alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lewat Surat, SBY Tak Setuju Konsep Kampanye Akbar Prabowo - Sandi Reporter: Budiarti
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caa24daf4d6953fb56b385f/lewat-surat-sby-tak-setuju-konsep-kampanye-akbar-prabowo---sandi-reporter-budiarti

Lewat Surat, SBY Tak Setuju Konsep Kampanye Akbar Prabowo - Sandi Reporter: Budiarti

Lewat Surat, SBY Tak Setuju Konsep Kampanye Akbar Prabowo - Sandi

Reporter: Budiarti Utami Putri
Editor: Syailendra Persada
7 April 2019 09:14 WIB
6K06K


TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menulis surat untuk tiga pejabat teras partainya, yakni Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsudin, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan, dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

Baca: Pidato Kampanye Akbar, Prabowo Sindir Kartu Sakti Jokowi

Surat bertanggal 6 April itu ditulis dari National University Hospital, Singapura. Tempo mendapatkan salinan surat itu dari dua pejabat teras partai berlambang bintang mercy tersebut. Ketika dikonfirmasi, Hinca membenarkan surat tersebut. "Itu terbatas di internal kami," kata dia, Ahad, 7 April 2019.

Dalam suratnya, SBY mengaku mendapat informasi ihwal tampilan kampanye akbar pasangan calon yang diusung Demokrat, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno Sabtu sore.


"Karena menurut saya apa yang akan dilakukan dalam kampanye akbar di GBK tersebut tidak lazim dan tidak mencerminkan kampanye nasional yang inklusif, melalui sejumlah unsur pimpinan Partai Demokrat saya meminta konfirmasi apakah berita yang saya dengar itu benar," tulis SBY.

SBY mengaku, malam harinya dia mendapat kepastian bahwa informasi tersebut benar. Dia berujar konfirmasi itu diperoleh dari pihak lingkaran dalam Prabowo.

SBY pun meminta kepada Amir Syamsudin, Syarief Hasan, dan Hinca Pandjaitan agar memberikan saran kepada Prabowo. SBY meminta agar memastikan beberapa hal dalam kampanye Prabowo. Pertama, SBY meminta agar kampanye tetap mengusung inklusifitas, kebhinnekaan, kemajemukan, dan persatuan, serta kesatuan "Indonesia untuk Semua".

"Cegah demonstrasi apalagi show of force identitas, baik yang berbasiskan agama, etnis serta kedaerahan, maupun yang bernuasa ideologi, paham dan polarisasi politik yang ekstrem," kata SBY.

SBY mengatakan siapa pun presiden terpilih nantinya akan menjadi pemimpin bagi seluruh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, SBY mengingatkan, kampanye nasional pun harus dikemas dengan mengusung prinsip "Semua untuk Semua". Dia mengatakan presiden yang mengusung prinsip tersebut akan menjadi pemimpin yang kokoh.

Sebaliknya, kata SBY, pemimpin yang mengedepankan identitas atau gemar menghadapkan identitas yang satu dengan yang lain, yang menarik garis tebal "kawan dan lawan" untuk rakyat, hampir pasti akan menjadi pemimpin yang rapuh.

"Bahkan sejak awal sebenarnya dia tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin bangsa. Saya sangat yakin, paling tidak berharap, tidak ada pemikiran seperti itu (sekecil apapun) pada diri Pak Jokowi dan Pak Prabowo," kata SBY.

SBY mengaku tak suka rakyat Indonesia dibelah sebagai pro-Pancasila dan pro-kilafah. SBY mengatakan, jika polarisasi semacam ini dibangun dalam kampanye, dia khawatir bangsa Indonesia benar-benar terbelah ke dalam dua kubu yang berhadapan dan bermusuhan selamanya. Mengungkit kampanye pemilihan presiden yang dilakukan Demokrat pada 2004, 2009, dan 2014, SBY mengatakan masih banyak cara berkampanye lainnya.

"Saya pikir masih banyak narasi kampanye yang cerdas dan mendidik," ucapnya. "Bangsa kita sangat majemuk. Kemajemukan itu disatu sisi berkah, tetapi disisi lain musibah. Jangan bermain api, terbakar nanti."

SBY lantas menyinggung bagaimana selama ini Prabowo diidentikkan dengan khilafah, sedangkan calon presiden inkumben Joko Widodo dituding komunis. SBY mengatakan narasi semacam ini tidak tepat, gegabah, dan menyesatkan.

"Sejak awal harusnya narasi seperti ini tidak dipilih. Tetapi sudah terlambat. Kalau mau, masih ada waktu untuk menghentikannya," ujarnya.

Dia menyambung, ketimbang rakyat dibakar sikap dan emosinya untuk saling membenci dan bermusuhan lantaran perbedaan pilihan politik, lebih baik mereka diberi tahu ihwal apa yang akan dilakukan Jokowi atau Prabowo jika terpilih menjadi presiden. Dia berpesan agar benturan identitas dan ideologi yang kelewat keras dan membahayakan ditinggalkan.

ADVERTISEMENT

"Gantilah dengan platform, visi, misi dan solusi. Tentu dengan bahasa yang mudah dimegerti rakyat. Sepanjang masa kampanye, bukan hanya pada saat debat saja," tulis SBY.

Di akhir suratnya, SBY mengatakan tulisan itu dibuat saat putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sedang terbang dari Singapura menuju Jakarta. Kendati sudah menyerahkan urusan kampanye kepada AHY yang menjabat sebagai Ketua Komando Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat, SBY tetap merasa perlu bersuara perihal ini.

