alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca68395f4ae2f0e0c29a463/5-manfaat-yoga-untuk-pekerja-kantoran-ternyata-bikin-makin-produktif

5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif!

5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif!

Di era yang segala sesuatunya makin canggih dan serba cepat ini manusia terus berlomba menjadi yang terbaik. Tidak terkecuali dalam dunia pekerjaan. Semua orang bersaing menjadi pekerja yang produktif dan berprestasi.

Mengasah skill, memperbanyak pengetahuan dan pengalaman, serta tanpa disadari menggunakan waktu dan tenaganya dengan sangat berlebihan. Hingga tidak jarang mereka mengesampingkan kesehatan demi sebuah pencapaian.

Banyaknya alasan yang diutarakan para pekerja kantoran membuat mereka merasa tidak punya waktu untuk berolahraga. Namun dari semua kekhawatiran ini, olahraga yoga yang sudah sejak lama ada kembali dilirik banyak pihak. Olahraga yang banyak dihindari karena dinilai sangat membosankan ini nyatanya memiliki banyak sekali manfaat.

Terlebih bagi para pekerja kantoran yang tetap harus menjaga kesehatan dengan berolahraga namun tak punya banyak waktu untuk sekadar pergi ke gym atau ke tempat olahraga umum lainnya. Sebab yoga bisa dilakukan di mana saja, misalnya saja di rumah ataupun di sela-sela kesibukan kita di kantor. Lalu apa saja sih manfaat yang sebenarnya sangat jarang kita ketahui tentang yoga bagi para pekerja kantoran yang sibuk?


1. Menjaga kebugaran tubuh
5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif!
Seperti yang orang ketahui, bahwa olahraga bukan hanya bisa membantu tubuh mengurangi lemak dan membuat kita mendapatkan bentuk tubuh ideal. Tapi juga membantu menjaga kebugaran fisik terutama bagi kita para pekerja yang merasa tak memiliki waktu untuk berolahraga.

Bekerja di kantor saja sudah membuat kita lelah, tentu kita pun ingin tetap sehat dengan cara yang tak banyak menguras tenaga. Dan yoga adalah salah satu olahraga yang bisa diterapkan dan membantu kita menjaga kebugaran tubuh.

Seorang pakar yoga bernama John Schumacher yang sudah berkecimpung di dunia Yoga selama lebih dari 3 dekade ini menyatakan bahwa, formula kebugaran tubuh terdiri dari asana (pose) dan pranayama (pernapasan). Ia pun menguji pendapatnya sendiri melalui uji laboratorium di Gaithersburg, Maryland.

Dokter mengatakan bahwa tubuh Schumacher dalam kondisi yang sangat baik. Bahkan ia memiliki kemungkinan di bawah satu persen untuk menderita penyakit jantung.

Hal ini didapati Schumacher dari latihan yoga yang rutin dilakukannya setiap hari. Sehingga yoga menjadi salah satu olahraga pilihan bagi para pekerja saat ini. Bisa dilakukan di mana saja, tidak banyak gerakan yang membuat lelah, dan yang paling penting juga tetap bisa sehat


2. Mengurangi stres pada pekerjaan
5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif!
Bekerja dari pagi hingga petang sudah pasti membuat kita penat. Terlebih dengan tekanan dan tuntutan yang terkadang juga membuat pikiran kita menjadi sangat lelah. Hingga kondisi stres pun tidak dapat dihindari lagi.

Banyak kerugian yang kita alami saat mengalami stres akibat terlalu lelah bekerja. Salah satunya yaitu produktivitas dan performa kerja kita menjadi menurun. Dan tentu saja kita membutuhkan penawar dari setiap kondisi yang merugikan itu. Salah satunya dengan rutin melakukan yoga.

Kenapa yoga? Kenapa bukan olahraga lainnya seperti gym atau lari? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The University of San Fransisco menyatakan, bahwa Yoga sendiri memiliki manfaat yang sangat besar untuk mengurangi stres seorang pekerja.

Salah satunya melalui teknik pernapasan dan peningkatan kesadaran diri yang diajarkan selama prosesi yoga berlangsung. Yang banyak orang tahu jika yoga hanya olahraga dengan gerakan tubuh yang lambat dan membosankan. Tapi di dalam setiap gerakan yoga memiliki manfaatnya masing-masing.

Termasuk membantu kita mengatur pernapasan dan membantu meningkatkan kesadaran diri sendiri. Kita menjadi lebih sabar dan tenang dalam menjalani keseharian pastinya, sebab sudah dilatih melalui gerakan-gerakan yoga. Yang kita butuhkan saat sedang stres salah satunya adalah ketenangan hati dan pikiran, supaya bisa membuat keputusan dengan baik.


