alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polisi Tangkap 2 Buzzer Hoax 'Server KPU Di-setting Menangkan Jokowi'
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caaeec782d495172d6bc0a1/polisi-tangkap-2-buzzer-hoax-server-kpu-di-setting-menangkan-jokowi

Polisi Tangkap 2 Buzzer Hoax 'Server KPU Di-setting Menangkan Jokowi'

Jakarta - Polisi menangkap dua orang, pria dan wanita, buzzer hoax 'Server KPU Di-setting Menangkan Jokowi'. Keduanya juga telah ditetapkan sebagai tersangka penyebaran hoax.

"Dua tersangka yang melakukan penyebaran berita hoax baik yang bersangkutan sebagai kreator maupun buzzer. Yang satu ditangkap di Ciracas, Jakarta Timur pada Sabtu dini hari, satu lagi tersangka yang ditangkap di Lampung," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).

Dedi menerangkan tersangka wanita berinisial RD, sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. RD sedang menjalani pemeriksaan intensif di Polda Lampung.

"Seorang ibu rumah tangga berinisial RD. Saat ini yang bersangkutan sedang dalam pemeriksaan, dititipkan di Polda Lampung," ucap Dedi.

Sementara, tersangka satu lagi berinisial EW. Dedi menerangkan hoax yang disebarkan EW tersambung ke situs internet sehingga efeknya luas. EW juga memiliki banyak follower di akun Twitternya.

"Ngelink juga di media berita Babe. Yang bersangkutan juga memiliki followers cukup banyak di Twitter. Untuk yang RD dia juga menggunakan akunnya, Facebook. Sama juga sebagai buzzer juga," jelas Dedi.

Dedi menerangkan para tersangka memviralkan video yang direkayasa sedemikian rupa dan narasinya dibumbui informasi bohong. "Jadi videonya ada diberikan narasi-narasi, diviralkan," ujar dia.

Barang bukti yang disita dari pelaku adalah akun media sosial mereka beserta ponsel dan simcard telepon. Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Dani Kustoni menuturkan pelaku dijerat Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Ada 3 akun real yang sudah kita lakukan penindakan terhadap pelaku yang menyebarkan terkait pidato kemudian meng-upload di media sosial bahwa server KPU sudah di-setting untuk memenangkan paslon 01, kurang lebih dengan perolehan suara 57 persen. Kedua tersangka kami kenakan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang menyebarkan berita bohong yang mengakibatkan keonaran," terang Dani.

Diberitakan sebelumnya, video yang viral itu memperlihatkan seorang pria berbicara di sebuah pertemuan. Pria itu bicara banyak hal, salah satunya soal KPU. Tidak diketahui siapa pria di video tersebut dan pertemuan apa yang sedang berlangsung. Tidak ada pula keterangan soal kapan video itu diambil.

"Di KPU, saya bulan Januari ke Singapore karena ada kebocoran data. Ini tak buka saja. 01 sudah membuat angka 57%," kata pria tersebut.

KPU pun melaporkan video yang disebutnya sebagai hoax tersebut ke Bareskrim pada Kamis, 4 April 2019.

https://m.detik.com/news/berita/4501...nangkan-jokowi

Soal Server KPU Di-setting, Eks Bupati Serang: Saya Cuma Dengarkan

Serang - Eks Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman mengakui pembahasan soal server KPU di-setting dilakukan di rumahnya di Ciracas, Kota Serang. Pembahasan ini disampaikan oleh seorang konsultan di hadapan tim sukses Prabowo-Sandiaga Uno. Tapi ia mengaku tak yakin tuduhan itu benar atau fitnah.

"Saya kan hanya mendengarkan saja, menerima paparan saja. Jadi saya nggak tahu persis yang sesungguhnya itu apakah fitnah atau benar kenyataan, kan gitu," kata Taufik Nuriman saat dihubungi melalui sambungan telepon di Serang, Banten, Jumat (5/4/2019).

Ia menambahkan pelaporan mengenai viralnya video ini oleh KPU RI menunjukkan bahwa petahana terlalu sensitif.

