alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Angka Golput Membengkak, Jokowi Kalah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cab13c5c0cad7781f102a3d/angka-golput-membengkak-jokowi-kalah

Angka Golput Membengkak, Jokowi Kalah

RMOL. Dalam sejarah Indonesia, golongan putih pernah menjadi kekuatan politik menakutkan bagi penguasa. 

Pengamat politik Bin Firman Tresnadi menjelaskan, Arif Budiman dan Arif Waluyo menjadi pencetus gerakan pada Pemilu 1971. Sebagai bentuk protes kaum terpelajar atas dominasi ABRI dalam menentukan arah bangsa. 

"Tentu saja gerakan ini menimbulkan reaksi dari para pejabat negara kala itu, mulai dari Pangkopkamtib sampai Adam Malik mengatakan golput adalah golongan setan. Diskusi-diskusi tentang golput dibubarkan bahkan beberapa tokohnya ditangkap," paparnya kepada wartawan, Senin (1/4).


Menurut Bin Firman, 48 tahun kemudian golput kembali menjadi momok yang menakutkan bagi penguasa. Berbagi statement dari para petinggi negara berhamburan, bahkan Menko Polhukam Wiranto mengancam akan mempidana golput. 

Jika dilihat statistik golput dalam pemilu pasca Reformasi 98, kecuali Pemilu 1999 angka golput selalu berkisaran di atas 20 persen. Faktor golput beragam mulai dari masalah teknis, apatis sampai yang bersifat politis. Walau demikian, reaksi dari penguasa tak seperti sekarang atau seperti masa Orde Baru. 


"Golput dianggap sebagai angin lalu saja, toh seberapa pun tingginya angka golput tak akan membatalkan pemilu dan pemerintahan tetap bisa dibentuk pasca pemilu. Lalu kenapa sekarang reaksi dari pemerintah dan pendukungnya begitu berlebihan menanggapi golput," tanya Bin Firman.


Berbagai lembaga survei merilis kemenangan bagi pasangan Jokowi-Maruf. Akan tetapi angka elektabilitas tak pernah menyentuh titik aman 60 persen. Hal itu merupakan peringatan yang cukup keras bagi petahana. 


"Kebijakan-kebijakan pemerintah selama 4,5 tahun ini sebetulnya yang menyebabkan elektabilitas Jokowi tak pernah menyentuh di atas 60 persen," jelas Bin Firman.  

Atas kebijakan-kebijakan pemerintah tersebut, migrasi pemilih pun tak terhindarkan. Terutama dari masyarakat yang terkena dampak langsung seperti buruh yang dirugikan oleh PP 78, petani yang menjerit lantaran impor maupun masyarakat lain yang terpinggirkan akibat proyek infrastruktur. Belum lagi kasus korupsi di lingkaran Jokowi, menambah deret kekecewaan masyarakat.

Dalam situasi seperti itu, beberapa kelompok LSM mendeklarasikan golput. Pada Pemilu 2014, walaupun organisasi-organisasi tersebut tidak menyatakan dukungan terhadap Jokowi tapi tokoh-tokoh mereka hampir semuanya berdiri di belakang Jokowi. 

Tentu saja deklarasi golput tersebut menghantam telak kubu Jokowi dan membuat mereka meradang. Karena mereka sadar seruan golput akan disambut oleh masyarakat yang kecewa terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah. Dan membengkaknya angka golput berarti kekalahan Jokowi karena kita tahu selisih Jokowi dengan Prabowo pada Pilpres 2014 hanya sekitar 6,3 persen saja," imbuh Bin Firman yang juga direktur eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM).
Diubah oleh secretboyxx
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
udah bisa sujud syukur dong pret? emoticon-Ultah
Survey IDM ini bukannya udah menangin Wowo, kok masih ngurusin Wiwi sih????
Insya Allah... tahun ini gw gak golput...


emoticon-Traveller
ah propaganda doang
mana mungkin la
Angka Golput Membengkak, Jokowi Kalah
jangan golput bray
Insya allojlh..ane relawan penggiat anti golput..ane non partai..non pengawet..non koplak... Ncing..ncang..temen..kenalan..penjual bakso..penjual siomay... Jablay..PL..tetangga..sekampung..sekota..selalu ane beri pengertian.. Jangan golput..Dengan menentukan pilihan diniati cinta bangsa n tanah air ini..jihad pahalanya..pasti dukung manusia utuh..keluarga harmonis..Jokowi
Quote:


Siap... 02 pasti juara ya Gan
Quote:


Ane sih nunggu 17 April aja gan emoticon-Cendol Gan Bau-bau nya sih 02 udah menang, tapi ane simpan euforia itu biar jadi kejutan.
Ga ada yg pasti sebelum final count-nya KPU. Msg2 paslon msh py peluang.. emoticon-Traveller

Semoga semuanya aman dan terkendali...
Quote:


Dari ocehan ente diatas, yg menunjukkan prediksi angka golput skrg mana bray?
Quote:


Ya memang tidak disebutkan. Tapi yang pasti kan kekecewaan terhadap pemerintah, siapapun presidennya pasti ada dan itu nyata. Kalau golputers sih emang udah apatis sama pemilu.
Diubah oleh secretboyxx
No body :

01 : ooooo tidak kita kalah, just kidding

emoticon-Leh Uga
dukung wowok jd capres seumur hidup emoticon-Ultah
Quote:




Maksud lau wowok bukan manusia utuh kah???


emoticon-Leh Uga
Balasan post secretboyxx
Quote:


Bau tai... emoticon-Wakaka
golput jadi andalan krn mau niru trump emoticon-Leh Uga
Quote:


Haha, boleh lu sekarang ngeledek. Liat aja tanggal mainnya. emoticon-excited
Balasan post secretboyxx
Quote:


Siapppp Omz.... We'll see emoticon-Big Grin
Si mbok jga pegiat golput tp skrg mlah nyindir yg golput, hak orang si trserah lah emoticon-Mad (S)
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di