alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caaecdb09b5ca7031426b0f/5-hal-yang-harus-dilakukan-saat-melihat-kekerasan-pada-anak

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak

Kekerasan terhadap anak, justru dilakukan oleh orang yang dekat dengan anak, baik orang tua maupun gurunya sendiri. Tidak dapat dipungkiri, kepedulian masyarakat terhadap kekerasan pada anak masih sangat kurang. Bahkan, kita sering mendengar dan melihat sendiri kekerasan pada anak yang terjadi di dekat kita, namun sering kita abaikan.

Bukan tidak mau, kita hanya takut mengalami perlakuan kasar dari pelaku, atau takut dianggap ikut campur dengan urusan orang lain, ketika kekerasan tersebut dilakukan oleh orang tua kepada anaknya sendiri, atau anggota keluarga yang lain.

Sikap acuh tersebut lah yang selama ini menjadi penyebab terjadinya kasus kekerasan kepada anak, hingga menyebabkan kematian. Tindakan pembiaran dari masyarakat sekitar, seolah menjadikan pelaku semakin leluasa melakukan tindak kekerasan pada anak.

Jangan takut dan ragu untuk membela anak korban kekerasan, lakukan 5 hal ini ketika kekerasan terhadap anak terjadi di sekitarmu, agar tidak berakibat fatal.


1. Tanyakan kepada pelaku, apa penyebab dia melakukan kekerasan pada anak.
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak
Dengan bertanya penyebab pelaku melakukan kekerasan, kita akan tahu langkah apa yang harus kita lakukan. Memberi saran terlebih dahulu ketika pelaku menanggapi pertanyaan dan lebih fokus kepada kita, atau langsung menyelamatkan korban ketika pelaku tidak bergeming akan kehadiran kita dan semakin menyakiti korban.


2. Memberi saran yang bijak
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak
Ketika pelaku fokus pada kehadiran kita, berilah saran bahwa kekerasan pada anak bukan solusi yang tepat untuk semua masalah karena akan berdampak fatal pada anak. Bukan hanya tersakiti secara fisik, tetapi sakit secara mental akan membekas hingga dia dewasa dan bersifat permanen.

Selain itu, kita juga harus memberi tahu bahwa perbuatan tersebut melanggar undang-undang perlindungan anak yang akan dikenai sanksi hukum yang berlaku. Meskipun pelaku mungkin sudah tahu tentang akibat tersebut, tak ada salahnya kita mengingatkan lagi untuk memberi efek jera kepada pelaku.


3. Berbicara kepada anak korban kekerasan tersebut dengan kalimat menenangkan
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak
Dengan berbicara kepada anak dengan kalimat yang menenangkan pada saat itu juga, risiko trauma yang akan dialami anak akan berkurang. Kenangan menyakitkan yang dialami anak pada hari itu akan berganti dengan ingatan tentang kata-katamu yang bersifat menenangkan tersebut.


4. Membuat mereka berdamai
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak
Ketika pelaku mulai menyadari kesalahannya, mintalah dia meminta maaf atau mengajak anak berbicara. Ketika anak mau menerima atau menanggapi pelaku yang meminta maaf atau mengajak bicara, ketakutan anak untuk bergaul dengan pelaku, yang merupakan keluarganya sendiri akan berkurang.

Selain itu, anak tidak akan meniru perilaku kekerasan tersebut ketika dewasa. Disadari atau tidak, yang sering terjadi, pelaku kekerasan adalah orang yang dulu pernah menerima perlakuan serupa. Sehingga, kekerasan yang dia lakukan merupakan bentuk balas dendam akan sakit yang pernah dia terima sewaktu kecil.


5. Menyelamatkan anak dan menjauhkannya dari pelaku
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak
Ketika pelaku tak menanggapi pertanyaan dan kehadiranmu, dan tetap melanjutkan perlakuan kasarnya terhadap anak, pilihan terbaik adalah menyelamatkan anak dan menjauhkannya dari pelaku, kalau perlu kita bisa meminta tolong pada orang lain di sekitar kita, bahkan kepada pihak berwenang jika kekerasan tersebut tetap berlanjut.

Masalah kekerasan terhadap anak tidak dapat dituntaskan tanpa peran serta seluruh elemen masyarakat, termasuk kita, generasi millennial yang cerdas dan punya kepedulian sosial yang tinggi.

Sehingga jangan ragu dan tetap berani melindungi anak dari segala bentuk kekerasan, sekalipun kamu sangat amat takut untuk melakukannya.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/family...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak Australia Sahkan UU yang Wajibkan Hapus Konten Kekerasan di Internet

- 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak Komnas HAM Paparkan Perkembangan Penyelidikan Peristiwa Paniai

- 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak Marak Game Online Berkonten Negatif, KPAI Keluarkan Sikap

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di