alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Film Indonesia /
[REVIEW] MANTAN MANTEN : FILOSOFIS!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca9be2668cc9546b0327b9b/review-mantan-manten--filosofis

[REVIEW] MANTAN MANTEN : FILOSOFIS!

Halo agan sista!
Di Thread pertama ini ane bakal nge-review film keluaran Visinema Pictures yang terbaru yang berjudul Mantan Manten. Enjoy! emoticon-Smilie *spoiler alert*

Spoiler for Mantan manten:



Setelah berhasil dengan film terdahulunya, Visinema Pictures kembali menghadirkan karya terbaru mereka yang berjudul Mantan Manten yang mulai tayang 4 April 2019 lalu. Dibintangi oleh Arifin Putra dan aktris cantik Atiqah Hasiholan serta beberapa aktor kawakan seperti Tio Pakusadewo dan Tutie Kirana mengusung tema percintaan dengan unsur adat Jawa yang kental.

Berawal dari Yasnina (Atiqah Hasiholan), seorang manajer investasi yang tengah berada di puncak kejayaan kariernya, dipersunting oleh kekasihnya, Surya (Arifin Putra). Semuanya tampak berjalan mulus. Hingga keesokan harinya semua berubah 180 derajat,  ia tersandung kasus investasi akibat ayah kekasihnya sendiri, Iskandar (Tio Pakusadewo), kekayaannya lenyap begitu saja, dan pernikahannya dengan Surya pun berada di ujung tanduk. Ia yang sedang berada di puncak kejayaan, harus terjatuh hingga titik nadir kehidupannya. Alih-alih memberikan bantuan, Surya justru sedang berada di Australia di hari dimana ia kehilangan semuanya. Satu-satunya harta yang tersisa adalah villa yang berada di Tawangmangu. Ia bertemu dengan seorang perias pengantin bernama Marjanti (Tutie Kirana). Mampukah harta kekayaan satu-satunya itu menyelamatkan hidup Yasnina dan mengangkat kariernya kembali? Ataukah justru membuatnya semakin terpuruk? Anda bisa temukan jawabannya setelah menonton film ini.

Film yang berdurasi sekitar 102 menit ini menyuguhkan kisah drama romansa yang dibalut dengan filosofi kehidupan dan budaya Jawa yang kental serta permasalahan kompleks yang cukup menarik. Namun, filosofi yang menjadi senjata utama film tersebut justru berbalik membuat penonton yang tidak mengerti adat Jawa menjadi bosan karena minimnya penjelasan filosofis mengenai adegan yang ditampilkan, seperti saat Yasnina harus melakukan puasa mutih. Sebagai orang Jawa tentu saya mengerti adat itu, namun kita tahu bahwa tidak semua orang, bahkan mungkin ada beberapa orang Jawa yang tidak mengetahui apa filosofi di balik puasa mutih itu. Pembangunan karakter dalam film ini pun terasa sangat singkat dan langsung menghadirkan permasalahan bahkan di paruh awal film, sehingga penonton kurang dapat membangun keterikatan emosional. Adegan-adegan di paruh akhir film sesungguhnya cukup menyayat hati, namun kembali pada pembangunan karakter yang kurang, semuanya itu terasa datar, bahkan adegan yang paling menyakitkan sekalipun. Disamping itu, saya dibuat bertanya-tanya, mengapa hampir separuh dari dialog film ini menggunakan bahasa Inggris? Mungkinkah mereka ingin menampilkan perbedaan antara gaya hidup di tengah ingar-bingar kota besar dengan kehidupan tradisional?


Terlepas dari kurangnya pembangunan karakter, akting Atiqah Hasiholan dan Arifin Putra patut diacungi jempol karena dapat membawa penonton larut dalam cerita lewat gerak dan mimik wajahnya yang ekspresif dalam setiap adegan yang ditampilkan. Terdapat beberapa adegan lucu nan menggelitik berkat kehadiran Dodit Mulyanto yang memberikan sensasi berbeda sepanjang film. Film ini menampilkan sisi lain dalam kehidupan serta sarat akan makna menyikapi dan menyelesaikan permasalahan dengan perspektif yang berbeda.

Film Mantan Manten adalah film drama romantik yang menghadirkan cerita penuh makna dan filosofi kehidupan serta perjuangan seorang wanita yang harus memulai kehidupannya kembali dari nol. Gambaran karakter Yasnina yang terasa sangat kuat berhasil dibawakan oleh Atiqah Hasiholan, serta karakter-karakter lain yang turut mendukung keberhasilan film ini.

SEKIAN GAN THREAD PERTAMA SEKALIGUS REVIEW ANE MENGENAI FILM INI, KALO ADA YANG KURANG KURANG, SILAHKAN DITAMBAH emoticon-Smilie



Spoiler for Bonus:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Suka film ini... emoticon-thumbsup


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di