alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Prabowo akan Beri Pensiun ke Koruptor, ICW: Sikap Toleran Tak Kurangi Korupsi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caa9d0bd4397266c966d07a/prabowo-akan-beri-pensiun-ke-koruptor-icw-sikap-toleran-tak-kurangi-korupsi

Prabowo akan Beri Pensiun ke Koruptor, ICW: Sikap Toleran Tak Kurangi Korupsi

Prabowo akan Beri Pensiun ke Koruptor, ICW: Sikap Toleran Tak Kurangi Korupsi

Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) heran dengan sikap toleran Capres Prabowo Subianto yang akan memberi kesempatan bertobat dan memberi pensiun bagi para koruptor. Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz menilai sikap toleran yang dimiliki Prabowo itu justru tidak akan mengurangi prilaku korupsi di negeri ini.

"Sikap toleran kayak begitu justru tidak akan mengurangi perilaku korupsi. Justru koruptor itu adalah dihukum badannya dan disita asetnya. Kok malah memaafkan kayak begitu," ujar Donal saat dihubungi, Minggu (7/4/2019).

Donal melanjutkan, pemberantasan korupsi di Indonesia sudah ada tataran dan aturannya yang tertera dalam undang-undang. Ada akibat hukum yang akan diberikan kepada para koruptor, salah satunya disita asetnya disiksa badannya.


"Sehingga justru itu (sikap toleran memberi koruptor pensiun) bertentangan dengan semangat yang sudah dibangun selama ini, bahwa pemberantasan korupsi itu menghukum badan pelakunya dan kemudian merampas atau menyita asetnya. Nah konsep kayak begitu bertentangan dengan desain pemberantasan korupsi di dalam undang-undang 31 tahun 1999 yang kemudian menghukum badan, merampas aset pelaku kejahatan korupsi itu, bukan justru menafkahinya dalam bentuk uang (pensiun), apalah begitu seperti bahasa dia (Prabowo)," kata Donal.

Menurut Donal, masalah tobat adalah urusan pribadi masing-masing koruptor. Ketika undang-undang sudah mengatur mekanisme hukuman untuk koruptor, maka tidak ada mekanisme tobat dalam undang-undang.

"Kalau taubat itu kan mekanisme urusan dia dengan Tuhan, jadi menurut saya mekanisme taubat seperti apa? Menurut saya masih terlalu kabur tawaran seperti itu. Justru harusnya dikongkretkan saja seperti memperkuat KPK, kemudian melakukan pembersian di sisi penegak hukum, kepolisian, kejaksaaan, itu menurut saya lebih tegas dan lebih kongkret, daripada konsep-konsep yang masih menerawang dan akan menimbulkan perdebatan," imbuhnya.

Baca juga: Prabowo Tawarkan Dana Pensiun untuk Koruptor yang Tobat

Donal pun meminta Prabowo untuk lebih kongkret dalam memaksimalkan konsep pemberantasan korupsi yang sudah ada di negara ini. Hal ini lebih baik daripada memberi tawaran yang masih kosepnya masih kabur seperti memberi dana pensiun bagi koruptor.

"Definisi taubat itu membingungkan. Definisi taubat seperti apa yang dimaksud. Jadi ketika ada kasus korupsi diproses secara hukum, kemudian pelaku dipidana, aset dirampas, menurut saya itu justru lebih efektif daripada tawaran-tawaran lain yang belum teruji dan apalagi tidak diterapkan di banyak negara," jelasnya.

Sebelumnya, dalam pidatonya di GBK, Prabowo sempat mengatakan akan meminta para koruptor bertobat dan mengembalikan uang negara. Koruptor juga akan diberi dana pensiun.

"Kita akan panggil koruptor-koruptor itu, kita akan minta mereka taubat dan sadar kembalikan lah uang-uang yang kau (koruptor) curi, ya boleh kita sisikan sedikit lah, boleh nggak? Ya untuk dia pensiun, berapa, Kita tinggalin berapa," ujar Prabowo dalam pidatonya di GBK, Minggu (7/4). (nvl/ibh)

https://m.detik.com/news/berita/d-45...153.1546787926

Korupsi adalah oli pembangunan
Kalau korupsinya ga seberapa, ya gpp.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Jokowi beri gaji ke pencari kerja

Dgn syarat mesti ikut program BLK

Lah ini?

Maling dikasih duit?

emoticon-Cape d...
gw curiga dia punya kenalan jaga2 kalo ketangkep, biasanya keras kalo ngomong korup ini melempem.

5 persen, 3 persen ndasmuemoticon-Leh Uga
korupsi ga seberapa kan gak masalah
ini sudah ada klarifikasi dr bpn belom.
klo belom ada tambahan klarifikasi ya belom sah berarti
ndasmu wok..
udah sadar kroninya bakalan korupsi besar2an
Balasan post putrie.tidoer
Saya rasa kroni-kroni di kubu Prabowo sudah banyak yang korupsi emoticon-Big Grin
Diubah oleh stingshoot555
gpp.....

sapa tau bisa tobat....

semua berhak mendapatkan kesempatan.....



tobat lalu menegakkan ke khilafahan bersama.....

emoticon-Recommended Seller







emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Tipu2 lg wo
Quote:


Di kubu pakde juga banyak yg korupsi om

Cuma si prbw ini parah kebangetan manjain koruptor emoticon-Nohope

Prinsipnya kalo korupsinya ga seberapa ya gpp emoticon-Nohope


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di