alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bandara Kertajati Sepi Penumpang karena Dibangun Tanpa Kajian Pasar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caad43cf4ae2f3c9464bf3f/bandara-kertajati-sepi-penumpang-karena-dibangun-tanpa-kajian-pasar

Bandara Kertajati Sepi Penumpang karena Dibangun Tanpa Kajian Pasar


Liputan6.com, Jakarta - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, hingga saat ini masih sepi penumpang. Tingkat okupansi bandara ini dikabarkan masih di bawah 30 persen.

Melihat situasi ini, pengamat penerbangan yang juga anggota Ombudsman RI Alvin Lie menduga, proses pembangunan bandara yang memakan biaya Rp 2,6 triliun ini tidak disertai dengan kajian kelaikan mengenai potensi pasar maupun aspek ekonomi.

"Nah ini barang sudah jadi sekarang. Jadi untuk Kertajati ini konsep produknya harus jelas, ini bandara mau dijadikan bandara apa, apakah bandara umum atau bandara yang spesialis, misalnya fokus pada pesawat charter, atau kargo, atau untuk MRO (Maintenance Repair & Overhaul atau perbaikan dan perawatan pesawat)," urainya kepada Liputan6.com, Senin (8/4/2019).

Saat memulai proyek seharusnya turut diperhitungkan beberapa aspek. Seperti jumlah penduduk di sekitar kawasan bandara, pola perjalanan warga sekitar dengan transportasi udara seperti apa, hingga kebutuhan sektor industri dan perdagangan di sana.

"Sebaliknya, orang-orang dari luar Kertajati, apa keperluan mereka datang ke lokasi tersebut. Tidak bisa hanya mempromosikan bandaranya, tapi wilayahnya. Apakah ada potensi wisata, perdagangan, perindustrian, atau mungkin ada pendidikan atau perawatan kesehatan, itu kan macam-macam daya tarik yang bisa ditawarkan," sambungnya.

Selain itu, ia melanjutkan, akses dan fasilitas di sekitar Bandara Kertajati saat ini juga belum memadai. Seperti belum terhubungnya lapangan udara dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sampai belum adanya hotel dan rumah sakit di lingkungan bandara.

"Ini akan menyulitkan untuk penerbangan internasional. Karena penerbangan internasional juga mensyaratkan harus ada rumah sakit yang punya kapasitas minimal tempat tidurnya adalah sebanyak kapasitas pesawat terbesar yang bisa mendarat di sana," paparnya.

"Nah kalau memang targetnya Boeing 777 mendarat di sana, berarti harus didukung dengan rumah sakit yang menyediakan kapasitas tempat tidur di atas 300 orang. Ini juga belum ada di sana," dia menambahkan.

Pertimbangkan Konektivitas

Kemudian, Alvin pun menganggap perlu dipertimbangkan bagaimana konektivitas dan kerjasama antara Bandara Kertajati dengan lapangan udara terdekat lain. Sebab, Kementerian Perhubungan selama ini disebutnya sudah memohon kepada maskapai penerbangan untuk mengisi rute dari dan ke Bandara Kertajati, tapi pada umumnya hanya bertahan sementara waktu lantaran tak ada penumpang.

"Tidak cukup hanya mempromosikan atau memerintahkan airlines untuk terbang di sana kalau daerah sekitar Kertajati sendiri belum ada daya tariknya," tegasnya.

Satu permasalahan terakhir, dia memandang pengembangan Bandara Kertajati memang masih menyisakan sejumlah masalah. Seperti adanya lahan yang belum terbebaskan, sehingga untuk pengembangan jangka panjang masih dipertanyakan dan juga berpengaruh bagi perusahaan-perusahaan yang ingin beroperasi di kawasan Bandara Kertajati.

"Perlu ada komitmen dari pemerintah daerah selaku pemilik Kertajati, Pemprov Jawa Barat, untuk melakukan kajian lagi mulai dari awal. Bagaimana potensi pasar, kemudian menyusun rencana dan strategi pemasaran, pasar mana yang dibidik, dan menyesuaikan Bandara Kertajati sebagai suatu konsep produk yang sesuai dengan pasar yang dibidik. Tidak ada jalan lain, karena ini sudah terlanjur salah kaprah," tandasnya.

