alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
Perspektif Sederhana Untuk Tidak Golput
4.33 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caab7554601cf2e3876bc32/perspektif-sederhana-untuk-tidak-golput

Perspektif Sederhana Untuk Tidak Golput

Perspektif Sederhana Untuk Tidak Golput

*

Sebelum punya hak untuk memilih, saya udah tau duluan istilah 'golput'. Yap, golongan putih dalam versi saya pada saat masih polos itu sesuai dengan makna 'golongan putih' versi Wiro Sableng--tokoh superhero Indonesia favorit saya sejak kecil.

Menurut saya dan juga menurut Wiro, golongan putih itu golongan baik, golongan yang menegakkan kebenaran. Mereka rival sejatinya golongan hitam--golongab yang selalu melakukan kejahatan.

Namun, untuk politik Indonesia, golput adalah istilah yang umum dikaitkan dengan angka partisipasi penggunaan hak pilih dalam pemilu. Sederhananya, golput adalah hak pilih yang tak terpakai.

Menilik sejarah, istilah golput di Indonesia muncul menjelang pemilu 1971 yang diadakan pada 5 Juli 1971 yang merupakan pemilu pertama di masa orde baru. Peserta pemilu pada waktu itu mengerut dibandingkan peserta demokrasi sebelumnya pada 1955 (masa orde lama).

Golput pada masa itu adalah bentuk protes baik terhadap sistem ataupun alternatif pilihan yang dipandang tidak ada yang kredibel untuk dipilih. Bahasa kasarnya, para calon legislatif dan eksekutif itu tidak ada yang layak dipilih.

Berdasarkan pengamatan saya sendiri, rekan-rekan sejawat saya tidak sedikit yang memilih golput, padahal mereka adalah mahasiswa, golongan yang mampu berpikir cerdas, generasi penerus yang harusnya memberikan kontribusi lebih pada negara.

Jika melihat data, dana yang dialokasikan pemerintah pada pemilu 2019 tidak main-main, yakni Rp. 27,4 Triliun. Dana itu bukanlah berasal dari pemerintah semata, melainkan dari pajak-pajak atau pendapatan negara yang tentunya berasal rakyat sendiri.

Jika memilih golput? Anda rugi sekali, negara juga, dan Anda adalah bagian dari negara.

Jika alasan Anda golput karena merasa tidak ada yang layak, Anda keliru, karena pada dasarnya memang tidak ada yang sempurna di antara semua calon. Mereka memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Tapi, saya sekali lagi selalu berpikiran positif. Saya menggunakan premis politik "memilih yang terbaik di antara yang terburuk". Dalam perspektif premis tersebut artinya memang tak ada satu pun calon yang sempurna. Karena itu, seolah memilih terbaik dari yang terburuk lebih utama ketimbang golput, memilih adalah bagian mengurangi risiko terburuk.

Saya pun juga bukan pendukung berat semua calon, saya netral saja, tapi memilih untuk golput alias tidak memilih itu rugi banget.

Berpartisipasi dalam pemilu ini adalah salah satu wujud kecintaan kita pada negara. Kita ingin yang terbaik untuk Indonesia, kita ingin agar Indonesia menjadi lebih baik, bersih dari korupsi.

Anda golput karena tak tau siapa yang mau dipilih? Naudzubillah min dzalik.

Jikalaupun begitu, mulai hari ini Anda harus meng-update semua informasi tentang calon, masih tersisa beberapa hari bagi Anda untuk menentukan pilihan, dan jangan pernah berpikir untuk golput.

Jikalaupun lagi Anda masih ngotot untuk golput, maka dengan senyum manis, saya akan memberikan Anda sebuah kutipan paling terkenal dari John F. Kennedy --presiden Amerika Serikat ke-35.


"Jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu, tapi apa yang kamu berikan pada negara"


Nah, setelah melakukan proses perenungan dan semedi selama beberapa menit, masih ngotot juga untuk golput? Rugi banget Anda.


*

Referensi:

Wikipedia.com
Kompas.com
Diubah oleh mbakendut
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Moga lolos mbak ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰
wiro sableng dah gak kepakek ๐Ÿ˜†
Quote:


Hehe, semoga, Mbak๐Ÿ™‚
Quote:


Haha, iya. Versi golputnya Wiro Sableng beda sama versinya politik
Quote:


Ini udah lolos dek?
Quote:


Belum, Kak. Baru aja aku post kan๐Ÿ˜…
Quote:


Semoga lolos dek
Diubah oleh masnukho
Quote:


Semoga, Amin Kak๐Ÿ™๐Ÿ™‚
Quote:


Aaamiiin yarobal Allamin. Semangat
Aslinya ya rugi kalau sampai golput, semoga dipermudah proses mencoblosnya, yang penting ada KTP bisa nyoblos enak tuh. Kan tiap KTP ada identitasnya. Atau masih belum berfungsi KTPnya dengan benar?
Quote:


Bisa jadi KTP-nya udah abis masa๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
pokoknya ga boleh golput๐Ÿ˜
Quote:


Nah๐Ÿ˜‰
Quote:


Satu suara, sangat berarti menentukan masa depan bangsa๐Ÿ˜€
Quote:


Betul sekali. Jangan ngaku cinta Indonesia kalo golput๐Ÿ˜‰
Quote:


Yuupp...
Kalo mau bangsa kita ada perbaikan keadaan, harus mau berusaha dan salah satunya adalah berpartisipasi dalam pemilu.
Pokoknya 'Say No to golput' ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
persetan dgn pemilu, gw sdh beli tiket utk vacation trip mulai tgl 16

yg lain pada sibuk nyoblos gw happy2 berlibur

ga peduli sapa pemerintahnya, mau kanan atau kiri ora urus, yg penting ada kerjaan, ada duit, semua kebutuhan terpenuhi emoticon-army
Quote:


emoticon-Big Kiss
Quote:


Berlibur di mana, btw? ๐Ÿ˜…
ga ngaruh, Golput is My Way emoticon-Cool

kecuali capresnya Vladimir Vladimirovich Putin emoticon-Cool
Halaman 1 dari 3


GDP Network
Beritagar โ€ข Bolalob โ€ข Garasi โ€ข Historia โ€ข IESPL โ€ข Kincir โ€ข Kurio โ€ข Opini โ€ข Womantalk
ยฉ 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di