alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Lebih Baik Kerja Cerdas Daripada Kerja Keras Itu Logikanya Cacat
4 stars - based on 20 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cabdf9fa2d1955ad55178af/lebih-baik-kerja-cerdas-daripada-kerja-keras-itu-logikanya-cacat

Lebih Baik Kerja Cerdas Daripada Kerja Keras Itu Logikanya Cacat

Mana yang bener kerja keras apa kerja cerdas?

Lebih Baik Kerja Cerdas Daripada Kerja Keras Itu Logikanya Cacat


Ini adalah sebuah ungkapan sering menganggu pikiran gw.



Spoiler for Latar Belakang:



Menurut gw ungkapan tersebut logikanya cacat dan menyesatkan.



Spoiler for Logika Cacat:



Kerja cerdas vs kerja keras itu kaya bandingin Bill Gates sama Tukang Ojol.


Spoiler for Bill Gates vs Tukang Becak:



Mana yang bener kerja keras doang, kerja cerdas doang, apa harus dua-duanya??

Spoiler for Kesimpulan:


Menurut gw ini bisa jadi insight yg bagus

https://www.instagram.com/tv/BwKtJFk...d=oiva9bmgoygm

Kerja ya harus cerdas, tapi bukan berarti kita tidak bekerja keras!!!

Sekian dari TS.
Polling
190 Suara
Mana yang bener gan, KERJA CERDAS atau KERJA KERAS? 
Diubah oleh Karlinda
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
Kerja cerdas dan kerja keras emang gak setara gan. Apalagi gajinya juga gak setara karena karena kerja cerdas lebih banyak membutuhkan otak sedangkan kerja keras lebih banyak membutuhkan otot
setuju sama last quotenya emoticon-Cendol Gan
menurut gue menipu,nyolong ama korupsi itu kerja cerdas gan emoticon-Big Grin
"be productive, not busy"

mungkin kesimpulannya seperti itu gan

Ya anda posisikan aja sebagai seorang Bos.

Anda pilih pekerja yang agak malas, tapi bisa menyelesaikan pekerjaan yang diminta dengan cepat atau pekerja yang rajin yang ( kurang cerdas ), yang harus sampe lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya ?
Quote:


Kayanya kalo dia cerdas pasti akan ulur2 pekerjaannya...soalnya tau kalo cpt selesai bakal ditambahi kerjaan lain sama bosnya
Dan hebatnya di Indonesia, org memilih kerja keras biar kelihatan rajin, proses muter-muter, hasilnya segitu2 aja, ga ada keinginan utk lebih maju dan lebih baik..hehehhee peace yo..
Kl di sini umumnya karyawan/pegawai yg rajin meski hasil kerjaannya gitu2 aja lebih dihargai ketimbang yg telatan/suka bolos tp hasil kerjanya efektif.
Ga ada cacat logika di pernyataan tersebut
sama kaya contoh Bill Gates yang elu sampaikan,,
ada orang ongkang ongkang kaki dapat duit lebih banyak dari yang keluar keringet bercucuran

itu fakta yang ada sekarang, makanya jadi orang harus pinter.. emoticon-Big Grin
Work harder and smarter....
Logika ts yang cacat...kerja cerdas itu mampu bekerja secara optimal tanpa harus over clock kalau komputer..kalau kerja keras itu bekerja semaksimal mungkin yang bisa dia perbuat bahkan sampai over clock makanya cepet hang..dan tumpul tuh...

Hasilnya kerja cerdas bisa pensiun dini..kerja keras..kalau pun sukses tuanya penyakitan karena overclok tadi
Setuju..ga bisa dibandingkan kerja cerdas dan kerja keras.
Berbagai pekerjaan punya karakteristik kecerdasan - kerja keras yg berbeda untuk sukses.
Ane gak pilih dua duanya gan. Karena seperti yang agan bilang, itu gak setara. Tapi lebih ke sebuah metafora.

Sebenernya kerja cerdas bisa terlaksana jika agan sudah mencapai puncak prestasi kerja keras secara pribadi tunggal. Gini aja ilustrasi paling sederhana.

Agan, jualan mie ayam gerobak mulai dari nol, mulai dari nol pelanggan, semua dikerjakan sendiri. Hasilnya sempurna, agan menjadi sangat sibuk gak punya waktu lagi karena pelanggan begitu banyak.

Disini agan perlu kerja cerdas.

Sebelum mencapai puncak, agan harus mulai bikin sistem.
4M1E. Man, Machine, Method, Material, Environment.

Man (Manusia): Agan harus bertahap mulai mencari asisten menurunkan skill pembuatan mie dari awal sampe akhir. Sebaiknya dari keluarga yang loyal setia. Jadi agan, akan beranjak ke skil yang lebih tinggi, untuk ngatur (managing) & mengawasi (supervisory). Terus sampai punya asisten2 lain yang jadi karyawan.

