alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Harga Kamera: 5 Jenis kamera murah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caafe9aa2d19519830896ff/harga-kamera-5-jenis-kamera-murah

Harga Kamera: 5 Jenis kamera murah

Harga Kamera: 5 Jenis kamera murah
Harga Kamera: 5 Jenis kamera murah


Kamera di jaman sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan sosial manusia. Harga kamera berbagai tingkatan pun hadir untuk meramaikan kebutuhan kita akan teknologi ini. Tak ayal, pencarian di mesin Google pun banyak dilakukan orang yang sedang berencana membeli kamera dengan terlebih dahulu mengetik kata “Harga Kamera”. Metode ini dinilai mampu memberikan pilihan yang lebih banyak sekaligus pilihan yang lebih cocok dengan dompet.

Namun, ada hal yang lebih spesifik terkait pencarian harga kamera ini karena ternyata, banyak sekali jenis kamera dan fungsinya. Dan harga kamera pun sedikit banyak dipengaruhi oleh jenis dan tujuan penggunaannya. Berikut beberapa jenis kamera digital dan kisaran harga kamera tersebut:

Kamera Saku (Compact Camera).
Kamera jenis ini dikenal dengan tingkat kepraktisan yang ditawarkan. Meski dengan kemampuan yang kurang jika dibandingkan dengan kamera Analog SLR, namun banyak yang membeli kamera ini karena mudah dibawa kemana-mana. Bahkan pengoprasian kamera ini juga cocok untuk digunakan oleh anak kecil. Selain itu, banyak wisatawan yang lebih memilih kamera jenis ini ketika melakukan liburan karena ringan, kecil dan mudah digunakan. Harga kamera jenis ini (yang berkualitas) biasanya dimulai dari harga 1.3 jt saja.

Bridge Camera (Prosumer).
Kamera Bridge atau yang lebih dikenal dengan Prosumer merupakan sebuah jenis kamera yang mencoba mengkombinasikan antara kamera saku dan fitur-fitur kamera DSLR. Kita bisa melihat ukuran kamera ini yang memang hanya lebih besar sedikit dari kamera saku, namun dilengkapi dengan berbagai fitur auto atau manual seperti halnya yang ditawarkan oleh kamera DSLR. Rata-rata harga kamera Prosumer ini adalah 2,2 Jt an.

Kamera Mirrorless.
Kamera Mirrorless merupakan jenis kamera yang tidak memiliki cermin. Untuk yang belum mengetahui, kamera DSLR harus berukuran besar karena didalamnya perlu menempatkan cermin sebagai sistem visualisasi gambar. Nah karena itulah, kamera Mirrorless bisa berukuran lebih kecil dari kamera DSLR namun dengan kemampuan yang hampir serupa. Harga kamera jenis ini biasanya dimulai dari harga 5 jutaan.

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex).
Kamera DSLR merupakan kamera tercanggih di jaman ini. Setelah kehadirannya, kamera Analog (yang merupakan kamera canggih di jaman dulu) langsung tersisihkan. Hal ini karena DSLR memberikan pilihan yang tidak ada batasnya bagi penggunanya ketika berurusan dengan fitur, lensa dan lain-lain sehingga tangkapan gambarnya bisa diatur berdasarkan apa yang kita inginkan. Dan untuk itulah harga kamera ini memang sangat mahal. Untuk yang berkualitas, harganya dimulai dari 10 Jutaan.

Kamera Aksi (Action Camera)
Nah, kamera aksi merupakan sebuah kamera khusus yang seakan mengkombinasikan keseluruhan fitur dan kualitas dari kamera-kamera yang kita bahas diatas. Namun memang penggunaannya lebih cocok untuk aktivitas luar ruangan dan merekam aksi-aksi extrem tanpa meresikokan kamera yang berharga mahal dan berukuran besar. Action camera ini bentuknya jauh lebih kecil dari kamera saku, dilengkapi dengan fitur-fitur pengambilan gambar dan video kelas tinggi, berharga murah dan juga menghasilkan gambar video yang luar biasa. Tapi sekali lagi, penggunaannya memang khusus untuk merekam aktivitas yang kita kerjakan.