3. Membuat tubuh semakin relax
5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif!
Dalam sebuah penelitian yang dimuat oleh International Journal of Yoga, salah satu tujuan Yoga sendiri adalah untuk mencapai ketenangan pikiran dan menciptakan perasaan yang tenang, damai dan bahagia. Melalui yoga juga akan dihasilkan perasaan santai, peningkatan kepercayaan diri, peningkatan efisiensi, meningkatkan konsentrasi dan perhatian, penurunan iritabilitas dan membantu kita menciptakan pandangan hidup yang lebih optimis.

Melalui yoga akan dihasilkan energi seimbang yang sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Yoga juga menghambat perasaan takut, cemas, kemarahan dan membantu menstimulasi pusat kesenangan di otak.

Sehingga bagaimanapun tertekannya kita saat di kantor, kita membutuhkan hiburan untuk sejenak melepas penat dan membuat badan, pikiran dan juga perasaan menjadi rileks. Selain menikmati waktu untuk hangout bersama teman-teman, melalui Yoga kamu bisa mendapatkan itu semua.


4. Meningkatkan konsentrasi saat bekerja
5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif!
Saat kamu diburu dengan berbagai tugas, tanggung jawab dan tuntutan dari kantor, mungkin kamu merasa lelah dan bosan. Kamu seolah ingin segera lari karena sudah tak bisa berpikir jernih dan bingung mana dulu yang harus diselesaikan.

Yang kamu butuhkan adalah mengambil nafas secara perlahan supaya mampu mengontrol pikiran dengan cara yang tepat. Agar kamu bisa mulai memikirkan solusi dan berkonsentrasi menjalani tugasmu.

Menurut University Health News Daily yang merangkum hasil penelitian tentang yoga. Salah satu hasilnya yaitu berlatih yoga beberapa kali dalam seminggu secara positif dapat memengaruhi respons tubuh terhadap stres yang kita alami.

Di mana stres menjadi berkurang dan kemampuan kognitif kita semakin meningkat. Sehingga dengan rutin melakukan yoga juga bisa membantu kita berpikir lebih jernih dari biasanya dan mampu berkonsentrasi untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya.

Buat kita yang merasa sulit berkonsentrasi karena terlalu banyak pekerjaan yang membuat lelah, coba deh lakukan yoga. Gerakan sederhana yang kaya akan manfaat.


5. Membuat tidur lebih nyenyak
5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif!
Pernahkah kamu mengalami kesulitan tidur di malam hari karena badanmu yang terlalu lelah dan pikiranmu yang dipenuhi dengan bayang-bayang pekerjaan di kantor? Insomnia seolah menjadi hal yang wajar di kalangan pekerja kantoran.

Mereka yang terlalu lelah secara fisik akan memengaruhi pikiran yang tak mampu berjalan dengan baik, begitupun sebaliknya. Berbagai cara sudah ditempuh untuk bisa memiliki kualitas tidur yang baik. Salah satunya dengan melakukan olahraga yoga.

Ya, olahraga yoga dikenal sebagai salah satu terapi bagi siapapun yang mengalami kesulitan dalam pola tidurnya. Psychology Today memuat ulasan tentang penelitian di Harvard Medical School yang menyatakan bahwa, melakukan praktik yoga setiap hari dapat memengaruhi pola tidur bagi penderita insomnia.

Serta mendapati bahwa kualitas dan kuantitas tidur mereka yang rutin melakukan yoga juga semakin meningkat. Hal ini nyatanya juga bisa dipraktikkan bagi para pekerja yang memiliki kesulitan dalam tidur malamnya.

Tidak ada salahnya mencoba olahraga yang satu ini. Meski di awal akan merasa bosan, tapi setelah tahu manfaatnya maka kita pun akan semakin menyukai dan ingin memperdalam yoga untuk menjaga kesehatan tubuh.


Sumber : https://www.idntimes.com/health/fitn...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif! Bisa Lancarkan Persalinan, 7 Olahraga Ini Sangat Tepat Bagi Ibu Hamil

- 5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif! 5 Fakta Mendasar Seputar Face Yoga, Rahasia Wajah Tampak Awet Muda

- 5 Manfaat Yoga untuk Pekerja Kantoran, Ternyata Bikin Makin Produktif! 7 Gerakan Olahraga ini Dapat Membantumu Memuaskan Pasangan di Ranjang

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di