alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye Prabowo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca9d281dbf7646c927d304f/pks-bicara-ramai-soal-saf-salat-ada-yang-bercampur-di-kampanye-prabowo

PKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye Prabowo

PKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye Prabowo
Massa kampanye akbar Prabowo-Sandi salat subuh berjemaah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/4/2019) Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Massa pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membuat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) memutih sejak dini hari untuk kampanye akbar Pilpres 2019. Mereka memulai kegiatan itu dengan salat Subuh berjemaah di stadion bersejarah itu.

Namun, di balik gegap gempitanya acara itu, ada perkara lain yang menyita perhatian dan ramai dibincangkan di media sosial, khususnya Twitter. Yaitu soal kondisi saf (barisan) dalam salat itu yang tidak tertib dan ada yang bercampur antara perempuan dan laki-laki.

Seharusnya, dalam salat, saf pria berada paling depan, lalu di belakang saf perempuan. Tidak boleh bercampur pria dan wanita, serta tidak boleh berjarak di antara saf pria dan saf wanita.

PKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye Prabowo
Massa kampanye akbar Prabowo-Sandi salat subuh berjemaah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/4/2019) Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Merespons hal ini, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS sekaligus timses paslon 02, Hidayat Nur Wahid, yang juga jemaah salat Subuh, memberikan penjelasan. Menurutnya, saf salat sebetulnya sudah diatur oleh panitia.

"Saya tidak lihat persis karena saya ada di depan. Dan semua saf sudah diatur oleh panitia," kata Hidayat kepada kumparan, Minggu (7/4

Hidayat mengatakan, apabila mereka mengikuti tempat yang sudah disediakan panitia, tidak mungkin terjadi seperti itu. Ia menduga jemaah yang safnya bercampur itu karena sejak awal tidak tergabung dalam saf.

"Itu kan kejadiannya kemungkinan ya, orang-orang yang sudah duduk-duduk di kursi itu mereka enggak bisa ke tempat saf. Atau mereka terlanjur di situ kemudian di situ sudah penuh, mungkin kondisinya semacam itu," ungkap dia.

PKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye Prabowo
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Wakil Ketua MPR itu menambahkan, seharusnya jemaah menyesuaikan diri dengan aturan panitia dan ketetuan umum yang sudah berlaku. Pasalnya, panitia sudah menyediakan saf yang sudah lebih dari cukup.

"Jadi harusnya jemaah mengikuti aturan panitia kemudan mengikuti apa yang sudah dilakukan, ya tertiblah gitu," tutur dia.

"Yang jadi masalah mereka duduk di kursi kemudian penuh dan sudah azan. Padahal kalau sudah di saf enggak gitu," sambungnya.

Lalu apa pandangan Hidayat soal hukum apabila jemaah menyatu dalam Islam?

"Kalau itu ditanya ke Majelis Ulama deh," jawab dia.

KUMPARAN


Diubah oleh stingshoot555
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
org sholat jgn diributin ahhhh

emoticon-Cool

noh cari tw yg ddukung..... sholat apa kagak
Betul..tanya ke HRS atau Uno..Santri post milenial
Nyalahin jamaahnya
emoticon-Traveller
Harusnya diatur dulu shaf nya
Balasan post tim.hore.hore
Daripada kampanye ribut senggol bacok
kaum monaslimin 212 mah kalau mau sholat terserah dia aturannya mau gimana....
allah ga boleh protes kan allah cmn alat buat disuruh suruh
Udahlah ginian jangan dibahas, ya seharusnya ga boleh.
Tapi maklumin saja.
Balasan post magelys
cebok berjamaah.. gak kompak pula emoticon-Big Grin
suka2 mereka aja lah, aturan shalat aja bisa dirobah2 sesuai kemauan mereka
emoticon-Ngakak
Ia menduga jemaahyang safnya bercampur itu karena sejak awal tidak tergabung dalam saf.

apapun yg dikatakan pks bagi mereka benar. kaga usah protes emoticon-Recommended Seller kita mah manggut2 aja maklum generasi penurut emoticon-Leh Uga
gpp demi prabowo

emoticon-Ngakak
وَخَيْرُ صُفُوْفِ النسَاءِ آخِرُهَا

“Sebaik-baiknya shaf wanita (dalam shalat) adalah shaf paling belakang”


Alasan bahwa sebaik-baiknya shaf wanita adalah shaf yang paling belakang ialah karena shaf yang paling belakang itu adalah shaf yang paling jauh dari kaum pria, semakin jauh seorang wanita dari kaum pria maka semakin terjaga dan terpelihara kehormatannya, dan semakin jauh dari kecenderungan terhadap kemaksiatan.



Nasbung kampretos
menjaga kehormatan wanita aja gak mampu.
Menjijikkan.

emoticon-Smilie
PKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye Prabowo

PKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye Prabowo

PKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye PrabowoPKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye Prabowo
PKS Bicara Ramai soal Saf Salat Ada yang Bercampur di Kampanye Prabowo

ultimate PKS emoticon-EEK!
masa pak ustad mendadak gak ngerti agama? suruh tanya ke majelis ulama
خَيْرُ صُفُوفِ اَلرجَالِ أَولُهَا, وَشَرهَا آخِرُهَا, وَخَيْرُ صُفُوفِ اَلنسَاءِ آخِرُهَا, وَشَرهَا أَولُهَا -رَوَاهُ مُسْلِمٌ
“Sebaik-baiknya shaf laki-laki adalah yang shaf yang pertama, dan seburuk-buruknya shaf mereka adalah yang paling terakhir. Sedang sebaik-baiknya shaf perempuan adalah yang paling akhir, dan seburuk-buruknya adalah yang pertama” (H.R. Muslim)

....


Pake hadist shah
Shalatnya ngga sah emoticon-Smilie
eh jemaah monaslimin mashabnya beda sih

emoticon-Salaman
Mbuhlah....

Selalu ada alesan buat yg kayak gini....

emoticon-Big Grin
Letak otaknya pendukung 03 perlu dipertanyakan nih si babi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di