alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kampas Rem Motor dari Kemiri Karya Anak Bangsa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca8f39b9a972e50b35567f8/kampas-rem-motor-dari-kemiri-karya-anak-bangsa

Kampas Rem Motor dari Kemiri Karya Anak Bangsa

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang tergabung dalam tim Schneider yaitu Bio Discbrake berhasil mengembangkan kampas rem untuk sepeda motor dari kemiri.

Kampas rem merupakan komponen penting kendaraan bermotor. Peranti itu digunakan untuk menghalau laju kendaraan. Namun di balik fungsinya, kampas rem dianggap sebagai benda berbahaya karena bisa menimbulkan penyakit paru-paru.

Seorang peneliti yang juga merupakan anggota dari Tim Schneider, Winelda Mahfud Zaidan Haris menjelaskan kampas rem yang terbuat dari kulit kemiri ini lebih aman dibandingkan kampas rem konvensional berbahan asbestos.

"Karena itu memberikan efek negatif kepada si pemakai, maupun yang berada di lingkungan si pemakai. Jadi kalau dibandingkan dengan asbestos kita tidak yang pemakai pun bisa menyebabkan efek negatif seperti kanker paru-paru," kata Winelda kepada CNNTV.

Dari pengujian internal yang mereka lakukan kampas rem dari kulit kemiri itu dua kali lebih awet dibandingkan kampas konvensional berbahan asbestos. Komponen itu juga disebut bisa tahan pada suhu di atas 500 derajat selsius atau dua kali lipat di atas ketahanan kampas rem asbestos.

Klaim tim Schneider keunggulan kampas rem organik punya daya tahan lebih kuat dan ongkos produksi yang lebih murah.

Hasil karya anak bangsa ini meraih tiga penghargaan di ajang ke-22 Moscow International Salon of Inventions and Innovation Technologies 2019 di Moscow, Rusia mulai 26-29 Maret 2019.

"Perusahaan itu di bawah Universitas Sumatera Utara. Kenapa mereka tidak jual karena inovasi mereka hak mereka. Kalau bisa dipertahankan dan diproduksi sendiri itu kan lebih baik daripada menjual hasil inovasi mereka ke orang lain," ucap Wakil Rektor I USU, Prof. Rosmayati.

sumber cnnindonesia.com : Kampas Rem Motor dari Kemiri Karya Anak Bangsa

apresiasi karya anak bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)

apa tuh id kaskus nya? emoticon-Ngakak (S)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wadu wadu, ntar pas ngerem bau rendang yang ada laper lagi..
Wah keren nich, kalo kampas rem sudah mau habis pake kemiri emoticon-Hammer2
takutnya remnya numbuh cambang lebat emoticon-Leh Uga
inovasi haruslah yg memiliki nilau jual yg bagus. yg bisa diproduksi banyak, gampang diproduksi, berbiaya rendah. klo inovasi macam gini ampas. emg klo gitu terus tanam kemiri yg banyak gitu. habis berapa lahan buat sebiji kampas rem. paling jatuhnya jauh lebih mahal.

indonesia bangga bener klo denger kata inovasi tapi gk lihat dulu inovasi macam apa. inovasi batre dari nanas dari duren lah dari namec lah
Ga ada industri yg ga merugikan. Camkan itu. Kemiri ini cuma buat haha hihi.
Oakay..nanti akan di mass produk 15 tahun dr sekarang. Krn msh di hitung2 segala biaya2./strategi pemasaran. Dsb2.. Lalu tinggal kenangan. Btw. Ug penting ane pernah bangga ..... emoticon-Ngacir
tes drivenya gimana? durabilitynya gimana?
Quote:


Awas dikatain tidak menghargai karya anak bangsa gan
emoticon-Leh Uga

Tapi emang sih, kalo mw mass production harus layak secara ekonomi dulu. Trus kalo udah layak dicek lagi ketersediaan bahan bakunya.

Cuman ya emang hasil riset gak selalu langsung tembus ke tahap mass production. Sukur-sukur bisa jadi batu pijakan ke inovasi berikutnya yg lebih disempurnakan entah metodenya diganti atau pake bahan baku yg lain. Wartawan kita aja yg sering heboh gak jelas sama berita ginian.
emoticon-Leh Uga
klu gak bisa di mass produce ya buat apa
jadi inget kalajengking
semoga bisa ampe rilis ke pasar emoticon-thumbsup:

menurut ane ini bagus buat alternatif yg ramah lingkungan dan sustainable emoticon-Cool


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di