alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Media Prancis Buktikan Kabar Erdogan Dukung Prabowo Adalah Hoax Belaka
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca9ef2f8d94d0737f7cd90e/media-prancis-buktikan-kabar-erdogan-dukung-prabowo-adalah-hoax-belaka

Media Prancis Buktikan Kabar Erdogan Dukung Prabowo Adalah Hoax Belaka

Media Prancis Buktikan Kabar Erdogan Dukung Prabowo Adalah Hoax Belaka

Jakarta - Media asal Prancis, Agence France-Presse (AFP), menelusuri kabar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. AFP membuktikan kabar yang tersebar via gambar di internet itu adalah salah.

Dilansir AFP Fact Check, Minggu (7/4/2019), judul laporan pengecekan fakta sudah sangat jelas, yakni, "Bukan. Gambar ini tidak menunjukkan pemimpin Turki Erdogan menyatakan dukungan untuk capres oposisi Indonesia di Pilpres."

Tulisan itu menimpa foto Erdogan yang sedang tersenyum sambil mengangkat tangan kanan, menunjukkan salam dua jari dengan telunjuk dan jempol terangkat, gestur khas pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Di sudut kanan ada tulisan Prabowo-Sandi, dan di sudut kiri ada tanda tangan dan nama terang Erdogan.

"Sebuah gambar telah dibagikan ribuan kali di Facebook dengan tujuan untuk menunjukkan dukungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk capres Indonesia Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno," tulis AFP.

Informasi klaim dukungan Erdogan untuk Prabowo Sandi adalah salah. Gambar Erdogan yang mengacungkan salam dua jari Prabowo-Sandi merupakan hasil pemalsuan dari foto asli Sandiaga Uno yang sedang duduk di sebuah pesawat.

Unggahan Facebook yang menampilkan Erdogan itu dipublikasikan pada 28 Maret 2019 dan telah dibagikan sebanyak 9.400 kali. Akun Revi Sukma yang mengunggah gambar itu menyertakan tulisan, "Prabowo-Sandi dinanti dunia."

Pencarian Google reverse image dan pencarian lewat kata kunci tertentu telah menyingkap gambar palsu ini. Gambar ini diambil dari gambar asli yang diunggah anggota DPR dari Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya pada 2 Februari 2019 di akun Instagramnya. Gambar aslinya adalah foto berwarna, menampilkan Sandiaga dan Harsya duduk bersebelahan dalam pesawat, dan keduanya mengacungkan salam dua jari dengan tangan kanan.

Media Prancis Buktikan Kabar Erdogan Dukung Prabowo Adalah Hoax Belaka

Dalam gambar menyesatkan yang dibagikan di Facebook, wajah Erdogan telah ditempelkan ke foto badan Sandiaga di foto aslinya. Kemudian, foto berwarna itu diubah menjadi hitam dan putih. Nampak gelang warna putih Sandiaga tak berubah meski wajah Sandiaga telah diganti dengan wajah Erdogan. Kaus yang dikenakan Sandiaga juga tetap sama, yakni bernomor 02 di pundak. Nomor itu adalah nomor urut capres Prabowo-Sandiaga.


Ada tulisan "PhotoGrid" di pojok kanan bawah. Itu adalah nama aplikasi penyunting foto. PhotoGrid, sebagaimana deskripsi yang tertera di Google Play, adalah aplikasi yang digunakan untuk senang-senang dan hasilnya bisa dibagikan di media sosial.

Pencarian di Google dengan kata kunci "Erdogan" menuntun pada gambar asli wajah Erdogan yang digunakan sebagai 'bahan mentah' gambar sesat itu. Gambar asli Erdogan berasal dari foto terbitan majalah Forbes, namun gambar itu telah dipotong, diputar, dan dibikin hitam-putih. Namun sedikit jambul Sandiaga masih bisa terlihat di balik kepala Erdogan yang ditempelkan di gambar palsu itu.


Komen TS

alamaaakkkkk... poto erdogan juga digunakan untuk membuat berita hoax. emoticon-Cape d...
Diubah oleh munarmansh
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
yang percaya aja yang bodoh emoticon-Leh Uga
kampret go internasional
trit ketigax ini.
nunggu klarifikasi bpn dulu
fans 02 isinya pabrik hoax nasional
Hmmm hmm hmm
anjir cuma gitu doang asing sampe turun tangan emoticon-Ngakak
Quote:


Asing udah downgrade sampe level nasbung kampet emoticon-Leh Uga
Hoax nya go international
Dan gw yakin, nasbung malah bangga hoax nya sampe internasional
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
capres Hoax
erdogan alumnus 212
baguslah kalo dukung 02 ..artinya kemenangan semakin tak terbendung lagi
Diubah oleh crotafterespon
Gestur 2 jari model kayak gitu universal, ngapain pake lu klaim segala emoticon-Blue Guy Bata (L)
dukung betulan malah bikin muak aja apalagi hoax 😈😈😈
Balasan post Talbis

Speechless dah sama AFP. Mau dibilang lugu ga mungkin, dikata bego juga ga mungkin. Anak SD di Indonesia jg tau, kalo keluaran nasbung pasti hoax. Ngapain jg pake investigasi segala.
salfok sama translate, prabowo password...
Kampret memang bedebah.
Erdogan beneran dukung wowokpun emang ngaruh?,,, Terus gue jd dukung wowok juga gitu?


Ga ngaruh taukkkkk


Dasar PKS guoblooog


emoticon-Ngakak
Quote:


Bukan masalah gesturnya yg dimasalahin gan, tp itu aslinya si wan bango yg di edit ama nasbung kampret jd wajahnya erdogan..emoticon-Ngakak

Tololnya smpe internesyienel nih nasbung, besok diangkat jadi mentri sotosob divisi hoax..emoticon-Betty
Yg buat palingan kader par tai kunyuk sekali. Lu gak tau aje junjungan ente si erdogan istana mewah bgt. Muak gw org muslim digoblokin pake org yg pk topeng agama
hoax kampret melanglang buana

emoticon-Matabelo
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di