alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hai Pebisnis, Begini Cara Membuat Surat Tagihan ke Pelanggan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caabc0f5cf6c46e260ae240/hai-pebisnis-begini-cara-membuat-surat-tagihan-ke-pelanggan

Hai Pebisnis, Begini Cara Membuat Surat Tagihan ke Pelanggan!

Hai Pebisnis, Begini Cara Membuat Surat Tagihan ke Pelanggan!




Cara Membuat Surat Tagihan- Ketika pelanggan kamu berhutang, kamu harus memberikan dia Invoice secara berkala. Hal tersebut dilakukan agar pelanggan kamu tidak lupa ketika harus menunaikan kewajibannya sebagai seorang pembeli. 

Namun, dalam beberapa kasus, ada saja pelanggan yang membandel atau pura-pura lupa. Lantas, apa yang harus kamu lakukan?

Para pengusaha yang telah lama menggeluti bidang tersebut, biasanya akan mengirimkan surat tagihan kepada para pelanggan yang membandel tersebut. Dalam konteks lain, surat penagihan tersebut bisa juga dikatakan sebagai surat hutang karena memang fungsinya sebagai 'alat' penagih. Namun, bagaimana cara membuat dokumen tertulis tanpa menyinggung hati pelanggan?

Perasaan tidak enak selalu menjadi 'hantu' bagi para pengusaha yang hendak mengirimkan surat hutang kepada pelanggan. Akan tetapi, jika surat tersebut tidak diberikan, hutang bisa menjadi momok tersendiri bagi Laporan Keuangan bisnis yang kamu geluti. Di dalam artikel ini, kami akan memberikan kamu informasi bagaimana cara membuat surat tagihan yang sopan.


Secara umum, Surat Tagihan merupakan dokumen tertulis yang digunakan kepada para pelanggan untuk membayarkan hutangnya. Tujuan dari penagihan ini adalah untuk mendapatkan pembayaran lebih cepat dari waktu jatuh tempo atau menghindari 'kecurangan' dari pelanggan membandel yang hendak kabur dari masa pembayaran.

Biasanya, Surat Penagihan ini dikirimkan sebelum jatuh tempo dari cicilan pembayaran ataupun beberapa hari setelah tenggat pembayaran berakhir. Dalam menulis surat ini, kamu diwajibkan untuk membuat sesuatu yang persuasif tanpa menyinggung perasaan dari pembeli. Sebab, mungkin saja ada alasan kenapa mereka telat melakukan pembayaran, semisal sakit dll.

Dalam membuat Surat Hutang kepada pelanggan, kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Atau, kamu bisa juga mencantumkan poin-poin di bawah ini ke dalam surat yang nantinya akan diberikan kepada mereka. Poin-poin yang dimaksud adalah:

1. Kepastian belum membayar tunggakan, lihat dari buku Laporan Keuangan.
2. Jumlah Invoice tunggakan yang telah dikirimkan ke pelanggan.
3. Berikan penjelasan mengenai jatuh tempo yang sudah terlewat.
4. Tambah waktu jatuh tempo, sekitar 1 atau 2 minggu dengan harapan tagihan sudah dilunasi.


Contohnya seperti yang tertera di bawah ini.


Hai Pebisnis, Begini Cara Membuat Surat Tagihan ke Pelanggan!



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di