alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
Ane dan Gan Sis Golput, Emang Ada Yang Rugi?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca9ef67facb952e8665ba7d/ane-dan-gan-sis-golput-emang-ada-yang-rugi

Ane dan Gan Sis Golput, Emang Ada Yang Rugi?

Ane dan Gan Sis Golput, Emang Ada Yang Rugi?

Apa kabar gan sis semua?. Baik nggak nih? Semoga aja semua baik. Ane balik lagi gan sis dengan sebuah thread yang menurut ane temanya bagus. Mengenai Golongan Putih alias Golput yang turut meramaikan pesta demokrasi di negara kita.. Yuk disimak thread ane gan sis emoticon-Traveller

Ane dan Gan Sis Golput, Emang Ada Yang Rugi?


    

Pesta demokrasi sebentar lagi akan terlaksana, kurang lebih 2 minggu lagi kita semua yang memiliki hak untuk memilih berbondong – bondong ke TPS untuk menyalurkan suara kita. Namun menjelang hari pemilihan, muncul yang namanya golongan putih yang disingkat golput. ada yang golput karena tidak berkesampatan untuk memilih dan ada yang memang tidak berniat untuk memilih. ane yakin ada gan sis yang ingin golput di pesta demokrasi tahun ini. Tak bermaksud menggurui karena ane juga masih pemula, tapi golput merugikan banyak pihak loh gan sis. nggak percaya? Mari disimak gan sis.

Menjadi golput adalah pilihan setiap orang, tapi dibalik pilihan tersebut banyak alasan yang menyertainya. Di Pemilu 2014 lalu jumlah golput kurang lebih sekitar 57 Juta Pemilih(Sumber). Sangat tinggi dan menjadi pekerjaan rumah Komisi Pemilihan Umum untuk meningkatkan partisipasi pemilih termasuk pemilih pemula yang baru pertama kali merasakan memilih sendiri calon pemimpin di negaranya.

Dari pengamatan ane, berbagai cara dilakukan Komisi Pemilihan Umum untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dari mengundang artis – artis untuk menghibur masyarakat (tentunya dengan menyisipkan info – info mengenai Pemilihan Umum di sela – sela acara), merekrut relawan demokrasi, memasang baliho di sudut – sudut jalan strategis guna mengedukasi calon pemilih.

Sadar atau tidak, golput dapat merugikan beberapa pihak loh gan sis. dari pandang ane yang masih newbie ini yang pertama merugi yaitu pemerintah sih. Tak sedikit dana yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan pesta demokrasi sebesar ini. Dari data yang ane dapat dari sini, anggaran pemilu tahun ini sekitar 24,9 Triliun. Salah satu anggaran tersebut yaitu mencetak surat suara, jika gan sis golput maka otomatis negara rugi dong mencetak surat suara untuk gan sis apalagi kertas tersebut tidak dapat digunakan dua kali karena belum tentu yang namanya tertera di kertas surat suara akan ikut lagi di pemilihan umum selanjutnya.

Pihak yang dirugikan selanjutnya adalah partai politik dan politisi itu sendiri. Mereka juga mengeluarkan uang banyak untuk mengembangkan partai mereka terutama sumber daya manusia para politisi mereka yang akan bertarung menuju gedung dewan. Belum lagi dana untuk sosialisasi yang bisa dibilang besar juga, contohnya saja salah satu partai yang mengeluarkan dana sebesar 102 Milyar Rupiah (Sumber). Belum lagi politisinya yang pasti mengeluarkan uang banyak terutama caleg yang berambisi untuk duduk menjadi anggota dewan (bahkan ada yang melakukan politik uang untuk memuluskan jalannya kesana). Jika gan sis golput, bisa – bisa mereka jadi gila loh karena tidak terpilih menjadi anggota dewan, mereka menuggu suara gan sis.

Itu sih pemikiran ane mengenai pihak – pihak yang bisa dirugikan jika gan sis golput. Saran ane sih jangan golput, mari buktikan partisipasi kita dalam membangun Indonesia. Jangan lupa untuk datang ke TPS 17 April 2019, apapun pilihanmu kita tetap Indonesia. Jangan golput yahhh emoticon-I Love Indonesia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di