Di jaman sekarang, kamera aksi sudah mampu menangkap gambar video berkualitas 4K. Jdi selain bentuknya yang mungil dan mudah untuk dibawa atau ditempelkan ke alat tertentu (misal Helm bagi Motovlogger) kamera ini juga bisa memberikkan hasil perekaman video layaknya sebuah DSLR. Berikut 2 rekomendasi action camera 4K yang berkualitas namun irit budget:

SJCAM SJ8 Series


Harga Kamera: 5 Jenis kamera murah
Di daftar seri SJ8 ini Anda bisa menemukan 3 model action camera, yaitu SJ8 AIR, SJ8 PLUS dan SJ8 PRO, yang mana SJ8 PRO menjadi model paling premium dibandingkan kedua model lainnya.
Untuk SJ8 AIR, kamera ini menggunakan Chipset Novatek NT96658 dengan sensorPanasonic MN34112PA beresolusi 12,24 MegaPixel. Memiliki satu layar IPS touchscreen 2,33” dengan lensa 7G. Lensa 7G disini berarti ada 7 lapisan lensa tertanam dalam kamera ini. Dengan sudut POV 160 derajat, kamera SJ8 AIR ini mampu melakukan perekaman berkualitas sampai 1296P:1728X1296 30fps. Dalam keadaan FULL BOX, kamera ini dibandrol dengan harga 109$.

Kamera SJ8 PLUS dilengkapi dengan Chipset Novatek NT96683 yang dikombinasikan dengan Sensor SONY IMX117 beresolusi 12 MegaPixel. Action Camera ini memiliki 2 layar, yaitu 1 buah layar OLED 0.9” di bagian depan dan satu layar IPS touchscreen 2,33” di bagian belakang. SJ8 PLUS memiliki lensa 7G termasuk 2 lensa Aspheric didalamnya. Hasil perekamannya mampu mencapai kualitas 4K pada 30FPS. Untuk harga FULL BOX nya yaitu 199$ saja.

Yang berikutnya adalah model SJ8 PRO dimana merepresentasikan kasta tertinggi di seri SJ8. SJ8 PRO tidak berbeda dengan SJ8 PLUs dalam segi jumlah dan ukuran layar, jumlah lensa ataupun resolusi sensor. Namun SJ8 PRO ini memadukan kinerja ChipsetNovatek NT96683 dengan sensor Ambarella H22 S85. Hal inilah yang memberikan kemampuan action camera SJ8 PRO untuk menagkap video dalam resolusi 4K pada 60FPS. SJ8 PRO dalam FULL BOX dibandrol dengan harga 289$. Spesifikasi lengkap ketiga model ini bisa dilihat disini. Satu hal yang membuat seri SJ8 lain dari yang lainnya adalah jumlah internal mikrofon nya yang berjumlah dua buah dan 1 buah port USB TYPE-C yang bisa langsung dipakai untuk menyambungkan mic Eksternal.

SJCAM ION Series


Harga Kamera: 5 Jenis kamera murah
Seri lain yang sekarang tengah menjadi incaran para pecinta action camera adalah seri ION SJCAM. Seri ini menawarkan 3 buah model kamera kelas kakap dengan harga yang sangat-sangat bersahabat. Seri ION ini terdiri dari CARBON, TOTEM dan KRYPTON, dengan model KRYPTON sebagai pemegang kasta tertinggi. Salah satu kunci kesuksesan seri ini adalah kemampuannya dalam menghadirkan resolusi 4K ULTRA HIGH DEFINITION yang pastinya tidak akan dapat Anda tolak. Beberapa pembeda dari ketiga model ini bisa kita lihat pada bagian layar. Untuk Carbon, menggunakan layar LCD 2 Inch, Totem – LCD Touchscreen 2 Inch, sedangkan Krypto menggunakan layar IPS Touchscreen 2,33 Inch. Harga Action Camera SJCAM seri ION dibandrol mulai dari 70$ saja. Untuk spesifikasi lengkap bisa dilihat di laman berikut.


Diubah oleh sjcam.id
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di