alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Saf Salat Campur di Kampanye Prabowo, PBNU: Itu Nggak Boleh, Haram
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caabec66df23122720089e0/saf-salat-campur-di-kampanye-prabowo-pbnu-itu-nggak-boleh-haram

Saf Salat Campur di Kampanye Prabowo, PBNU: Itu Nggak Boleh, Haram

Saf Salat Campur di Kampanye Prabowo, PBNU: Itu Nggak Boleh, Haram

Jakarta -  Ada salat dengan saf yang campur antara jemaah laki-laki dan perempuan saat kampanye akbar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Gelora Bung Karno (GBK) kemarin. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengatakan di mana pun lokasi salat safnya tidak boleh bercampur laki-laki dan perempuan.

"Dimana-mana orang salat itu nggak boleh campur (laki-laki dan perempuan) safnya, nggak boleh, haram," kata Wasekjen PBNU Masduki Baidlowi saat dihubungi wartawan, Minggu (7/4/2019).

Ia mengatakan ibadah salat merupakan sarana umat Islam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena itu, tak boleh melanggar apa yang menjadi larangan Allah SWT, salah satunya berkumpul dengan lawan jenis saat melaksanakan salat

"Karena tujuan salat itukan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tujuan mendekatkan diri maka harus dihindari hal-hal yang menyebabkan kita terlibat dalam hukum yang justru menjauhkan diri kita kepada Allah SWT. Apa yang menjauhkan? Ya hal-hal yang tidak bolehnya, wong kita ini mau mendekatkan diri kepada Allah dalam melakukan kewajiban itukan hal yang harus dihindari adalah larangannya. Larangannya tidak boleh berkumpul laki-laki dan perempuan," ujar dia.

Ia pun menggarisbawahi salat dengan posisi saf tercampur itu dipebolehkan asal dalam 'kondisi darurat' saat melaksanakan hal yang wajib. Ia kemudian mencontohkan kondisi darurat saat melaksanakan kewajiban yakni pada saat di Padang Arafah dan lempar jumrah ketika melakukan ibadah haji.

"Ketika itu prosesi wajib tapi ini kan kampanye, itu wajib nggak datang? Karean itu kan nggak wajib terus kalau doa salat bercampur laki-laki dan perempuan lalu gimana hukumnya kan gitu. Kalau menurut kami nggak boleh jadi itu salatnya harus diatur sedemikian rupa dari awal, karena itu akan lama dan mengharuskan kondisi di mana harus melakukan salat wajib jadi harus diatur saf nya," ucap Masduki.


Ketua Umum GNPF-U Yusuf Muhammad Martak sudah memberi penjelasan terkait bercampurnya jemaah laki-laki dan perempuan dalam satu saf. Dia menegaskan tak ada unsur kesengajaan mencampurkan lelaki dan perempuan dalam satu saf salat. Karena kondisi massa yang padat, ada perempuan yang salat di dekat lelaki meski tak bersebelahan. Lokasi kampanye di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Cuma saya tidak tahu di dalam keadaan yang sudah darurat, karena sudah padatnya umat seperti kejadian seperti, ya contoh, seperti di Masjidil Haram, kadang-kadang itu berdekatan, hampir bersebelahan walaupun tidak bersenggolan ya. Sifatnya darurat tapi tidak ada setting saf salat itu, itu hal yang tidak mungkinlah karena kepanitiaannya juga dari kita juga ngerti semualah," kata Yusuf Martak.


Komen TS

monaslimin ya bebas lah. ngapain semua pada usil. monaslimin itu lebih Islam ketimbang Islam itu sendiri. kalau gak paham aliran monaslimin dan gak termasuk ke dalam jama'ah monaslimin, gak usah ikut campur. emoticon-Mad
Diubah oleh munarmansh
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
monaslimin, apa siy yang haram dan gak boleh oleh mereka emoticon-Embarrassment

sholat campur campur shafnya dan ngadep kiblatnya pada serampangan, ada yang kiblat, ada yang ngadep tengah lapangan, semua dibolehin kok buat mereka emoticon-Embarrassment
Demi dunia aherat kesempatan terakhir.... apapun dilakukan... NOW OR NEVER....
saiya liat potonya kok malah mikirnya
suami, istri 1, istri 2, istri 3 dan istri 4.
Sudah tanya ke mazhab Imam Besar Indonesia belum? Jangan2 antum fada fakai mazhab imfor..
Manusia berjanji namun belum ditepati, disebut ingkar janji


Jokowi janji belum ditepati, disebut hoax

#Prabowo membawa perubahan pada bahasa indonesia



Prabowo mempermasalahkan kasus penganiayaan ratna, prabowo disebut bela rakyat

Prabowo ketipu kasus ratna, prabowo disebut korban

Prabowo minta maaf, Prabowo disebut ksatria




begitu banyak prabowo bawa perubahan dalam kehidupan sosial dan budaya indonesia


NEXT islam dibawah grup monaslimin akankah mengikuti perubahan sang pencerah?