Menhub Akan Kembangkan Bandara Kertajati

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan mengembangkan Bandara Kertajati agar dapat beroperasi secara maksimal. "Nanti kita kembangkan (bandara Kertajati)," ujarnya singkat di Way Kanan, pada Sabtu 6 April 2019.

Jika menilik ke belakang, pembangunan bandara Kertajati sebenarnya merupakan inisiasi pengusaha dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat yang berharap agar ada bandara di Jawa Barat bagian utara.

Ide membangun Bandara Kertajati sudah muncul sejak 2003 lalu, namun baru terealisasi dengan groundbreaking pada tahun 2016. Prosesnya memakan biaya sekitar Rp 2,6 triliun yang sumbernya tidak hanya dari APBN, namun dari skema kemitraan pemerintah dan swasta.

Saat ini ada empat maskapai yang aktif beroperasi di Kertajati, yakni Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, dan Trans Nusa.

sumber

Mending bangun pelabuhan di karawang, daripada bangun bandara di kertajati.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Klo g salah ini bandara yang jadi kebanggaan fak Aher semasa beliau masih menjabat ya? emoticon-EEK!
yah klo ntar semua jalan dah menuju kesana
pasti rame juga.
Nanti dikaji lagi.
ya semoga bisa ramai gan
Wogh dah ketemu kambing itemnya emoticon-Ngakak (S)
Akses kesana kayanya masih jadi halangan terbesar...
Dulu soetta juga sepi awal2, setelah bandara kemayoran ditutup jadi rame. Bandara Husein ditutup, khususin buat AU aja, nanti mau ga mau orang pake kertajati. Cuma emang akses & fasilitasnya perlu diperbaiki.

Tp emang jaraknya jauh banget sih dari Kota, sktr 70km klo ga Salah. Harusnya cari lokasi yg lbh deket. Nah kereta bandara Sepertinya lbh cocok dibangun disini dari pada di Jakarta yg skrg masih sepi peminat.
Diubah oleh datalk
maen bangun aje, kaga ada nyang naek, proyek nyang penting perut gendut emoticon-Cool
klo keputusannya dipindahkan kesana ya selesai tuh kajian..
Diubah oleh valkyr7
Dah bener aher mecah ke Priangan timur yg miskin

Masalahnya cuma akses, lagi dibangun, beum rampung dan husein blum ditutup
Balasan post datalk
Quote:


nah, itu dia...akhirnya ada yg cerdas menjawab, persoalannya ada di bandara Hussein yg masih dibuka, padahal sdh sangat ngga layak krn pemukiman yg padat... klo Hussein ditutup, otomatis beralih ke Kertajati, & mmg akses ke sana yg harus diperbaiki
Dari awal juga emang agak pesimis, karena gak ada wisata bertaraf Int di Jabar & sekitarnya, sementara untuk bisnis, lebih deket ke JKT.
Balasan post valkyr7
cyuuuk emoticon-Wkwkwk , kalo sepi gini bakalan ga diklaim sama sapi, dilimpahkan hasil kowi emoticon-Traveller
Balasan post eFVZee
kata RK musim haji keberangkatan dipindah disini semua
Balasan post Zaman.Batu
jangan kenceng kenceng, semua taunya ini dibangun jokowi emoticon-Bingung
Quote:


kampret baca ini langsung batal plorotin celana...

btw kasus kertajati ini nanti "mungkin" akan terjadi dengan bandara New Yogya.
Secara jauh dari lokasi lama, bila akses jalan penghubungnya nggak memadai (sultan nolak tol -cmiiw)
Kalau tol Solo Jogja jadi, mungkin malah SOC yg bisa lebih rame karena akses yg mudah

Quote:


Klo NYIA sih kyknya g akan kyk Kertajati.. Lebih ke arah polonia pindak ke Kualanamu.. Jadi semua penerbangan d pindah semua kesana.. Kalau Kertajati penerbangan dari mana yg mau d pindah ke sono.. emoticon-Big Grin
Makadih Aher...
dulu bandara narita juga sepi waktu msh jaman edo, santai aja kampret gausah di goreng2.

jaman ane dulu bla bla bla...

kalo di tempat ane bla bla bla...

mantapss bong200sedanau
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di