alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wiranto Sebut Pengajak Golput Pengacau dan Terancam Dipidana
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c9b176f65b24d7b4a29398e/wiranto-sebut-pengajak-golput-pengacau-dan-terancam-dipidana

Wiranto Sebut Pengajak Golput Pengacau dan Terancam Dipidana

 Wiranto Sebut Pengajak Golput Pengacau dan Terancam Dipidana

Menko Polhukam Wiranto menyatakan orang yang mengajak menjadi golongan putih (golput) dalam Pemilu 2019 merupakan pengacau. Menurut dia, mengajak golput merupakan tindakan yang mengancam hak dan kewajiban orang lain.

"Yang mengajak golput itu yang namanya mengacau. Itu kan mengancam hak dan kewajiban orang lain," ujar Wiranto di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Rabu (27/3).

Wiranto menuturkan pihak yang mengajak golput berpotensi bisa dikenakan sanksi yang diatur dalam Undang-Undang Terorisme.

Jika UU itu tidak bisa diterapkan, ia menyebut masih ada UU Informasi Transaski Elektronik atau UU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana untuk menjerat pihak yang mengajak golput saat Pemilu 2019.

"Kalau UU Terorisme tidak bisa UU lain masih bisa, ada UU ITE, UU KUHP bisa," ujarnya.

Aturan tentang golput dan ancaman pidana juga tercantum dalam UU Pemilu nomor 7 tahun 2017. Dalam pasal 510 Pasal 510 disebutkan bahwa Setiap orang yang dengan sengaja menyebabkan orang lain kehilangan hak pilihnya dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empatjuta rupiah)

Lebih lanjut, Wiranto mengatakan Indonesia merupakan negara hukum. Sehingga, ia mengatakan pihak yang tidak berlaku tertib akan disanksi.

"Sesuatu yang membuat tidak tertib, sesuatu yang membuat kacau pasti ada sanksi hukumannya," ujar Wiranto.

Wiranto kembali menyampaikan masyarakat untuk tidak termakan dengan hoaks yang menyatakan Pemilu 2019 akan terjadi kekacauan. Sebab, ia menegaskan aparat keamanan telah dikerahkan untuk mengamankan Pemilu kali ini.

"Ada hoaks yang mengajak masyarakat untuk tidak datang ke TPS karena tidak aman dan sebagainya. Itu yang saya terus menerus menyampaikan pesan kepada masyarakat ayolah datang ke TPS, aman," ujar Wiranto.

Wiranto tidak menampik masih ada sejumlah potensi yang belum teratasi. Namun, ia mengatakan hal itu akan teratasi di sisa waktu masa pencoblosan pada 17 April 2019.

Lebih dari itu, ia berharap masyarakat tidak menyia-nyiakan hak politiknya dalam pemilu.

"Masyarakat kami imbau supaya jangan golput. Semua melaksanakan hak pilihnya yang lima tahun sekali agar hak politiknya tidak disia-siakan," ujarnya.

Quote:


Mending dari sekarang mulai berhati-hati dalam bersikap gan.
Hal yang gak perlu diutarain lebih baik diam aja, gausah dikoar-koarkan di sosmed
Semoga masyarakat Indonesia bisa lebih tertib dan lebih santun dalam mengutarakan pendapat tentang hak memilih menjelang pilpres dan pileg 2019 ini.
emoticon-Coblos
Halaman 1 dari 4
skrg banyak kampret yg nyaru & ngajak golput krn tau elektabilitas wowok udah macet
Gak bakal beneran dilakuin. Kalo yang ngajak golput dipenjara, bisa-bisa semua golput makin antipati dan makin pengen golput.
sama kyk janji waktu pilgub kemarin katanya aman.. ya aman sih dr tindak pidana tp tdk dr perundungan.. emoticon-Big Grin terutama verbal kpd etnis tertentu.. emoticon-Big Grin sehingga bnyk yg males (enggan/takut) utk ke tps.. emoticon-Big Grin
Loh bukannya ada UU nya ?
Pasal 308 UU No. 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD

Setiap orang yang dengan sengaja menggunakan kekerasan, dan/atau menghalangi seseorang yang akan melakukan haknya untuk memilih, melakukan kegiatan yang menimbulkan gangguan ketertiban dan ketenteraman pelaksanaan pemungutan suara, atau menggagalkan pemungutan suara dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).
Diubah oleh mendadakranger
Lihat 1 balasan
Quote:



wkwkw asal bacod aja..
padahal banyak dari kubu pendukung penista agama mau golput krn junjungan nya di cuekin wiwi

sekolam pasti banyak yg ,mencret baca ini..

 Wiranto Sebut Pengajak Golput Pengacau dan Terancam Dipidana
wah engga bener ini. golput itu hak asasi politik.

Soalnya pilihan kita juga tanggung jawab kita di akherat nanti. Kenapa pilih orang ini itu atau golput
Diubah oleh ontapesek
mengajak demo di monas kog ga dipidana? padahal jelas2 menghilangkan hak pengguna jalan. goblog
pak sampean dan rekan sampean kan pernah cari2 info dari google,
itu banyak loh pak yang ngajak golput, jangan omdo lah..


Quote:


emoticon-2 Jempol
Lihat 1 balasan
Mgkn mgg dpn keluar berita kl ga coblos 01 bs di pidana

emoticon-Leh Uga
Balasan post pilemon889
monaslimin mana suaranyaaaa emoticon-Ngakak


Quote:


Mestinya wiranto di pidana karna memaksa org utk memilih

emoticon-Leh Uga
goblok juga nih si tarzan ketularan kedunguan wowok emoticon-Blue Guy Bata (L)
Penjara semakin penuh ntar,sekarang aja dah over capacity eh pemerintah malah main ancam aja.
plis deh wiwir, yang jelas-jelas mengacau baik dalam ucapan dan tindakan aja pada masih bebas tuh.
nggak mutu betul.emoticon-Wkwkwk
Mengajak kok mengancam. Yang mengancam hak orang lain itu kalo melarang orang milih, misalnya pemilik perusahaan nolak kasih libur pekerjanya yang mau nyoblos, atau yang nawarin duit asal orang pilih dia/gak milih. Cuma ngajak doang ya kebebasan penuh tetap ada di tangan yang diajak.

Wiranto terus aja ngomong gini, yang masih undecided makin males pilih Joko/Hanura.
makanya lebih suka bahas seks daripada politik emoticon-Traveller
Diubah oleh bpln.leader
Balasan post mendadakranger
'Mengajak' gan beda dengan hak masing-masing
golput ya golput ga usah ngajak2.
napa sih gk dibikin undang2 wajib nyoblos ?
lebih mudah dari pada ngancam pemilih golput
alasan hak itu cuma omong kosong
partai2 diuntungkan dgn adanya golput suara mereka dlm prosentase menjadi besar karena itu mereka tidak mau membuat undang2 mewajibkan milih
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di