alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caa7d39b41d304c2818f241/5-alasan-kenapa-sesekali-kamu-harus-mengikuti-suara-hati

5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati

5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati

Sejatinya, kita selalu dihadapkan dengan berbagai keputusan setiap hari. Mulai bangun tidur saja kamu sudah dihadapkan pada beberapa keputusan kecil seperti mau mandi atau sarapan dulu, kalau sarapan mau makan apa dan sebagainya. Nah, sadarkah kamu kalau dalam membuat keputusan sehari-hari kita selalu dihadapkan pada dua pilihan yaitu memutuskan berdasarkan logika atau dengan perasaan.

Kalau kamu tipe dominan logika atau perasaan nih? Nah, cukup banyak orang yang memilih untuk memutuskan segala sesuatu berdasarkan logika saja karena lebih masuk akal dan bisa diperkirakan. Sah-sah saja kok, namun pada artikel ini kita akan membahas kenapa sih sesekali kita harus mengikuti suara hati sendiri. Makin penasaran kan? Kita simak dulu yuk!


1. Karena kamu adalah manusia yang punya logika sekaligus perasaan
5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati
Ingat, manusia bukanlah robot yang memutuskan segala sesuatu berdasarkan logika semata. Memang untuk hal-hal rasional diperlukan kemampuan berpikir untuk memutuskan dan memecahkan masalah. Tetapi, kamu sendiri tahu bahwa kehidupan ini begitu kompleks sehingga kamu tidak bisa mengabaikan yang namanya perasaan.

Nah, suara hati bisa jadi perasaan terdalam diri yang ingin didengar dan diekspresikan. Jadi, karena manusia memiliki logika sekaligus perasaan maka tentu saja sesekali kamu harus mengikuti suara hatimu sendiri. Tentunya juga disesuaikan dengan situasi dan kondisimu ya, apakah sudah saatnya mendengarkan suara hati atau tidak, kamu sendirilah yang paling tahu selaku pemilik suara hati.


2. Suara hati bisa jadi merupakan intuisi yang sedang bekerja
5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati
Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang istilah intuisi? Kalau belum, intuisi ini sederhananya semacam kemampuan yang kita miliki untuk memahami sesuatu tanpa penalaran dahulu. Sebenarnya nih, kita semua sudah punya yang namanya intuisi. Ada yang tajam, ada yang tidak dan bagi yang tidak tajam bisa jadi karena kamu tidak mempercayai intuisimu sama sekali.

Lalu, darimana datangnya intuisi ini? Kalau menurut beberapa penelitian, intuisi ini berasal dari pikiran bawah sadar kamu dimana mungkin saja kamu sudah pernah mengalami pengalaman serupa sehingga tanpa berpikir panjang, intuisi dalam bentuk suara hati juga sering membantumu dalam membuat keputusan.

Intuisi ini sering kita samakan dengan feeling dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, apakah benar-benar sama? Well, sebenarnya tidak sama lho walaupun serupa. Tetapi, intinya adalah pada saat tertentu kamu bisa kok mengandalkan intuisimu yang terwujud dalam suara hati yang ingin berbicara padamu.


3. Suara hati juga membantumu menentukan soal baik dan buruk
5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati
Suara hati paling murni yang ada dalam dirimu adalah suara yang berasal dari hati nurani. Sebagai manusia, kita pasti punya yang namanya hati nurani. Hati nurani bisa kita ibaratkan seperti kompas bagi manusia agar mampu menentukan arah kehidupan yang berlandaskan berdasarkan kebaikan dan moralitas.

Saat ada hal yang tidak sesuai dengan prinsip kebaikan dan moralitas, maka suara dari hati nurani sendiri yang keluar memperingatkan kita. Jadi, suara hati yang kamu dengar bisa jadi bukan hanya intuisi saja melainkan wujud dari hati nuranimu yang sedang berbicara padamu. Jadi, pada saat yang tepat biarkan suara hatimu yang berbicara ya.


4. Suara dari hati nurani yang paling mungkin menuntunmu pada kebahagiaan dan harus kamu pegang teguh
5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati
Berbicara soal kebahagiaan ini seolah tidak ada habisnya, maka salah satu hal paling penting yang harus kamu ingat adalah mendengar suara hati nuranimu sendiri ya. Kenapa hati nurani? Ya, suara hati kita bisa bermacam-macam tetapi yang paling mungkin menuntun kita pada kebahagiaan sejati adalah dengan mendengarkan suara hati nurani.

Hati nurani hanya berisi tentang kebaikan, moralitas dan hal-hal yang patut dilakukan manusia, sehingga tidak akan menyesatkanmu pada hal-hal yang buruk. Jadi, disinilah tugasmu untuk melatih diri agar mampu mendengar suara hati yang murni dan bersih, yakni hati nurani kita sendiri.


5. Ketika kamu yakin pada suara hati yang bersih, maka tidak ada penyesalan yang kamu rasakan
5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati
Sehebat apapun logika manusia, tetap saja ada batasnya. Tidak semua hal bisa kamu logikakan, saat hal itu terjadi maka suara hati yang murni dan bersihlah yang berbicara. Jadi, ketika kamu mau berpikir rasional sekaligus mendengar suara hati yang murni, maka tidak ada lagi penyesalan lagi kalau-kalau keputusanmu ternyata tidak sesuai harapan. Toh, selalu ada pembelajaran dari setiap kesalahan dan kegagalan.

Akhir kata, logika dan perasaan memang tidak bisa dipisahkan sama sekali. Keduanya sudah seharusnya seimbang, dengan demikian kamu tahu kapan saat harus menggunakan logika dan kapan waktunya kamu harus mendengar suara hati. Dengan begitu, tak ada salahnya bukan kalau sesekali mendengar suara hati di saat yang tepat? Semoga bermanfaat!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati 5 Tanda Kita Sudah Tuntas Mencintai Diri Apa Adanya, Cari Tahu Yuk!

- 5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati Dikenal Malas, Ternyata 6 Kutipan Nobita buat Hidupmu Lebih Semangat

- 5 Alasan Kenapa Sesekali Kamu Harus Mengikuti Suara Hati Dianggap Absurd, 5 Pesan Moral Dijjah Yelloww Ini Bisa Jadi Panutan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di