alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / UKM /
Butuh Dana Usaha? Cek ni 5 Crowdfunding Terbaik di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca8ef9310d2950a4c582a7e/butuh-dana-usaha-cek-ni-5-crowdfunding-terbaik-di-indonesia

[Sharing]Butuh Dana Usaha? Cek ni 5 Web Crowdfunding Pinjamam Terbaik di Indonesia

Hai...

Pernahkah Anda mendengar kata Crowdfounding? Ketika Anda membaca judul diatas?

Kalau belum, BicaraDigital ingin sedikit mengulas pengertian dari Crowdfounding.

Crowdfounding adalah proses pengumpulan dana untuk suatu proyek atau bisnis, sumber dananya berasal dari sejumlah besar orang (Crowd), pengumpulan dana (funding) diberi batas waktu tertentu, misalnya 60 – 120 hari. Proses pengumpulan dana dilakukan melalui platform situs online.

Berkat teknologi yang terus berkembang juga memicu anak muda Indonesia menjadi lebih kreatif memanfaatkan jaringan internet untuk membuat situs Crowdfunding yang bisa dimanfaatkan untuk Anda yang ingin membuat sebuah project atau bisnis tapi tidak memiliki modal.

Crowdfounding bisa menjadi pilihan bagi masyarakat di tengah sulitnya mencari akses pendanaan untuk modal usaha atau bisnis dari lembaga keuangan formal. Sistem crowdfounding ini tergolong dalam jenis fintech atau financial technology yang memungkinkan untuk menghimpun dana dari masyarakat luas untuk membiayai proyek tertentu.

Ok langsung saja BicaraDigital berikan rekomendasi 5 situs crowdfunding terbaik di Indonesia untuk mendapatkan dana dengan melalui platform situs .

1. Kolase.com

Kolase.com adalah situs crowdfunding pertama di Indonesia yang sudah mendanai lebih dari Rp1,2 miliar, 61 kolaborasi yang berhasil, serta 19.823 kolega yang bergabung.

Beragam kategori funding yang bisa dipilih diantaranya adalah

- Album
- Acara Live
- Konser Amal
- Video Music
- Buku
- Brand Extension
- Tur

Platform ini memiliki kelebihan karena saling menguntungkan di antara kedua belah pihak. Campaigner adalah orang yang membuat iklan untuk mencari pendanaan dan Booster adalah yang ikut mendanai serta mendukung creative planner iklan. Pemerintah, rekan dan pihak pendukukung platform ini diantaranya adalah Pesona Indonesia, PAPPRI, Bekraf, Sound recording industry association of Indonesia, Wahaha musik Indonesia.

Beberapa musisi yang sudah melakukan kolaborasi dan berhasil diantaranya, Tulus, Bioskop Hujan, Rooftop Cinema by Gerimis Bubar, Fourtwnty, Elephant Kind, Mocca, Dekat, dan beberapa musisi Tanah Air lainnya. Anda bisa mendaftar melalui link web untuk membuat kampanye mencari dana.

2. Akseleran.com

Akseleran merupakan situs peer-to-peer (P2P) lending platform, yang memiliki dua menu utama yaitu Beri Pinjaman yaitu Anda bergabung sebagai orang yang memberi pinjaman dan Ajukan Pinjaman sebagai orang yang ingin mendapatkan dana pinjaman dana. Platform ini bisa menjadi alternatif sebagai tempat pinjaman usaha yang fleksibel sesuai kebutuhan Anda sebagai pelaku UKM, Akseleran menyesuaikan besar pinjaman, tenor pinjaman, agunan dan frekuensi biaya cicilan. Akseleran memberikan pinjaman kepada pelaku Usaha Kecil Menengah dan Anda bisa mendapatkan imbalan hasil rata-rata 18%-21%. Sudah lebih dari 98% portofolio pinjaman memiliki agunan dan proses pemberian pinjaman berbasis online.

Jika Anda memiliki Usaha Kelas Menengah (UKM) dan sedang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha, Anda akan dihubungkan dengan kumpulan orang yang bisa memberikan pinjaman dana yang memiliki modal lebih untuk mendanai pinjaman usaha Anda.

Beberapa kategori pinjaman dana yang bisa Anda coba untuk mengajukan diri diantaranya

Usaha

Bangunan

Distributor

Produsen

dll

Untuk Anda yang ingin mencoba meminjam dana melalui fintech ini, Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu melalui web resmi.

3. Kitabisa.com

Kitabisa.com merupakan situs crowdfunding yang populer di Indonesia. Platform ini merupakan situs yang memberikan tempat untuk orang yang ingin berdonasi maupun menggalang dana. Hingga artikel ini ditulis sudah lebih dari 21.518 Kampanye Terdanai, Rp 618.164.085.153 Donasi dan Zakat tersalurkan , dan sudah 1.748.348 #OrangBaik Tergabung dalam kitabisa.com.

Kitabisa juga  bisa mengalang dana untuk menolong anggota keluarga, membangun jembatan di desa, dan ribuan orang telah menggunakan Kitabisa untuk mengalang dana. Untuk ikut menggalang dana atau untuk mendapatkan dana pinjaman kita bisa Anda bisa mendaftar melalui web resmi.

4. Ayopeduli.id

Situs crowdfunding yang juga berasal dari Indonesia memilik tujuan untuk permasalahan sosial, Ayopeduli mempertemukan masalah sosial dan pemberi solusi (penggerak sosial, sposor maupun donatur).  Bersama Ayopeduli diharapkan dapat menyelesaikan masalah sosial seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan,dll dengan lebihh efektif dan efisien.

Dari yang kami pantau situs Ayopeduli hanya memberikan bantuan untuk masalah sosial seperti Bantuan bencana dan banjir, bakti sosial Maulid Nabi Muhammad SAW, Tabligh Akbar Operasi katarak dan khitanan massal. Jika Anda berminat untuk membantu sesama Anda tidak perlu mendaftar, karena Ayopeduli menggunakan sistem GoPay dan Bank BRI langsung tertera diwebsite dalam menu Donasi.

5. GandengTangan.co.id

Crowfunding ini telah berhasil menyalurkan dana lerbih dari Rp. 7 Milyar, Dari pantauan Bicaradigital Crowdfunding ini telah membiayai Usaha Mikro 1.856, dan dana yagn berhasil disalurkan adalah Rp 7.931.335.543. GandengTangan memilik pengguna terdaftar 13.155.

Misi GandengTangan yaitu untuk menghubungkan para pemilik usaha mikro yang membutuhkan bantuan dana dengan para pendana yang memililiki dana lebih dan ingin memberikan dampak untuk sosial. GandengTangan merupakan situs pendanaan online jangka pendek yang aman dan terdaftar serta diawasi OJK. Sistem pendanaan aman dan transparan agar kedua belah pihak dapat bergandeng tangan, dengan menyeleksi dan mendampingi usaha mikro yang akan menerima pembiayaan. Jika Anda ingin mendapatkan bantuan dana dari platform ini Anda bisa mendaftar melalui web atau mendownload Aplikasi GandengTangan di Playstore. 

Ok, Itu dia beberapa platform online yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan bantuan dana secara online dengan aman dan mudah. Salam Damai!

Cek lengkap di

Bicaradigital
Diubah oleh ikary24
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di