alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengapa Tune Up Mobil Itu Wajib? Begini Penjelasannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caa18c282d49569895a58ef/mengapa-tune-up-mobil-itu-wajib-begini-penjelasannya

Mengapa Tune Up Mobil Itu Wajib? Begini Penjelasannya

Siapapun yang memiliki mobil pasti tak asing dengan tulisan tune up di setiap bengkel yang dihampirinya. Tapi sebenarnya, apa Sahabat tau maksud dari tune up itu apa? Nah, tune up sendiri merupakan perawatan mesin ringan pada mobil yang bertujuan untuk mengembalikan performa mesin mobil yang sudah dianggap kendor hingga bisa kembali dalam kondisi prima lagi.

Biasanya perawatan tune up ini kerap memang dilakukan oleh pemilik mobil bila usia mobilnya sudah berusia di atas 5-10 tahun. Hal tersebut terbilang wajar, mengingat umur pemakaian mobil yang membuat mesin mobil jadi wajib mendapatkan penyegaran agar kondisinya tetap selalu sehat dan prima. Lalu, kapan sih sebenarnya waktu yang ideal dan tepat untuk melakukan tune up pada mobil?

Mengapa Tune Up Mobil Itu Wajib? Begini Penjelasannya

Jika berpatokan kepada jarak tempuh sebuah mobil, maka jarak yang ideal untuk melakukan tune up pada mobil adalah ketika mobil sudah melebihi 5-6 ribu km. Tune up yang dilakukan pun meliputi pemeriksaaan busi mobil, pompa besin, segala sistem kelistrikan pada mobil, saringan udara, saringan bensin, hingga throttle body.

Tetapi, kalau Sahabat lebih suka berpatokan pada waktu, Sahabat bisa menggunakan waktu 3-5 bulan sekali melakukan tune up pada mobil, terlebih lagi bila mobil terbiasa digunakan sehari-hari. Selain itu, sebaiknya tune up mobil ini juga dilakukan secara rutin setiap tahunnya, karena dengan melakukan tune up secara rutin, makan mesin mobil juga akan lebih terawat bila dibandingkan dengan mesin mobil yang kurang teratur melakukan tune up.

Selain kedua cara di atas, ada pula indikator lain jika Sahabat akan melakukan tune up. Yaitu bisa dengan berpatokan menggunakan indikasi saat mesin mobil sudah mulai bergetar ataupun saat kesulitan menyalakan mobil. Biasanya, mobil yang sudah sulit di starter terdapat beberapa gejala kerusakan. Nah, sebelum makin menyebar, Sahabat pun harus segera melakukan tune up pada mobilmu terlebih dulu.

Sebenarnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tune up pada mobil pun tergantung dari setiap bengkel. Karena setiap bengkel memiliki tarif yang berbeda-beda dengan klasifikasi kendaraan yang juga dibedakan. Yang jelas, bila umur mobilmu sudah lebih dari 5 tahun, kamu harus siap sedia untuk menyisihkan uang sebagai biaya rutin tune up mobilmu.

5 Tanda-tanda Mobil Butuh Tune Up

Sebelum kondisi mobil menjadi parah, Sahabat perlu mengetahuin tanda-tanda wajib bila mobil sudah harus di Tune Up. Melansir dari laman showroom mobil, berikut 5 tanda yang perlu Sahabat ketahui : 

 1. Service Saat Menempuh 5.000 Km

Sama halnya dengan mengganti oli, akan lebih baik jika tune up dilakukan setiap menempuh jarak 5.000 km. Tak hanya dapat mengembalikan semua fungsi mesin, namun tune up ini juga menjadi upaya agar menjaga kondisi mobil tetap awet. Sahabat bisa melakukan tune up 3 bulan sekali atau berbarengan ketika melakukan service rutin.

2. Suara Mesin Kasar

Jika Sahabat mendengarkan suara mesin mobil yang berubah menjadi kasar seperti menggerung ketika baru saja dinyalakan bahkan hingga mobil dijalankan. Maka menjadi tanda-tanda mobil butuh tune up yang harus Sahabat perhatikan. Jangan menunda lagi dan segera bawa mobil ke bengkel untuk segera melakukan tune up yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Jika Sahabat membiarkannya terlalu lama malah hal ini akan menyebabkan kerusakan pada mesin.

3. Mobil Sulit Dinyalakan

Ketika mobil sulit sekali dinyalakan maka penyebab starter mobil lemah mungkin saja dikarenakan pengaturan pada mesin mobil. Jika hal ini sudah terjadi maka segera lakukan tune up agar mobil dapat kembali lagi ke kondisi normalnya.

4. Mobil Bergetar

Penyebab mobil bergetar tak hanya disebabkan karena mobil yang belum melakukan spooring atau balancing, namun penyebab lainnya bisa dikarenakan mobil yang sudah seharunys melakukan tune up. Sehingga jika kondisi mobil sudah sampai seperti ini, maka segera lakukan tindakan tune up agar tidak memperparah keadaan.

5. Peforma Gas Melambat

Saat peforma gas menjadi melambat, dapat disebabkan karena mobil yang memang sudah seharusnya melakukan tune up. Jika kondisi peforma gas menjadi melambat maka tentu saja tarikan mesin menjadi melambat dan membuat mobil sulit untuk dipacu.

Setelah Sahabat melakukan tune up mobil hingga selesai dan mesin dinyalakan, maka perhatikan kembali semua komponen-komponen mesin apakah sudah terpasang kembali di posisi semula. Jika semua komponen sudah terpasang kembali, maka cobalah untuk menghidupkan mesin kembali pada putaran stasioner selama beberapa menit.

Selama mesin berputar, maka cobalah untuk mendengarkan bunyi mesin sambil menaikkan putaran mesin perlahan. Jangan lupa pula untuk memperhatikan getaran hingga asap knalpot mobil. Jika memang Sahabat yakin tidak ada masalah lagi dan semuanya berjalan normal, maka proses tune up selesai. Lakukan tune up secara rutin sehingga kondisi mesin terjaga dan mobil tidak boros bahan bakar.

Sumber : Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
emang perawatan mobil itu yang utama gan, apalagi mobil matic kudu sering sering ke bengkel biat awet. 5000 km menurut ane udah cukup
Balasan post 3676222
Quote:


Setuju nih sama agan. Yang namanya punya mobil ataupun barang lain memang harus di jaga dan di rawat ya. Biar pada saat kita pakai kita juga ngerasa nyaman dan aman emoticon-Jempol
jgn lupa service cleaning injector per 10k km hehe
Balasan post squall88
Quote:


Makasih buat info tambahannya gan emoticon-shakehand
emang wajib pak
Balasan post pabloo
Quote:


Iya gan biar performa mobil kita juga terjaga emoticon-thumbsup
kalo mobil jarang dipake banget hanya sebulan sekali misalnya apa harus tune up mobil juga? Apa ada indikator khusus buat mobil yg jarang dipakai?
Balasan post ariefwildanh
Quote:


Sejujurnya ane gak begitu tahu kalo kondisinya kaya gini gan, tapi kalo batas minimum kilometernya udah kesentuh, menurut ane si tetep butuh buat di tune up ya gan biar performa mobil tetep ke jaga. Itu si kalo menurut ane gan, mungkin suhu disini ada yang lebih tahu emoticon-Smilie


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di