gue apreasiasi setiap orang bodoh yang memilih pemimpin bod...
Now or never... All out.. meski tabrak aturan sana sini..
emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
cuma di sini
sewaktu solat ied itu banyak looh kalo solat ied di lapangan, shaf campur karena saking penuh nya dan gak kebagian tempat emoticon-Big Grin

Keliatan gak pernah ke masjidil haram atau solat ied berjamaah emoticon-Big Grin

Terus apakah solat nya batal? yaa tidak

“Jumhurul ulama selain berpendapat; jika perempuan berdiri di shaf laki-laki maka shalatnya orang yang ada di sebelahnya tidak batal, begitu juga shalat orang yang ada di belakangnya. Karena itu adanya shaf perempuan yang sempurna tidak bisa menghalangi mengikutinya orang laki-laki yang ada di belakangnya. Dan tidak batal shalat orang yang ada di depan perempuan, begitu juga shalatnya perempuan. Hal ini sebagaimana ia berdiri pada selain shalat” (Wahbah az-Zuhaili, al-Fiqh al-Islamiy wa Adillatuhu, Damaskus-Dar al-Fikr, cet ke-4, edisi revisi, juz, 2, h. 402).
Yang make cadar itu jidat ga kena tempat sujud ya?
nih agama paling diskriminatif terhadap perempuan
Balasan post kasparov161
Quote:


mari kita lihat situasi daruratnya seperti apa?...di masjidil haram tempat khusus wanita sdh disediakan, kondisi daruratnya ketika ada rombongan baru tiba mendekati waktu sholat & tdk ada tempat, itupun membentuk shaf terpisah & kelompok shaf sendiri, sholat id jg situasi darurat krn terlambat, panitia sdh menyediakan tempat khusus utk wanita...& situasi di masjidil haram & sholat id itu tujuannya sama...ibadah, lha mari kita lihat GBK...sebenarnya tujuannya ibadah atau kampanye politik? klo niat ibadah , masjid sekitaran senayan buanyak & besar2, bahkan kalo mau ke istiqlal dijamin muat...lalu mau diterapkan hukum daruratnya di mana? tidak ada masjid? tidak ada tempat?....guoblog lu khas nasbung emoticon-Imlek emoticon-Cendol Gan

Saf Salat Campur di Kampanye Prabowo, PBNU: Itu Nggak Boleh, Haram
Balasan post kasparov161
berarti, NU gak pernah ke masjidil haram dan gak pernah sholat ied berjamaah ya bre.
Balasan post kasparov161
Quote:


Gua dari bocah ampe sekarang kepala 3, dr dulu sholat ied di lapangan ga pernah di campur, lu sholat dimana yg campur,...... darurat... Lu ngerti darurat ga si emoticon-Big Grin
acara kampanye politik demi hal keduniaan kok di anggep darurat. ngaco.
emoticon-Leh Uga
Quote:


Mulai dah sok paling islamemoticon-Big Grin
Masjidil haram jgn dibahaslah ya
Sholat IED dimana tuh sampe campur2 ? waduh gw udh dari kecil sholat ied kg ada yg smpe campur sebelahan gtu mau di ibukota or kmrn gw sholat ied di jateng

Kata si martak darurat ?
Darurat tai ledik model kampanye gtu lebih baik ganti2anlah
Diubah oleh camo87
Balasan post sireeris
emoticon-Leh Uga itu die, susah klo ngomong sama umat monaslimin mah, punya ulamak-ulamakan sendiri, fiqh sendiri, bahkan nabi sendiri...si wowok emoticon-Leh Uga emoticon-Imlek
wes to pokoknya boleh emoticon-Marah


mau mashok sorga nggak emoticon-Marah
buat...grombolan sarap agama mah hukumnya yg haram jadi halal.....auto surga mau dilawan.
Diubah oleh jurumudi75
Quote:


Quote:
|

susah om belajar ilmu AGAMA cuma dari youtube atau google, ga pernah baca kitab aslinya gmn yah gini.
tuh gw bold, itu buat negesin boleh, tapi harus ada pembatasnya, ga campur kanan kiri juga, dan klo campur kanan kiri, sah sholatnya, tapi sholat jamaahnya tidak sah.
mazhab hanafi, syafi'i dll, bilang tidak sah,

BEGO jangan kelewat batas bawa-bawa agamanya, malu.

Quote:


Toleransi..

Umat monaslimin itu bukan islam..

Menjiplak islam namun beda banget
- kitan suci nya bernama FIKSI
- WATU ULO SEBUTAN BUAT YG DI SEMBAH
- nabi Hulaihi.
- tawaf haji di monas
- hari besar nya angka togel

Jadi yg ngak paham sering disamakan dengan islam.

shalatnya ya seperti itu..
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di