alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Survei: H-12 Pencoblosan, Jokowi Masih Ungguli Prabowo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caabc43c9518b448a54157a/survei-h-12-pencoblosan-jokowi-masih-ungguli-prabowo

Survei: H-12 Pencoblosan, Jokowi Masih Ungguli Prabowo

Survei: H-12 Pencoblosan, Jokowi Masih Ungguli Prabowo

Merdeka.com - Gelaran pemilihan presiden (Pilpres) 2019 telah memasuki babak akhir. Dalam empat bulan, selisih elektabilitas antara kedua pasangan calon (paslon) semakin menipis, seiring turunnya elektabilitas Jokowi dan peningkatan elektabilitas Prabowo.

Meskipun demikian paslon Jokowi-Ma'ruf masih unggul jauh dengan perbedaan elektabilitas sebesar 20,3 persen. Berdasarkan hasil survei Y-Publica, elektabilitas Jokowi mencapai 53,1 persen, sedangkan Prabowo 32,8 persen.

"Meskipun elektabilitas terus meningkat, sangat sulit bagi Prabowo-Sandi untuk mengalahkan Jokowi-Ma'ruf, bahkan jika berhasil meraup seluruh suara undecided voter sebanyak 14,1 persen," kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono, Jumat (5/4).

Menurut Rudi, turunnya elektabilitas Jokowi berkorelasi dengan penurunan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan. Kepuasan terhadap calon presiden (capres) petahana Jokowi terus mengalami penurunan, hingga sebesar 69,2 persen.

"Masa kampanye yang panjang menjadi ajang bagi kubu oposisi untuk melancarkan kritik terhadap kelemahan petahana," jelasnya.

Figur Jokowi dan Prabowo masih menjadi faktor utama yang mendongkrak elektabilitas dua partai politik (utama) pengusung paslon.

Dengan elektabilitas 26,5 persen, PDIP diprediksi memenangkan pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2019. Gerindra menyusul sebagai runner up dengan elektabilitas 14,3 persen. PDIP dan Gerindra bersama dengan Golkar, PKB, dan Demokrat menempati posisi lima besar parpol yang diprediksi lolos ambang batas parlemen.

"Yang menarik, parpol-parpol nasionalis mengalami pelemahan elektabilitas dalam 1-3 bulan terakhir, hanya PKB yang cenderung naik," lanjut Rudi.

Elektabilitas Golkar mencapai 8,6 persen, PKB 7,8 persen, dan Demokrat 5,2 persen. Sebaliknya, parpol-parpol papan tengah cenderung meningkat elektabilitasnya, kecuali PPP dan Perindo. Nasdem memimpin dengan elektabilitas 3,9 persen, diikuti PKS 3,8 persen, PSI 3,6 persen, dan PAN 3,3 persen.

"PPP (2,8 persen) tampaknya terpengaruh penangkapan ketua umum Romahurmuzy, sedangkan Perindo (1,8 persen) masih berpeluang lolos threshold," ujarnya.

Pada papan bawah adalah parpol-parpol yang diprediksi tidak lolos ambang batas. Hanura mengalami penurunan elektabilitas paling tajam, hingga tersisa 0,9 persen. Lainnya adalah PBB (0,8 persen), Berkarya (0,6 persen), PKPI (0,5 persen), dan Garuda (0,4 persen).

"Masih ada sebanyak 15,1 persen menyatakan belum memutuskan atau tidak menjawab," pungkas Rudi.

Y-Publica melakukan survei nasional berbasis dapil dalam periode akhir Januari hingga bulan Maret 2019. Temuan survei merupakan agregat dari 54 dapil dengan jumlah keseluruhan responden mencapai 43.200 orang.

