayah, barat dan timur sungai. Sebelah barat sungai sering disebut dengan “pabrik” karena terdapat pabrik pengolahan latex, dan sebelah timur sungai sering disebut dengan “kebon” karena terdapat barak atau perumahan buruh dan kebun tembakau serta cacao. Bika Ambon diceritakan diperkenalkan oleh seorang buruh transmigran dari jawa yang membuat kue Bika Ambon dan memasarkannya di Medan. Pada waktu itu, jarak dari Amplas ke Medan ditempuh dalam waktu setidaknya 1 sampai 2 jam dan tempat pemasarannya adalah Kesawan, Perniagaan, Kereta Api, dan sekitarnya. Hasilnya, orang-orang Belanda sangat menyukai rasa kue tersebut. Hal ini kemudian membuat seorang pedagang keturunan Tionghoa berinisiatif untuk membantu memasarkan dan bekerja sama dalam pemasaran Bika Ambon yang dibuat oleh buruh tersebut. Akhirnya kehadiran Bika Ambon tersebut sangat laris dan membuat warga transmigran lainnya juga ikut mengadu untung di bisnis tersebut. Dan nama Bika Ambon sendiri berasal dari Bika “Amplas-Kebon” yang diakronimkan menjadi “BIKA AMBON”.

4. Semasa zaman Belanda ketika masih ada di Tanah Deli, seorang Tionghoa melakukan eksperimen dengan sebuah kue. Ia melakukannya di rumahnya, tidak jauh dari kawasan Jalan Majapahit, Medan. Setelah matang, kue tersebut lalu dicobakan pada pembantunya, seorang pria asal Ambon. Pria tersebut sangat menyukai kue itu, hingga memakannya dengan lahap. Itulah menurut cerita ini mengapa dinamakan Bika Ambon.

5. Cerita yang lainnya menganalisa sejarah penamaan Bika Ambon berdasarkan bahasa. Menurutnya, Ambon bukanlah istilah yang menyatakan nama jalan tempat Bika Ambon ini populer, asal orang yang membawa Bika Ambon ini, atau akronim nama daerah asal Bika Ambon, tetapi istilah tersebut dalam bahasa Medan berarti lembut.

Wah, banyak versi ya Wakulovers? Namun yang jelas saat ini, kita bisa temukan pedagang bika ambon di Medan, bukan di Ambon. Tapi kalau Wakulovers ingin menikmati bika ambon, kalian tidak perlu ke Medan dulu karena sudah bisa pesan di Wakuliner. Bika ambon akan langsung diantar ke rumah kamu. Dijamin enak, manis dan legit cocok banget buat camilan sore sambil minum teh. Selamat berbelanja!

Diubah oleh gembelngehe
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di