alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PT. PERTAMINA HULU ENERGY "MENGHILANGKAN" BISNIS PERTAMINA DI BMG AUSTRALIA
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca99c398d9b173d3a6c5789/pt-pertamina-hulu-energy-quotmenghilangkanquot-bisnis-pertamina-di-bmg-australia

PT. PERTAMINA HULU ENERGY "MENGHILANGKAN" BISNIS PERTAMINA DI BMG AUSTRALIA


Pada sidang Ex. Direktur Utama Pertamina pada hari Kamis tanggal 4 April 2019, diakui bahwa PT. PHE anak perusahaan Pertamina Korporat telah melakukan impairment bisnis Pertamina Korporat atau Hak Kelola Pertamina di Blok BMG Australia hingga menjadi 0 (nol) atau tidak bernilai lagi. Entah bagaimana caranya PT. PHE Anak Perusahaan Pertamina Korporat melakukan impairment atau penurunan nilai hingga bernilai 0 atau Nol ?. Tentu saja secara akuntansi hal ini adalah SALAH, dikarenakan impairment hanya snap shot untuk kebutuhan laporan keuangan pada tahun itu dan tentunya harus memperhatikan "on going concern" kedepan. Apabila melihat kondisi atau aset migas di Blok BMG sangat tidak masuk akal PT. PHE melakukan impairment hingga memutuskan Participating Interest atau Hak kelola Pertamina di Blok BMG tidak mempunyai Nilai lagi. Diketahui bahwa Lapangan minyak Basker pernah berproduksi hingga 12 ribu bopd, dan Infonya di suspendnya Produksi lapangan minyak Basker hanya karena terjadi masalah di sumur Produksi. Sedangkan cadangan migas di bawah permukaan adalah tetap tidak berubah atau tidak terjadi penurunan besarnya cadangan. Diketahui selain terdapat Lapangan minyak Basker, di Blok BMG, terdapat temuan lapangan gas yang dalam tahap komersial dan terdapat banyak potensi eksplorasi atau cikal bakal lapangan minyak dan/atau gas baru di Blok BMG. Penurunan Nilai menjadi tidak bernilai lagi tentunya memberikan pertanyaan yang sangat besar ?padahal Kontrak Blok BMG di Australia tidak ada berakhirnya atau terminasinya.

Berita yang lebih mengagetkan lagi, PT. PHE tidak melakukan Penilaian kembali PI atau Bisnis Pertamina di Blok BMG pada tahun 2010, 2011 dan 2012. Benarkah PT. PHE menyalahi kewenangannya dengan menghapus atau menghilangkan bisnis Pertamina Persero yang operasional dan pengelolaanya telah dipercayakan kepada PT. PHE ?. Para saksi PT. PHE yang menjadi saksi dalam sidang hari Kamis itu, menyatakan TIDAK TAHU mengenai siapa yang memperintahkan dan yang bertanggung jawab TIDAK dimunculkannya lagi Bisnis atau Nilai Participating Interest Pertamina di Blok BMG pada tahun 2010, 2012 dan 2013.

Apakah PT. PHE telah menghilangkan Bisnis Pertamina di Blok BMG pada tahun 2009 ? Dan selanjutnya hanya formalitas minta ijin ke Pertamina korporat untuk divestasi atau withdrawal ?

AKUISISI TAHUN 2009

Diketahui bahwa Pertamina telah melakukan Akuisisi PI di Blok BMG 10% dengan harga 30 juta USD, harga ini tentu saja telah memperhatikan dan memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi di Blok BMG kedepan. Dengan analisa resiko, Pertamina telah memperhitungkan hasil due diligence dan "temuan" yang telah terjadi di Blok BMG serta memperhitungkan segala kemungkinan yang dapat terjadi di Blok BMG kedepan, termasuk Kemungkinan penurunan produksi lapangan minyak Basker. Dapat dikatakan bahwa apabila Pertamina tidak memperhitungkan produksi minyak lapangan minyak Basker yang kemungkinan turun kedepan, Pertamina HARUS mengeluarkan biaya 50 juta usd atau lebih untuk mendapatkan PI 10% di Blok BMG. Diketahui juga bahwa BPK telah melakukan audit Akuisisi Pertamina di Blok BMG dengan tidak ditemukan kerugian keuangan negara. Sudah jelas bahwa Akuisisi PI di Blok BMG pada tahun 2009 tidak mengakibatkan Kerugian Bisnis atau kerugian keuangan negara. PT. PHE Kemungkinan telah mengakibatkan kerugian bisnis atau kerugian keuangan negara.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tp KA Udh dipenjara dan ngefek ke jiwa sraya


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di