alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
3 Masjid Tertua di Indonesia
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cab0740af7e9344e5390512/3-masjid-tertua-di-indonesia

3 Masjid Tertua di Indonesia

Mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam. Selain itu, Indonesia juga terkenal akan keramahan penduudknya. Pada zaman dahulu kala, Indonesia dijajah olehbanyak  bangsa seperti Portugis, Spanyol, Perancis, Belanda, Inggris dan Jepang, hal itulah yang menyebabkan banyaknya rgaam budaya di Indonesia. Pulau Jawa tepatnya di Purwokerto, merupakan salah satu kota yang memiliki sejarah Islam tertua setelah kota Surabaya. 

Mau tau nama-nama masjid terbesar Indonesia yang juga mempunyai sejarah penyebaran Agama Islam yang ada di Nusantara? Tenang! Semua akan dijelaskan di artikel ini. Oh ya, bentar lagi bulan Ramadhan tiba sudah punya tiket kereta api lebaran 2019? Kalau belum punya pesan sekarang juga!

Nah, balik lagi ke artikel… Sebelum puasa enaknya baca artikel-artikel tentang Islam, nih! Kami akan membagikan cerita masjid tertua yang ada di Indonesia. Menurut sejarah di balik megahnya bangunan masjid yang luas, tersimpan sejuta kisah sejarah penyebaran terbesar Agama Islam di Indonesia. Nah, Kota ini d klaim memiliki masjid tertua, pusat tempat penyebaran Agama Islam.

1. Masjid Saka Tunggal, Purwokerto
3 Masjid Tertua di Indonesia
sumber foto: https://upload.wikimedia.org/wikiped...akatunggal.JPG

Masjid Jami Baitussalam Cikakak atau biasa disebut dengan Masjid Saka Tunggal berlokasi di Desa Cikakak, Wangon, Banyumas. Kenapa dinamakan Masjid Saka Tunggal? Karena memiliki tiang atau saka yang terbuat dari bongkahan kayu. Masjid ini telah berdiri selama 7 abad lalu tepatnya, 10 November 1293. Di setiap tiangnya masih terlihat jelas ukiran angka dalam bahasa Arab. Selain itu, masjid ini juga memiliki peninggalan sejarah Islam lainnya seperti bedug dengan kantongnya dan lampu gantung yang masih asli dan terawat sejak berdirinya masjid ini.

2. Masjid Wapauwe, Kaitetu
3 Masjid Tertua di Indonesia
sumber foto: https://upload.wikimedia.org/wikiped...ua_Wapauwe.jpg

Masjid Wapauwe diklaim sebagai masjid kedua tertua di Indonesia. Berlokasi di pulau Maluku tepatnya berada di desa Kaitetu, Kecamatan Keitetu, Maluku Tengah. Masjid itu dibangun sejak 7 abad lalu, sekitar tahun 1414 masehi. Bangunan Masjid ini masih berdiri sangat kokoh hingga sekarang, lho. Masjid ini berdiri di lereng Gunung Wanane yang dibangun oleh keturunan Islam Jailolo dari Moloku Kie Raha (empat gunung Maluku), Pernada Jamilu. Kenapa disebut sebagai masjid tertua? Karena dahulunya pondasi bangunan masjid terbuat dari gaba-gaba (pelepah sagu yang dikeringkan) dan daun rumbia. Namun, masjid itu terus dibangun supaya tetap kokoh hingga sekarang. Benda peninggalan sejarah yang tersimpan di dalam masjid ini ialah mushaf Al-Qur’an dan kitab Baranzi. Apa itu kitab Baranzi? Kitab yang berisi  sya’ir pujian-pujian terhadap Nabi Muhammad.

3. Masjid Ampel, Surabaya
3 Masjid Tertua di Indonesia
Meski di klaim masjid ketiga tertua di Indonesia, namun masjid ini memiliki kisah sejarah Islam yang paling terkenal di Jawa Timur. Didirikan tahun 1420, masjid Ampel diklaim sebagai pusat penyebaran agama Islam tertua di Surabaya, Jawa Timur. Di masjid inilah Raden Muhammad Ali Rahmatullah sebagai salah satu “wali songo” yang melakukan penyebaran Agama Islam di pulau Jawa. Biasanya orang-orang yang berkunjung ke sini melakukan ziarah ke makam Sunan Ampel dan berwudhu yang konon katanya air itu disebut “suci’’, air keramat itu juga bisa diminum oleh pengunjung.

Sekian cerita tentang sejarah 3 masjid tertua yang ada di Indonesia. Sebentar lagi puasa, nih! Sudah beli tiket untuk mudik? Segera pesan tiket kereta api 2019 di Mister Aladin!
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kalo masjid termuda ada gan musola komplek rumah ane emoticon-Ngakak
klo ga salah di daerah kota kudus jg ada masjid tua, pninggalan kalijaga klo ga slah


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di