Metode survei adalah multistage random sampling (acak bertingkat) di setiap dapil dengan margin of error 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut adalah hasil lengkap elektabilitas partai politik:

PDIP: 26,5 persen
Gerindra: 14,3 persen
Golkar: 8,6 persen
PKB: 7,8 persen
Demokrat: 5,2 persen
Nasdem: 3,9 persen
PKS: 3,8 persen
PSI: 3,6 persen
PAN: 3,3 persen
PPP: 2,8 persen
Perindo: 1,8 persen
Hanura: 0,9 persen
PBB: 0,8 persen
Berkarya: 0,6 persen
PKPI: 0,5 persen
Garuda: 0,4 persen
Belum memutuskan/Tidak jawab: 15,1 persen

https://www.merdeka.com/politik/surv...i-prabowo.html

Kampret siap2 stress wkwkwkwkwkw
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pertanda gawat ini alam wok emoticon-Berduka (S)
17 april......

And the winner is.........You know la Survei: H-12 Pencoblosan, Jokowi Masih Ungguli Prabowo
gw yakin wowok tidak MENANG

emoticon-Angkat Beer
Siap2 kali ini jumlah truk akan menjadi 20 emoticon-Belgia emoticon-Belgia

Survei: H-12 Pencoblosan, Jokowi Masih Ungguli Prabowo
ada yg makin kalap kah?
yg blum gajian hrp di minta sblum 17 april

emoticon-Cool

nunggu foto onta2 d gbk kmaren..
emoticon-Cool
Ana kagak fercaya survey2..emoticon-Cool
Gimana Wowo dan pendukungnya ngga panik?? 2014 mereka sampe 47%.. Sekarang udah bentar lagi mau nyoblos ngga naek2 suaranya... Kemana sisa suara mereka??
Let's sinking PKS once and for all emoticon-Angkat Beer
Quote:


dulu ada sebagian orang nyoblos prabowo karena faktor ahok kader gerindra, sekarang ahok udah tdk dukung prabowo, jadi suara prabowo lebih rendah daripada thn 2014
Balasan post budakdelusi
Makanya mereka panik dan bertanya2 sekarang ini.. Kenapa banyak yang swing voter udah deket masa pencoblosan.. Kalo JKW dari hasil 2014 memang sekitar 53%.

Apalagi swing voter yang 14-20% itu konon kebanyakan kaum urban dan milenial..

Masalahnya kaum urban dan milenial mana mau disamain sama kampret.. Coba liat aja kampret2 di medsos yang kalo ngomong bawa2 Tuhan tapi komentarnya kasar dan kotor, anak milenial sama anak kota mana mau disamain sama mereka.
Balasan post beyoungcarerock
Trus dirubah jadi kontainer, pas dibawa ternyata tupperware emoticon-Ngakak
Quote:


dulu 2014 wowo mainny ga radikal bgt bw2 rizieq ,HTI dll
skrg gara2 menang lwn ahok di 2017 jd dibawa2 pdhl indonesia beda ama jkt
lgsg suara non muslim yg tdny malas ama maaruf jd balik ke 01 krn ada rizieq dan HTI di 02
non muslim tu 15-20%
swing itu mayoritas bakal 01 sebagian golput, knp? krn kampret2 militan tp militan goblok
nyebar2 hoax, hina2 sana sini smbil bawa Tuhan/agama jdny munafik
itu yg bikin suara wowo makin jatuh slain hoax ratna dan blunder pas debat
yg swing itu sbnrny ud nentuin pilihan tp ud malas ngmg politik drpd ribut ama kampret emoticon-Big Grin
Lima tahun yg lalu ada Nowela
2019 ini nanti akan ada siapa ya emoticon-Big Grin
Quote:


Betul...

emoticon-Shakehand2

Di kota besar kaya Jakarta sekarang jadi tabu untuk ngomongin siapa yang dipilih, karena males ribut kayanya. Tapi setelah ane pancing dan bilang ane coblos 01 baru ngaku nyoblos 01 juga...
kampret wajib pake kage bunshin sebanyak2nya
Quote:


Kita nantikan stand up comedy berikutnya emoticon-Argentina
Quote:


Pd murtad ke sebelah gan...


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di