alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Untuk Ibu Hamil
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c944576018e0d3c2675b0ff/pilihan-menu-buka-puasa-sehat-untuk-ibu-hamil

Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya puasa aman dilakukan pada ibu hamil karena selama puasa ibu hamil tidak menghilangkan asupan nutrisinya ke dalam tubuh. Melainkan hanya menggeser waktu pengasupan kebutuhan nutrisi tersebut pada dua waktu tertentu yakni pada saat sahur dan berbuka.

Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Untuk Ibu Hamil
sumber gambar: bidanku.com

Hanya saja, kekhawatiran bila tidak seluruh kebutuhan nutrisi terpenuhi selama menjalankan ibadah puasa mengingat waktu makan yang terbatas pada saat puasa. Membuat anjuran menu makanan buka puasa sehat pada ibu hamil banyak disarankan.

Seperti halnya pada pembahasan kali ini, di bawah ini mari kita simak pilihan menu buka puasa sehat untuk ibu hamil.

Awali dengan Segelas Air Putih

Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Untuk Ibu Hamil
sumber gambar: nakita.grid.id

Pilihan menu buka puasa pertama untuk ibu hamil yang penting diperhatikan adalah mengawalinya dengan asupan air putih. Selama berpuasa sistem pencernaan kita tidak berhenti bekerja meski tidak ada asupan makanan ke dalam tubuh dalam waktu yang lama. Nah, ketika adzan magrib berkumandang jangan terburu mengkonsumsi aneka makanan sembarangan.

Berikan waktu bagi sistem pencernaan untuk mencerna makanan secara bertahap. Mulai dari air putih yang ringan sampai dengan makanan berat yang anda siapkan di atas meja.

Selain itu, asupan cairan ke dalam tubuh selama puasa ketika hamil adalah hal yang penting. Karena selama puasa tubuh kehilangan banyak cairan daripada yang di asup ke dalam tubuh. Untuk itu, penuhi terlebih dahulu dahaga anda dengan cairan agar sistem pencernaan tidak kaget.

Lanjutkan dengan Kudapan yang Manis

Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Untuk Ibu Hamil
sumber gambar: nakita.grid.id

Sebagaimana dengan yang disunnahkan oleh Rasul mengawali berbuka adalah dengan menyantap yang manis-manis dan rupanya hal ini bukanlah tindakan yang sembarang melainkan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Kadar gula yang menurun akibat tidak adanya asupan glukosa ke dalam tubuh cenderung membuat tubuh lemas.

Nah, untuk menyegarkan kembali kondisi anda maka asupan kudapan yang manis penting untuk anda perhatikan sewaktu buka puasa. Hanya saja, jumlahnya dibatasi sebab terlalu banyak pun akan tentu berdampak kurang baik. Asupan makanan manis sebaiknya tidak didapat dari pemanis buatan melainkan pemanis yang alami.

Dalam hal ini, buah kurma menjadi asupan yang ideal untuk dinikmati. Cukup 3 biji buah kurma dan selangi dengan menunaikan ibadah shalat magrib akan cukup memberikan kesempatan bagi perut untuk beradaptasi mencerna makanan ringan yang baru saja disantap.

Cukupi Kebutuhan Gizi Seimbang

Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Untuk Ibu Hamil
sumber gambar: hellosehat.com

Selain beberapa asupan di atas, setelah menunaikan ibadah shalat magrib anda kini tiba saatnya dihadapkan pada makan besar. Penting dipahami bahwa selama hamil seorang wanita membutuhkan asupan nutrisi dan gizi seimbang dari makanan sehat. Dalam artian lain, menu buka puasa ibu hamil tidak boleh sembarangan.

Perhatikan asupan makanan gizi seimbang diantaranya adalah tercukupinya seluruh kebutuhan nutrisi dan mineral ke dalam tubuh dengan baik. Asupi pula dengan sayur dan buah-buahan sebagai sumber makanan sehat yang baik untuk tubuh.

Hindari Makanan Berlemak dan Pedas

Pilihan Menu Buka Puasa Sehat Untuk Ibu Hamil
sumber gambar: idntimes.com

Ibu hamil akan cenderung lebih rentan bermasalah dengan sistem pencernaan apalagi jika kehamilan anda sudah semakin besar. Konsumsi makanan berlemak dan pedas akan mungkin membuat sistem pencernaan bermasalah dan hal ini akan mudah membuat anda mengalami beberapa keluhan.

Jangan sampai kondisi ini terjadi yang membuat ibadah puasa yang dijalani menjadi tidak lancar. Hindari makanan kurang sehat seperti gorengan dan makanan pedas lainnya.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di