alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BREAKING! MA Tolak Kasasi Protes Volume Azan, Meiliana Dibui 1,5 Tahun
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cab04e6c9518b04a6205d8b/breaking-ma-tolak-kasasi-protes-volume-azan-meiliana-dibui-15-tahun

BREAKING! MA Tolak Kasasi Protes Volume Azan, Meiliana Dibui 1,5 Tahun

Jakarta, CNN Indonesia -- Upaya kasasi oleh terdakwa kasus penodaan agama Meiliana atau Meliana ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). Ia pun tetap menjalani hukuman 1 tahun 6 bulan penjara.

Dalam laman kepaniteraan MA yang diakses CNNIndonesia.com pada Senin (8/4) tertulis bahwa amar putusan, "Tolak".

Putusan ini diketok oleh majelis hakim MA yang terdiri dari Desnayeti, Gazalba Saleh, Sofyan Sitompul, pada 27 Maret 2019.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Medan menyatakan Meiliana telah melanggar Pasal 156A KUHP dan menjatuhinya hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan.

Meiliana dianggap bersalah melakukan penodaan agama karena keluhannya soal volume pelantang azan di daerah tempat tinggalnya di Jalan Karya Lingkungan I, Kelurahan Tanjungbalai Kota I, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Sumatera Utara.

Dalam prosesnya, masyarakat sekitar pun terprovokasi oleh pesan berantai usai protes Meiliana ini. Mereka kemudian melakukan aksi pembakaran tiga wihara, delapan kelenteng, dan satu balai pengobatan di Tanjungbalai, Sumatera Utara.

Pada Oktober 2018, Pengadilan Tinggi (PT) Medan menolak permohonan banding Meiliana.

Sementara, para pihak yang melakukan perusakan, pembakaran, serta provokasi itu pun sudah divonis oleh Pengadilan Negeri Tanjung Balai.

Pertama, Zakaria Siregar Alias Bang Zack Zack divonis 2 bulan 18 hari karena terbukti menyebarkan informasi yang bertujuan untuk menimbulkan kebencian dan permusuhan berdasarkan SARA.

Kedua, Abdul Rizal alias Aseng divonis 1 bulan 16 hari karena terbukti melakukan perusakan terhadap barang. Ketiga, Restu alias Panjang divonis 1 bulan 15 hari terkait perkara penggunaan kekerasan terhadap barang.

Keempat, Muhammad Hidayat Alias Dayat divonis 1 bulan 18 hari dalam perkara kekerasan terhadap barang. Kelima, Muhammad Ilham alias Ilham divonis 1 bulan 15 hari dalam perkara yang sama.

Kuasa hukum Meiliana, Ranto Sibarani (kiri), Sastrawan, Goenawan Mohamad, Usman Hamid, dan Ray Rankuti saat penyatan sikap terkait kasus yang menimpa Meliana di Jakarta, Kamis, 30 Agustus 2018.Kuasa hukum Meiliana, Ranto Sibarani (kiri), budayawan Goenawan Mohamad, Usman Hamid, dan Ray Rankuti menentang proses hukum terhadap Meliana di Jakarta, 30 Agustus 2018. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Keenam, Zainul Fahri alias Zainul divonis 1 bulan 15 hari dalam perkara kekerasan terhadap barang.

Ketujuh, Heri Kuswari alias Ari divonis 1 bulan 17 hari dalam kasus pencurian dalam keadaan memberatkan.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...dibui-15-tahun

dimana keadilan di Indonesia? emoticon-Sorry
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ancur uda kalo minoritas protes, bani daster 212 mah mana peduli
suara TOA emang harus kerasemoticon-Belgia
Balasan post twintower911
Quote:


tanda waktunya ngopi buat bowo
Quote:


GIF
Bagaimana dengan para perusak rumah Meliana dan vihara? Berikut hukuman yang dijatuhkan oleh PN Medan:

1. Abdul Rizal dihukum 1 bulan 16 hari.
2. Restu dihukum 1 bulan dan 15 hari.
3. M Hidayat Lubis dihukum 1 bulan dan 18 hari.
4. Muhammad Ilham dihukum 1 bulan dan 15 hari.
5. Zainul Fahri dihukum 1 bulan dan 15 hari.
6. M Azmadi Syuri dihukum pidana 1 bulan dan 11 hari.
7. Heri Kuswari dihukum 1 bulan dan 17 hari (kena pasal kasus pencurian).
8. Zakaria Siregar dengan pidana 2 bulan dan 18 hari.
Quote:


Mereka kan khilaf oleh keadaan yang chaos, gak sengaja emoticon-Traveller
Jgn macam2. Kaum minoritas cari duit saja. Jgn protes sana sini...

Quote:


Wakakka... dari dulu udah tau hukum di Indonesia itu kacau balau, tapi yang kali ini benar2 gila, bakar vihara sebanyak itu cuma kena 1 bulan, tapi komplain suara azan kena 1,5 tahun. Agak penasaran, kalau ada yang bakar mesjid bakal kena 1 bulanan juga gak?
perjuangan umat tak sia2 emoticon-Sorry
masak meminta kecilin volume pengeras suara mesjid dianggap penistaan agama .
wakil presiden,MUI,menteri agama semuanya juga pernah minta kecilin volume pengeras suara mesjid

membakar rumah ibadah itu baru termasuk penistaan agama .

udah jelas lebih biadab itu org2 radikal paok yg membakar rumah ibadah
gw doakan pihak2 yang berwenang bikin keputusan pembakar vihara cuma kena 1 bulan plus2 cepat dapat pencerahan... emoticon-Malu



emoticon-Leh Uga
Yg cuma protes, dihukum jauh lebih berat
emoticon-Leh Uga
Quote:


Bakar masjid ?? Masih duduk di sidang aja sudah paling bagus ...

Khawatir sebelum sampai persidangan sudah liwat duluan emoticon-Frown
Aneh2 aja pake protes azan segala.
Balasan post localsecurity
mosok sih gan? itu yg minoritas jadi capres..
bukan masalah minor mayor dlm demonkrasi.. tp seberapa besar kardus anda..
lagian cari penyakit
udah tau motonya perangi kafir dan berhala dimana saja emoticon-Leh Uga
ingat,
vonis ini bertujuan untuk ketentraman tanjungbalai.. peduli amat sama daerah lain, toh minoritas dimana mana juga ada & jadi korban emoticon-Frown

bayangkan kalau vonis para perusak rumah ibadah minoritas malah lebih lama (atau min. sama" 1,5 tahun) yang terjadi adalah sisa warga tanjungbalai yg sok2an mayo akan tambah dendam kepada minor disana..

lalu, apakah hukum daerah & hukum sosial kita siap menyikapi ini? o tentu tidak emoticon-Cape d... (S)
REMINDER


Jgn pernah berurusan sama pankui muslim
Quote:


Tenang aja. Gusti Ora Sare.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di