alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPU soal Survei Charta Politika: Jangan Mau Suara Dibeli
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca7195db84088750d329041/kpu-soal-survei-charta-politika-jangan-mau-suara-dibeli

KPU soal Survei Charta Politika: Jangan Mau Suara Dibeli

KPU soal Survei Charta Politika: Jangan Mau Suara Dibeli

Charta Politika merilis survei yang menunjukkan bahwa 45,6 persen masyarakat masih memaklumi politik uang. Menanggapi itu, KPU mengimbau masyarakat agar tersadar dan jangan mau suaranya dibeli.

"Jangan mau suara dibeli," tegas Komisioner KPU Viryan Azis kepada kumparan, Jumat (5/4).

Dia menjelaskan politik uang akan sangat berdampak negatif bagi iklim demokrasi di Indonesia. Aksi tersebut juga merusak kualitas pemilihan yang berintegritas.

"Dan kami menyakini politik uang semakin ditinggalkan pemilih. Terbukti di sejumlah pilkada yang melakukan politik uang tidak terpilih," ungkapnya.

Meski demikian, KPU mengimbau masyarakat agar tak tergiur dengan uang yang dijanjikan. Masyarakat diminta untuk memilih calon pemimpin yang diyakini baik.

"Tolak saja (politik uang). Ngapain suara kita ditransaksionalkan. Suara kita untuk memilih pemimpin yang baik, yang bagus, yang kita yakini, bukan memilih yang bayaran," pungkasnya.

KPU soal Survei Charta Politika: Jangan Mau Suara Dibeli

Charta Politika sebelumnya merilis survei bahwa sekitar 45,6 persen masyarakat memaklumi praktik politik uang. Sedangkan 39,1 persen tidak memaklumi dan 15,4 tidak tahu atau tidak menjawab.

Direktur Riset Charta Politika Muslimin membeberkan, Jawa Timur menjadi daerah yang paling memaklumi politik uang. Ada sekitar 54,7 persen yang memaklumi hal itu. Disusul oleh DKI Jakarta dan Banten dengan 54,5 persen. Di daerah lain pun cukup besar masyarakat memaklumi politik uang ini.

"Ini memang angka cukup mencengangkan. Hampir separuh publik mengatakan money politics itu dapat dimaklumi. Jadi sikap permisif publik cukup tinggi terhadap kondisi kita saat ini di mana hampir 50 persen mengatakan money politics adalah hal yang wajar," kata Muslimin dalam konferensi pers di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Terkait sikap masyarakat ketika ditawari uang, sebanyak 40 persen akan mengambil pemberian itu, tapi tidak memilih si pemberi uangnya. 8 persen akan menerima dan memilih si pemberi, 3,6 persen akan menerima dan memilih pemberi dengan hadiah terbanyak. Sebanyak 31,2 persen menolak dan tidak menerima pemberian tersebut, serta 16,6 persen tidak tahu dan tidak menjawab.


SUMBER

Terima uangnya, tolak partainya.
Tolonglah buat agan-agan ingetin tetangganya yang masih kolot kalau caleg yang membayar itu udah dipastikan bakal cari dana balik modal lewat korupsi saat mereka udah menjabat jadi anggota parlemen.
emoticon-Cape d...
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Dpt gak seberapa, giliran pejabat yg dipilih korupsi ngomel2 pula.
Semoga opung luhut membaca ini
Lihat 1 balasan
Balasan post Critical.4x
survey charta politika keluar emang buat "menjustifikasi" amplop luhut seakan2 itu sudah biasa jadi jangan dimasalahin...emoticon-Big Grin
ambil uangnya
ambil sembakonya




coblos sesuai hati nurani..
Quote:


Ambil amplop 01
Ambil amplop 02

Pas pemilu jalan2 liburan ngabisin duit amplop, suaranya ga dipake emoticon-Leh Uga

SAVAGE
Sudah sih kalau ga ada uang, jadi susah juga nolak uang, tapi kalau mengambil uangnya dan tidak mempengaruhi pilihannya maka ... emoticon-Ngakak
ane ga percaya kalo 45% masyarakat kita "memaklumi" money politics
Ambil uangnya, minta tambah jangan lupa, buat tarif kalau bisa, tagih kekurangannya, tanya kapan bisa bayar sisanya. Ludahi partainya.emoticon-Ngakak
bulan penuh berkat ya akhi ukhti

setelah sebulan lamanya kita muak dgn bejibun kampanye munafik emoticon-Kaskus Radio
tibalah saatnya kita terima amplop, sembako dan sejenisnya emoticon-Kaskus Radio
minal aidin walfaidzin....... emoticon-Kaskus Radio



emoticon-Salaman emoticon-Ketupat emoticon-Shakehand2
apapun pilihannya yang penting Indonesia bisa maju saja ya Guys
Kurang asem ... emoticon-Blue Guy Bata (L)
Udah berkali-kali ikut pemilu belum pernah mengalami dapet amplop, atau diserang saat fajar, ... eh, sekarang saat ada calon yang 'gak gablek duit, malah mau diilangin ...
Gerundel ... Gerundel ...
...
emoticon-Wakaka
Ya gapapa, ambil uangnya buat jajan, anggep aja dapet angpao emoticon-Ngakak


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di