Machine (alat2): Yang awalnya semua dikerjain pake tangan, bikin adonan pake tangan, mulai invest pake alat mesin pengaduk (misalnya). Kelak menggunakan IT system untuk sistem ordering & inventory

Method (metode kerja): Agan catat dan baku kan semua teknis bikin mi ayam, resep, yang agan miliki (silakan rahasiakan, hanya keluarga yang tahu) Sehingga mudah buat diajarkan ke orang lain kelak

Material (Bahan baku) Pastikan agan menjalin hubungan yang baik dengan para langganan pedagang agan. Sehingga mereka bisa langgeng suplai bahan ke agan dengan kualitas yang bagus. Jika diperlukan karena ada resep rahasia, buat kontrak dengan mereka.

Sampe disini, sebenernya agan sudah sampai level kerja cerdas, pasti udah punya lapak mi ayam gerobak yang ramai, mungkin udah pindah ke kios terdekat atau buka cabang.

Environment (Lingkungan) Mulailah berfikir untuk mengangkat karyawan yang loyal menjadi kepercayaan agan, ketika pengembangan jualan mie ayam agan sudah lebih dari 1 lapak. pastikan lapak2 berikutnya yang dipilih juga, prospektif.

Sampe disini agan sudah penuh menggunakan kecerdasan untuk kerja.
Selanjutnya agan mulai pikirkan bikin franchise untuk mie ayam agan.

Terus sampai "mie ayam" agan udah bisa berjalan dengan sendirinya oranng2 loyal milik agan yang mengerjakan semuanya. Saat itu uang udah ngalir sendiri ke kantong agan. dan agan kerja cerdas sesungguhnya. emoticon-Toast

Tambahan,
Buat ane, titik paling kritis adalah Man. SUUUUuulit mendapatkan karyawan yang mau belajar loyal, kerja keras & jujur, bahkan sodara sendiri.

Salam kerja keras untuk kerja cerdas.
emoticon-Traveller
Diubah oleh Cooldrips
Menurut ane dua-duanya penting gan, ya kerja keras ya kerja cerdas. Dengan kerja cerdas kita bisa memperhitungkan resiko maupun melihat peluang yang ada, dan dengan kerja keras kita bisa bersungguh-sungguh tanpa mengenal rasa lelah dalam menggapai peluang tersebut sehingga insyaAllah kita bisa mencapai kesuksesan.
era eru sekarang 4.0
ya memang harus kerja cerdas...

klo kerja keras, ya harus ada alur dan perhitungan yang pasti....
jangan cuma kerja keras kerja keras tp SEMU
Diubah oleh Pazonda95
Ane nggak mau pilih diksi, kerja keras atau kerja cerdas, akan tetapi semua kerja cerdas itu dimulai dari kerja keras...ketika menemukan alur dan sudah bisa mengatur pola kerja baru kerja cerdas...terus antara bill gates sm abang ojol apakah bisa disatukan diksinya?? nggak bisa, karena secerdas2nya ojol, nggak akan bisa kerja cerdas, ojol kalau mau dapat bonus besar, ya harus kerja keras, nggak bisa bolong2...bill gates sudah bisa kerja cerdas, bisa menemukan pekerjaan mana yg harus didahulukan, bagaimana memotong rantai dalam pekerjaan agar pekerjaan bisa selesai cepat, akan tetapi pas awal2 microsoft berdiri, ya bill gates harus kerja keras, dari bikin software, masarin software, ngetes software, mungkin dibela2 in bergadang sakit2 an...
Harus dua-duanya lah ... emoticon-Cape d...
Kalo ane sih, prinsip nya cari duit bukan cari kesibukan
emoticon-Ngakak
Kalau dilihat sih kerja cerdas pasti keras
kaya yang dijelaskan diatas soal bill gates
dia kerja keras bikin program, hire, promosi dan juga proses pengembangan serta pitching kalau ini akan berpengaruh di perkembangan teknologi dunia kedepannya dan terbukti.

kerja keras, ya mengandalkan apa yang dia miliki sembari mencari solusi untuk membuat pekerjaannya lebih efektif

bukan masalah mindset sih tapi lebih ke efektifitas langkah dan proses pengerjaannya

Bandingin ojol dengan founder itu yang bodoh gan

nih contoh begini, si ojol itu kerja keras kagak berenti untuk ngebid dari pagi sampe malam tanpa henti, imbasnya ke kesehatan dan waktunya dia

tapi dia tau solusi efektif, dia sewain akunnya tuh dah dan dia istirahat ke orang yang mau ngojek lalu dia dapet duit setoran dari harga sewa nya itu, jam istirahat dia kebayar ya walau gak maksimal

tuh handicap bre..

menghasilkan kerja yang cerdas itu perlu usaha ekstra, effort tinggi (kerja keras)

dimana dia tau ada masalah, cari solusinya supaya pekerjaannya efektif dan akhirnya dia temukan metode cerdas dalam pekerjaannya
kerja cerdas = wirausaha
kerja keras = kuli

Udah itu aja
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di