alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kemenko PMK Mulai Bahas Persiapan Peringatan HLUN 2019
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caac935f4d6955261170dcd/kemenko-pmk-mulai-bahas-persiapan-peringatan-hlun-2019

Kemenko PMK Mulai Bahas Persiapan Peringatan HLUN 2019

Kemenko PMK Mulai Bahas Persiapan Peringatan HLUN 2019

JPP, JAKARTA - Sebagai hajat tahunan terhadap keberadaan Kaum Lanjut Usia sekaligus bentuk penghormatan terhadap jasa Dr KRT Radjiman Wediodiningrat yang di usia lanjutnya memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei 1945, Indonesia akan kembali memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di tahun 2019 ini.

“Dengan HLUN diharapkan juga dapat dilaksanakan oleh semua masyarakat di Indonesia sehingga memberikan manfaat bagi para lanjut usia, keluarga dan masyarakat,” papar Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Kemenko PMK Ade Rustama, dalam pembukaan dan arahannya pada Rakor pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan HLUN 2019 di Jakarta, Jumat (5/4/2019) pagi.

Kemenko PMK melalui koordinasi dan sinkronisasinya dalam Rakor peringatan HLUN 2019 ini melakukan fasilitasi persiapan awal rencana pelaksanaan HLUN 2019, di samping sinkronisasi Kegiatan Kementerian/Lembaga dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2019. Rangkaian kegiatan HLUN 2019 diharapkan tidak terhenti di acara puncak tetapi kegiatan dan aksi nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh lanjut usia dapat terus berlanjut. Acara Puncak (APUN) HLUN direncanakan akan dilaksanakan pada Juli 2019 di Lapangan Arcamanik Kota Bandung, Jawa Barat, dan diharapkan dapat dihadiri oleh para menteri, Gubernur Provinsi Jawa Barat, beserta jajarannya, eselon I, dan stakeholder lainnya. 

Menurut paparan Kementerian Sosial selaku Panitia Nasional HLUN 2019, diketahui bahwa HLUN Tahun 2019 adalah lanjutan dari HLUN tahun 2018 (berseri) karena pada tahun sebelumnya sudah dicanangkan yaitu Tahun 2018 menjadi tahun Kebangkitan Lanjut Usia Seluruh Indonesia sebagaimana yang dicanangkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan RI pada tanggal 5 Juli 2018. Urusan Lanjut Usia pada Tahun 2018 mengalami pergeseran dan tahun 2019 harus mengalami perubahan dari lanjut usia sebagai objek ke lanjut usia sebagai subjek. 

Kemsos mengungkapkan pula bahwa waktu pelaksanaan acara puncak HLUN 2019 direncanakan pada tanggal 4 Juli 2019. Hari lanjut usia itu sendiri secara nasional diperingati pada tanggal 29 Mei tahun berjalan dan diawali dengan pidato Menteri Sosial RI di televisi dan radio yang akan disiarkan secara masiv ke seluruh Indonesia. Adapun peringatan HLUN 2019 akan mengambil tema ‘Lanjut  Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat’ dengan beberapa sub tema antara lain  Wujudkan lanjut usia yang mandiri, maju dan sejahtera; Lanjut usia juara lahir dan batin; Semua lanjut usia adalah orang tua kita; dan Lanjut usia sehat dan berdaya menuju terwujudnya masyarakat sehat. Tema dan sub tema itu mengandung makna bahwa negara memiliki perhatian pentingnya mewujudkan lanjut usia mandiri, sejahtera dan bermartabat sebagaimana tertuang dalam Strategi Nasional (Stranas) Kelanjutusiaan. Ada lima strategi yang dikembangkan dalam Stranas, yakni pembangunan masyarakat dan sumberdaya manusia (SDM) kelanjutusiaan; penguatan institusi pelaksana kelanjutusiaan; peningkatan perlindungan sosial, jaminan pendapatan dan kapasitas individu; peningkatan derajat kesehatan lanjut usia; perlindungan, pemenuhan dan penghormatan terhadap hak lanjut usia. Tema dan sub tema di atas, juga sangat sejalan dengan nilai utama gerakan revolusi mental, yakni integritas, etos kerja dan gotong royong. (pmk)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...atan-hlun-2019

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Kemenko PMK Mulai Bahas Persiapan Peringatan HLUN 2019 Jalur Ganda KA Cigombong-Cicurug Selesai Akhir 2019

- Kemenko PMK Mulai Bahas Persiapan Peringatan HLUN 2019 Netralitas dan Penegakan Disiplin ASN Kunci Sukses Pemilu 2019

- Kemenko PMK Mulai Bahas Persiapan Peringatan HLUN 2019 KPU Laporkan 3 Akun Medsos Penyebar Video Hoaks Server

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di