alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Antara Tipografi, Kaligrafi, dan Lettering, Sekilas Mirip Ternyata Beda Gan!
4.82 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca5d1076df2312e5e78b315/antara-tipografi-kaligrafi-dan-lettering-sekilas-mirip-ternyata-beda-gan

Antara Tipografi, Kaligrafi, dan Lettering, Sekilas Mirip Ternyata Beda Gan!

Jika membicarakan mengenai tulisan yang dihias sedemikian rupa, mungkin udah bukan barang asing lagi ya Gan. Semakin kesini peminatnya pun semakin bertambah. Sebut aja tipografi, lettering, dan juga kaligrafi. Tutorial-tutorial pembuatannya pun juga bisa dengan mudah Agan Sista temukan di youtube atau media sosial lainnya.
Antara Tipografi, Kaligrafi, dan Lettering, Sekilas Mirip Ternyata Beda Gan!

Meskipun sekilas ketiga istilah tersebut terdengar serupa, ternyata ketiganya memiliki pengertian yang berbeda lho Gan Sis. Biar nggak salah, yuk simak thread ane berikut ini. Cekidot!


Antara Tipografi, Kaligrafi, dan Lettering, Sekilas Mirip Ternyata Beda Gan!
Tipografi

Tipografi merupakan ilmu tentang huruf dan tulisan Gan. Pada dasarnya merupakan teknik yang mengatur tentang penyebaran tata letak huruf dalam suatu bidang yang tersedia untuk membuat kesan tertentu dengan tujuan agar pembacanya memiliki rasa nyaman saat melihatnya sehingga para pembacanya dapat mudah dalam menerima maksud dan arti dari tulisan yang disampaikan. Biasanya dalam tipografi ini berisi tentang quotes-quotes bijak motivasi gitu Gan.


Antara Tipografi, Kaligrafi, dan Lettering, Sekilas Mirip Ternyata Beda Gan!
Kaligrafi

Berbeda dengan sebelumnya, kaligrafi merupakan seni tulis menulis indah namun dengan sekali gores saja. Dalam membuat kaligrafi memerlukan banyak latihan Gan Sis sehingga tangan menjadi lentur dan terbiasa karena pembuatannya yang hanya dalam sekali gores. Biasanya dalam membuat sebuah kaligrafi ini pena yang digunakan pada umumnya terdiri dari tiga macam, yaitu pena dengan ujung lebar untuk membuat huruf Gothic / Blackletter atau Italic, pena dengan ujung tajam yang fleksibel dan dapat menghasilkan tulisan copperplate, dan pena dengan ujung kuas atau juga biasa disebut dengan brush pen untuk menghasilkan huruf jenis. Seni kaligrafi tradisional banyak ditemui di negara-negara Asia Timur seperti Jepang, Cina, atau Arab. Meski begitu, kaligrafi yang dikenal sekarang adalah kaligrafi modern yang dikerjakan dengan pilihan alat yang beragam seperti yang telah disebutkan sebelumnya.


Antara Tipografi, Kaligrafi, dan Lettering, Sekilas Mirip Ternyata Beda Gan!
Lettering

Istilah ketiga ini merupakan seni menggambar sebuah tulisan namun dengan lebih dari satu goresan. Dalam proses pembuatannya biasanya digambar dengan menggunakan pensil terlebih dahulu kemudian di finishing dengan tinta. Sebenarnya nggak ada aturan yang baku Gan Sis dalam membuat lettering ini, Agan dan Sista bisa membuat model tulisan dengan model yang sekreatif mungkin. Selain itu juga bisa ditambah dengan gambar ilustrasi ataupun efek visual lain sesuai dengan kreativitas.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
jolinta dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh msa0404
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Sip gan, ilmu yg bermanfaat emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
ane taunya typografi teknik, cara bikin/edit kata2 di photosh*p, kaligrafi bikin seni dr tulisan arab emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dafdiv11 dan 2 lainnya memberi reputasi
thx gan, sangat bermanfaatemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parfumkuning dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh faeyzarbn
Typografi itu berarti ilmu salah ketik ya gan. emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parfumkuning dan 3 lainnya memberi reputasi
Ilmu ngajarin buat typo
emoticon-Matabelo
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
tetep aja susah buat bedain gan kalo liat sekilas mirip semua, kecuali kalo kaligrafi dalem otak ane denger kaligrafi berarti tulisan kitab suci gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
ane taunya pornografi
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
wah beda toh
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
kalau pas chat salah ketik itu masuk tipografi ga Gan emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
Tmbh ilmu😆
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
kalo ini tipografi gan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh itik.buruk.rupa
Typografi juga beda.

Contoh typografi : S4y4 m4w p3r91 n0nt0n p3l3m h0l0r y4k.
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
wsh sayw tipo
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
Yang seeing ditemui di cafe cafe gitu lettering yaaaa berarti
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
Seni menulis pesan dengan indah emoticon-Cool
Keren kalo dibuat secara manual, lalu diubah ke digital.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
Keren gan infonya 👍🏻

Sebenarnya dari segi ilmu dan teorinya, sepemahaman ane Kaligrafi dan Lettering itu masuk ke dalam ranah Tipografi, karena di situ ada aturan yang mengatur tentang bagaimana kita membuat tata letak huruf, kata, hingga kalimat dalam sebuah bidang supaya bisa dinikmati. Tapi semakin ke sini, ranah Kaligrafi semakin lebih beragam dan ekspresif, makanya unsur seni rupanya juga lebih banyak, khususnya kaligrafi Black letter/ Gothic (seperti yang sedang ane gemari sekarang). Kaligrafi Black letter modern lebih banyak idealisme pembuatnya yang dicampurkan dengan unsur seni ekspresif yang membuatnya menjadi salah satu aliran seni tulis menulis indah yang unik dan tidak bisa disamakan antara satu artist dengan artist lainnya. CMIIW
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
Yang pasti semuanya indah indah tulisannya, gak kayak tulisan ane emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
mencerahkan gan....emoticon-Angkat Beer
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
wah baru tau ane emoticon-Hammer2
Sekalian gembox aja
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
Diubah oleh megatron21
nama belakang nya aja yang mendekati mirip emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan g.gowang. memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di