Baca juga: Video Tuduhan 'Server KPU Di-setting' Diambil di Rumah Eks Bupati Serang


"Ya nggak apa-apa, biasanya kalau petahana terlalu sensitif," ujarnya.

Taufik mengaku menolak jika harus diperiksa oleh kepolisian mengenai viralnya video tuduhan ini. Menurutnya, ia hanya sebagai tuan rumah yang meminjamkan ruangan kepada tim sukses Prabowo-Sandiaga di Serang. Meskipun ia ada di ruang itu, ia hanya mendengarkan.

Baca juga: Tuduhan Server KPU 'Di-setting' Dilontarkan di Rapat Relawan Pro-Prabowo


"Bagusnya yang itu saja (orang di video diperiksa), (atau) yang lain kepengurusan. Saya mah menyiapkan tempat saya. Saya nggak ngundang, yang nyampaikan saya nggak tahu namanya, nggak kenal," pungkasnya.

KPU RI sudah melaporkan video tuduhan servernya yang di-setting ke Bareskrim Polri pada Kamis (4/4). Laporan langsung dikawal oleh Direktur Tindak Pidana Bareskrim Brigjen Albertus Rachmad Wibowo.


Baca juga: Video Tuduhan 'Server KPU Di-setting' Diambil di Rumah Eks Bupati Serang


Di video memperlihatkan seorang pria berbicara dalam sebuah pertemuan di rumah mantan Bupati Serang. Pria yang diidentifikasi sebagai konsultan itu bicara banyak hal, termasuk soal KPU.

"Di KPU, saya bulan Januari ke Singapore karena ada kebocoran data. Ini tak buka saja. 01 sudah membuat angka 57 persen," kata pria itu.

https://m.detik.com/news/berita/d-4498376/soal-server-kpu-di-setting-eks-bupati-serang-saya-cuma-dengarkan
Diubah oleh ikardus
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Mantaapp.. Goblognya diborong .. emoticon-Ngakak
perasaan lampung mulu emoticon-Big Grin
Harus gw akuin kalo gw itu salut sama kegoblokan Kampret yang konsisten dan maksimal.. Karena ngga gampang. Kalo di dunia sepakbola udah sekelas Ronaldo dan Messi kayanya..

satu lagi Ibu2 yang mendadak ngomongin politik, padahal biasanya juga cuma dirumah nonton sinetron ajab..

Sekarang dipenjara kaya emak2 Pepes, awas suaminya kimpoi lagi bu kalo dijeruji...
ngeles malah nyalahkan petahana, mantan bupati ngga tahu apa yg diterangkan, kok jadi turun jauh nalarnya
Quote:


Yang lapor KPU, yang salah tetap Jokowi.

emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Wakaka

mampuss luu penyebar Hoax....
berikutnya sapa lagi nich yang mau nyusul...???
gaul juga ibu rumah tangga jadi buzzer emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
monggo di proses sesuai hukum yg berlaku
Ana sih tidak masalah.. Bagaimana dengan hoax belasan fersen suara d curi? emoticon-Smilie
persis sama yg aplikasi sambhar, hahaha
WAKAKAKAKAKAK emoticon-Embarrassment

mampus lu Ekoboy, nasbung tukang bekam mah ngebekam aja yg bener, lah ini malah nyebarin fitnah, digulung kan lo, aturan bisa dikenakan pasal terrorisme nih, karena udah berhubungan sama deligitimasi KPU emoticon-Embarrassment

dah tampangnya jelek, masuk penjara lagi emoticon-Embarrassment

Polisi Tangkap 2 Buzzer Hoax 'Server KPU Di-setting Menangkan Jokowi'

Polisi Tangkap 2 Buzzer Hoax 'Server KPU Di-setting Menangkan Jokowi'
gile ini gobloknya, ane acungin 5 jempol dah (4 jempol sendiri 1 nya minjem jempol tetangga)
masa minjemin tempat kg tau di pake buat apaan
salut gw sama nasbung goblognya konsisten


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di