alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Agar ASI Tetap Deras Meski Ibu Berpuasa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c9442e08d94d00c8c0e1c2f/agar-asi-tetap-deras-meski-ibu-berpuasa

Agar ASI Tetap Deras Meski Ibu Berpuasa

Sejatinya dalam Islam seorang ibu yang sedang menyusui tidak diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Namun demikian, mereka pun tidak dilarang untuk ikut menjalani ibadah yang satu ini. Sebab secara medis puasa untuk ibu menyusui bukanlah hal yang berbahaya untuk dijalani.

Agar ASI Tetap Deras Meski Ibu Berpuasa
sumber gambar: bidanku.com

Selama kondisi ibu sehat dan bayinya juga sehat maka tidak ada halangan bagi ibu menyusui untuk menjalani ibadah yang satu ini. Nah, bila Mama hendak menjalani puasa maka pastikan asupan dan nutrisi mama tercukupi selama puasa.

Di bawah ini adalah tips berpuasa untuk ibu menyusui agar produksi ASI tetap deras dan Mama tidak mudah lemas.

Konsumsi Jus Kurma

Agar ASI Tetap Deras Meski Ibu Berpuasa
sumber gambar: http://harimubahagia.blogspot.com

Manfaat kurma memiliki khasiat yang baik bagi ibu menyusui terutama mereka yang juga ikut menjalani ibadah puasa. Selama bulan Ramadhan biasanya masyarakat tanah air seringkali menyertakan kurma sebagai salah satu hidangan yang wajib ada sebagaimana yang disunnahkan oleh Rasulullah.

Nah, bagi ibu hamil kurma dapat anda sajikan dalam bentuk jus yang dikonsumsi pada saat berbuka. Mengawali buka puasa dengan hidangan manis alami akan tentu bermanfaat sangat baik untuk kesehatan anda. Terutama produksi ASI yang melimpah selama puasa.

Adapun bahan untuk membuat jus kurma cukup sederhana anda hanya perlu menyiapkan 5 sampai dengan 7 butir kurma dan tambahkan susu murni sebanyak 1 gelas. Sajian jus kurma bisa anda masukkan ke dalam lemari es untuk mendapatkan sensasi dingin yang menyegarkan. Dan nikmati sajian ini pada saat adzan magrib berkumandang.

Perhatikan Asupan Saat Sahur

Agar ASI Tetap Deras Meski Ibu Berpuasa
sumber gambar: m.mattroibe.com

Selain hidangan untuk berbuka, hal lain yang perlu anda perhatikan dengan baik adalah asupan anda pada saat sahur. Sahur adalah jadwal makan terakhir sebelum anda dihadapkan pada ibadah puasa di siang hari. Maka dari itu, manfaatkan waktu ini dengan mengasup aneka makanan sehat ke dalam tubuh untuk menjaga anda tetap bugar meski menjalani ibadah puasa.

Pastikan cukupi kebutuhan karbohidrat, protein dan nutrisi lain sebagai cadangan energi saat siang hari. Dengan begini ibadah puasa yang anda jalani akan tentu berjalan dengan lebih lancar. Sehingga kegiatan mengurus si kecil pun tidak akan menjadi beban yang berat saat tubuh anda tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Cegah Dehidrasi

Agar ASI Tetap Deras Meski Ibu Berpuasa
sumber gambar: kumparan.com

Selama puasa tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diasup ke dalam tubuh. Salah satu dampak kekurangan cairan yang tidak segera diatasi adalah dehidrasi. Kondisi dehidrasi yang terjadi pada ibu menyusui akan cenderung membuat tubuh mereka mudah lemas, pusing dan tak berdaya.

Jangan sampai hal ini dibiarkan begitu saja karena si kecil yang masih begitu mungil akan tentu butuh perawatan dari anda. Maka dari itu, perhatikan dengan baik untuk senantiasa mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan baik.
Idealnya tubuh memerlukan 8 gelas asupan cairan dalam satu hari. Maka dari itu, upayakan kebutuhan ini tercukupi hanya dari dua waktu makan selama puasa yakni pada saat sahur dan berbuka.

Istirahat yang Cukup

Agar ASI Tetap Deras Meski Ibu Berpuasa
sumber gambar: fimela.com

Tidak mudah memang menjalani ibadah puasa saat si kecil masih begitu mungil dan dalam masa membutuhkan ASI. Anda akan cenderung disibukkan dengan banyak kegiatan pada saat ini bukan hanya mengurus si kecil namun juga kegiatan mengurus rumah. Itulah mengapa energy anda akan cenderung terkuras habis.

Maka dari itu, manfaatkan waktu luang untuk mengembalikan energy dengan dapatkan istirahat yang cukup. Idealnya dapatkan waktu tidur siang yang cukup agar anda kembali bugar.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Mantap nih bentar lg puasa pas istri masih menyusui
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Menurut analisa sy :
"Berpuasa akan membuat suhu dalam tubuh menjadi panas, sehingga kemungkinan menghasilkan ASI jd lbh sedikit dr biasanya, Jika di khawatirkan si Ibu berkurang ASI nya dan malah berdampak tdk baik pd si bayi, lbh baik jgn berpuasa, dan diganti/qodho puasanya. Boleh jg membayar fidyah."


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di