"Demikian Pak Amir, Pak Syarief dan Pak Hinca pesan dan harapan saya. Partai Demokrat harus tetap menjadi bagian dari solusi, dan bukan masalah. Selamat berjuang, Tuhan beserta kita," tutup SBY.

Kampanye akbar Prabowo - Sandiaga ini diawali dengan salat subuh, munajat bersama, dan sejumlah tausiah yang disampaikan beberapa ulama. Ada pula perwakilan tokoh agama lain yang menyampaikan sambutan dan doa singkat.

Simak juga: Prabowo - Sandi Salat Berjamaah Menjelang Kampanye Akbar di GBK

Sebelumnya, pimpinan Front Pembela Islam Indonesia Rizieq Shihab juga disebut bakal menyampaikan orasi dalam kampanye akbar ini. Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif mengatakan Rizieq akan berbicara melalui telekonferensi dari Mekkah, Arab Saudi, sebelum Prabowo berorasi.

https://pilpres.tempo.co/read/119316...-prabowo-sandi

Mana bisa baca pak..

Wowok tetep napsu dirikan khilafuck..
pokoknya jokowi kudu pki..
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
mau kampanye apa lagi???? prestasi??? pengalaman??? program..???? ga ada pak... sekarang yan bisanya hanya ini
Kampanyenya koplak penuh hujatan .. yg tragis sholatnya menghadap halim slipi manggarai kemayoran dll.. parah beud ustadnya
beye ngapa yak? emoticon-Bingung
Lewat Surat, SBY Tak Setuju Konsep Kampanye Akbar Prabowo - Sandi Reporter: Budiarti
Lewat Surat, SBY Tak Setuju Konsep Kampanye Akbar Prabowo - Sandi Reporter: Budiarti
Jadi salut gw sama SBY tp kok bs ada makhluk kaya andi arief sama ferdinan jd kaki tangan dy ya emoticon-Bingung

Belajar dr kasus ahok nih si kuda goblok meraih kekuasaan dgn mendompleng agama dan kaum mabok candu partai sampah sodom dan pedofil.
Quote:

Jgn terlena dl gan,dlm politik maen 2 kaki udh biasa
Kudu gmn?? Suka2 wowo lah. Fia yg mau jd presiden.. klo lu mau dukung sukur gak dukung jg bodo amat..


Iye kan wo?!
Udah mendingan keg nya dari post power syndrome

SBY dulu aman2 aja menjarain HRS sama ustadz pedopil dulu
hmm? ribut ga tuh? emoticon-Bingung
Orang pertama dari kubu sebrang yg bakal ngucapin selamat atas kemenangan jkw ya sikebo ini..
Mau gabung buat mulusin jalan ahy menuju ri1 ato minimal ri2 di 2024.
hutahean aa rg bakal di plester mulutanya sama sikebo kayak roysukro


Iris konthol nasbung kalo gw salah
Diubah oleh revolushit.29
cuma ini senjatanya om wowo.
mau gimana lagi donk
Ummm nganu gan

Budiarti tu siapanya binarti?
emoticon-Bingung (S)
SBY ini basic nya ilmu militer. secara strategi doi udh tau kubu kuda lumping udh keteteran.
SBY ini sebenernya main aman, cuma krn doi kaga akur aja sama "penguasa banteng", jadi terpaksa jadi oposisi.

Btw, cakeplah surat yg dia tulis. msh ada org waras walau kadang2 nyebelin emoticon-Bingung
parobocor mah bodo amat lah, ntar juga nyungsep kemakan ambisinya sendiri
Quote:


Ngeselin bgd muka yg ngingetin nya, klo jdi Wowo, gw tabok tu...
Hebat jg ilustrasi nya, bkin ekspresi nya ngena
Akhirnya gue paham trik licin politik ala SBY. Ini toh yg dia incar.

Selama ini rasanya aneh kenapa dia dukung Prabowo. Rupanya ini yg dia incar. Jadi orang ketiga yg menyatukan, seakan dia yg akan menyatukan rakyat yg pecah.

Trik yg licin, dgn cara ini dia bisa dapat simpatik dr banyak org, dan trik ini buat perbaiki Citra Demokrat. Sayangnya trik ini hanya dia yg tahu dan dilakukan sendiri, jadinya anak buahnya yg bloon gak tahu2, dan malah bikin banyak kasus. Klo gak efek ini pasti lebih dahsyat.

Klo mau di blg siapa politikus paling cerdas dan licin, kayaknya SBY nih, yg lain suka panasnan dan emosi ceplas ceplos, kalau ni org, seperti bayangan.

Wkwkwk,, gobloknya Prabowo dikibuli Mulu.
Pak beye, masih jaman kah surat2an?
Mending video call pak, atau bapaknya masih nungguin istri...
SBY cerdas,tapii apakah dish ini akan memasukan beliau ke pressure test?kita liat nanti hasilnyaa emoticon-Ngakak
Diubah oleh ryukanzen89
kapal oleng kapten emoticon-Big Grin

koalisi civil war emoticon-Big Grin
Balasan post sfast
arahnya begitu
terus terang aja sudah makin banyak rakyat yang muak, dengan konflik kampret - cebong, jadi dia mau jadi penengah disitu

tp ente bener, anak buahnya terlalu goblokkkkk !!!
apalagi si sempak merah

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di