alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenristekdikti Sebut Gesits Mulai Diproduksi Juni
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca8f700a2d1952fd91c355f/kemenristekdikti-sebut-gesits-mulai-diproduksi-juni

Kemenristekdikti Sebut Gesits Mulai Diproduksi Juni

Kementerian Riset dan Teknologi Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menargetkan produksi motor listrik karya anak bangsa Gesits sebanyak 50 ribu unit. Produksi massal akan dimulai pada Juni 2019.

"Pada Juni 2019 akan mulai produksi 50 ribu unit. Kami mengantarkan startup ini sampai masuk industri," kata Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Retno Sumekar usai konferensi pers di kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat (5/4).

Gesits merupakan motor yang diproduksi PT Wijaya Manufakturing (WIMA), perusahaan konsorsium PT Gesits Technologies Indo (GTI) dengan anak perusahaan BUMN PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (PT WIKA).

Dalam riset dan pengembangannya, Gesits dirancang oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan mendapat bimbingan dari Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti. Kemenristekdikti mengalokasikan dana hibah riset sebesar Rp5 miliar untuk ITS.

Retno mengatakan Kemenristekdikti juga berperan untuk memperkenalkan prototipe awal Gesit kepada PT WIKA yang juga memproduksi komponen motor.

"WIKA itu bikin komponen kecil kecil-kecilnya kendaraan bermotor, yang disuplai ke manufaktur sepeda motor. Saya bilang Kenapa tidak bikin motor sendiri, kita punya teknologinya loh. Nah akhirnya dari situ berangkat (konsorsium)," ujar Retno.

Retno mengatakan Kemenristekdikti memang berperan fasilitator untuk mengawinkan startup dengan industri. Kemenristekdikti berperan sebagai 'mak comblang' untuk menyatukan kepentingan startup dan industri.

"Peran Kemenristekdikti memfasilitasi agar startup Gesits bisa diproduksi massal yang artinya harus digarap oleh industri besar. Fungsi kami memediasi kepentingan startup dan industri agar mendapatkan kesepakatan untuk bekerja sama," kata Retno.

Gesits akan diproduksi massal di pabrik perakitan yang berada di kawasan industri Wijaya Karya di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Pabrik perakitan itu mampu memproduksi 50.000 unit per tahun dan bisa ditingkatkan hingga 100.000 unit per tahun.

Sebelumnya Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkap rencana untuk mulai memasarkan kepada umum Gesits pada Januari 2019. Hal tersebut diungkapkan usai menghadiri diskusi di Kantor Gubernur Jatim di Surabaya, Kamis (21/11/2018). Namun hingga saat ini kegiatan produksi Gesits belum juga terdengar.

Pihak GTI rencananya ikut pamera IIMS 2019 yang berlangsung akhir bulan ini. GTI juga akan menyediakan fasilitas uji jalan untuk pengunjung yang penasaran dengan performanya.

sumber cnnindonesia.com : Kemenristekdikti Sebut Gesits Mulai Diproduksi Juni

terobosan bagus,
untuk persiapannya perlu waktu tidak sedikit untuk dimatangkan...
karena untuk suatu karya besar... tiada yang... "as soon as possible"

walau demikian, untuk semua pihak yg terlibat, patut diapresiasi dan didukung sepenuhnya, agar dapat terealisasi dg baik dan lebih cepat.

emoticon-I Love Indonesia (S)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
semoga akan yang ini setelah pemilu benaran terealisasi emoticon-I Love Indonesia
Mungkin menunggu regulasi tentang kendaraan listrik...
Kalian ini buta mata buta hati, tidak mau mengakui prestasi pak jokowi yang sukses melahirkan motor nasional Indonesia.

Jutaan Gesits sudah di ekspor ke berbagai belahan dunia.
Tidak percaya? Silakan liat begitu lakunya gesits di Inggris, Atlantis, Jepang, dan Amerika.

emoticon-Smilie
Balasan post fuckinghandsome
Quote:


Saya lebih baik pakai teknologi lama daripada kekayaan saya mengalir ke luar negeri (uhuk.. panama papers)
TTD
Penunggang kuda
Quote:


Kok ga dipenjara? emoticon-Smilie
Mumpung masih berkuasa lho, kalo bukti jelas sih emoticon-Traveller


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di