alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Domestik /
[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c93aade68cc957e9339e92e/catper-part-1-solo-traveling-perjalanan-darat-pekalongan---nusa-penida

[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida

Halo gan, Gimana kabarnya? semoga sehat selalu.
emoticon-Salam Kenal

Sudah lama gak ngaskus hahaha Ane mau berbagi pengalaman ane ini gan. Setelah mengembara ke berbagai tempat di Indonesia akhirnya ane putuskan untuk menulis perjalanan ane disini. Perjalanan yg ane lakukan kebanyakan selalu solo traveling. Gimana ya, ada enaknya ada gak-nya juga. Soalnya ane jg ga ada temen gan disini. Ane kadang jalan sama adek ane juga. Cuma karena kesibukan Kuliahnya jadi gak bisa selalu dengan dia. emoticon-Ngacir Tubrukan


 Ane Rantauan dari Jakarta yg sekarang menetap di Pekalongan. Kebanykan temen juga udah nikah dan kalau di ajak susah juga. Ya udah ane putuskan untuk Solo Traveling kalau gak ada yg bisa di ajak. Enaknya solo traveling karena dititik ini zona ternyaman yang ane dapetin waktu menikmati alam. Selain itu ane bebas menentukan tujuan ane kemanapun tempat yg ane mau tuju. emoticon-Big Grin


Yang ngga enak Solo Traveling itu pasti emm.. Biaya yg ane keluarin ga sedikit gan. wkakakaka. emoticon-Hammer Perlu perencanaan dulu sebelum melakukan perjalanan. Trus yg ini yg bikin nyesek solo traveling. Gak ada yg motoin gan. emoticon-Frown  Tapi setiap perjalanan yg ane lakukan ane selalu menikmati perjalanannya. Langsung aja gan, biar gak kebanyakan curhat. Ane mulai Capter pertama ane perjalanan ke Nusa Penida.


NUSA PENIDA ISLAND


[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida


Nusa Penida. Siapa si yang enggak tau tempat ini. Tempat yg begitu terkenal dengan pantainya ini. ketika teman kerja ane pergi ke Nusa Penida, ane sempet bodo amat karena ane gak tau Nusa Penida itu tempat apa. hahaha. Waktu itu ane sempat liat foto foto perjalanan dia ke Nusa penida. Ane sempet kaget. Ini bener pantai di Indonesia? Akhirnya dengan sisa tabungan ane yg ane udah simpen untuk perjalanan jauh ane gunakan untuk kesini. 

Sehari sebelum keberangkatan, ane siap"pin dulu peralatan tempur ane. Kebetulan ane punya grobak yg bisa di ajak jalan jauh gan. Ane cek dulu kondisi grobak ane sebelum berangkat. Cek Mesin, aki, ban dll. Setelah itu ane belanja makanan biar irit gan di perjalanan. Soalnya jauh bgt ini perjalanannya. haha. Akhirnya Tiba hari keberangkatan. Tepat Tanggal 20 September 2018 ane mulai perjalanan ane dari Pekalongan ke Nusa Penida. Start jam 12.30 WIB dengan mengucapkan Bismillah ane mulai perjalanan ane. Selama perjalanan Alhamdulillah lancar gan. Tak terasa sudah sampai di Semarang setelah kurang lebih 3 jam perjalanan ane dari Pekalongan. Disini ane ngopi" dulu gan. Istirahat, pegek kaki nginjek gas terus. hahahaha. Setelah cukup beristirahat ane lanjutkan lagi perjalanan ane. Ane disini gak lewat tol gan. Menghemat biaya pengeluaran. wkakakka. Ane lewat jalur Utara gan waktu itu. Rute yang ane lewatin. Demak - Kudus - Pati - Rembang Hingga Surabaya, sampai sini malam kalau gak salah waktu itu. Jam 23.00 WIB. Sempet ada kemacetan juga si pas di Demak karena perbaikan jalan. Untung ane cari rute lain. Mata ane waktu itu udah mulai ngantuk gan, maklum cuma di temenin suara musik dan melakukan perjalanan sendiri. Bosen" lu. emoticon-Busa Tapi ane terus lanjut jalan gan, sampai di Probolinggo ane putuskan untuk istirahat di sini. Tepat jam 02.00 WIB. Ane mampir di Pom Bensin gan dan numpang tidur di sini. Ngirit gan. emoticon-Malu Cuma ya itu, pas bangun badan ane pengel" semua. Sebangun ane, jam menunjukan pukul 05.30 WIB. Ane solat dlu sebentar. Lalu ane mulai lanjutkan perjalanan ane. Sempat berhenti" ane gan, Mungkin kalau diitung kurang lebih 3 - 5 kali ane berhenti di perjalanan untuk isitirahat sejenak. Tak Terasa dengan badan yang super capeknya. Ane akhirnya tiba di pelabuhan Banyuwangi. Jam 12.00 WIB. Dari sini, ane langsung masuk ke pelabuhan. Kemudian ada penjaga karcis. Ternyata lumayan mahal juga untuk grobak naik ke kapal. Kena 150Rb. Kalau gak Salah disini ane. Selang nunggu hampir 15 Menit, akhirnya kapal yang mengangkut ane datang juga. Ane masuk ke dalam kapal, ane parkir grobak ane di samping truk muatan barang. Perjalanan nyebrang waktu itu ane rada lupa. Kurang lebih setengah jam apa 1 jam ya. Untuk sampai di Bali. 


Spoiler for Keberangkatan ke Bali:



Akhirnya pulau Bali terlihat juga. Wah, waktu itu perasaan ane seneng banget gan. Setelah ane turun dari kapal. Ane mampir dulu ke pantai di Gilimanuk, sambil tanya" pedagang berapa jam sampai di Kota Bali. Katanya kurang Lebih 4 Jaman. Oke" ane Nikmatin alam di sekita pantai Gilimanuk dulu gan sebelum berangkat. Sambil cari" Hotel Murah deket pelabuhan yg menuju Nusa Penida buat di istirahat. Soalnya ane merencakan untuk berangkat esok harinya. Stelah nemu hotel murah, ane langsung google maps ke hotel tersebut.

Spoiler for Melipir:



Lanjutkan perjalanan ane sampai ke kota Bali selama kurang lebih 4 jam. Selama perjalanan, kebetulan waktu itu sempet ujan, jadi beruntung berasa adem banget selama perjalanan. Banyak monyet" liar dan anjing liar sepanjang perjalanan. Mungkin ini Khasnya Bali ya. Setiba ane di Hotel, ane langsung istirahat melepas lelah setelah perjalanan panjang dari Pekalongan ke Bali. hahaha. emoticon-linux2



Tepat Pukul 06.00 WITA, ane mulai siap" untuk segera berangkat ke pelabuhan. Ane sempet bingung mau parkir di mana grobak ane. Denger" parkiran disana susah dan kurang aman serta panas pula. Kasian ntar grobak ane. Wkakakka. Akhirnya ane nemuin satpam hotel, ane tanya ke satpamnya. "Pak saya boleh parkir mobil disini, 1 hari aja paling pak. Soalnya saya mau ke Nusa Penida." Kata satpamnya: hmm gmn ya mas, ya udah gpp mas, cuma 1 hari kan ya. iya pak bener, sambil ane nyodorkan 20rb ke pak satpamnya. Gpp lah, ane ikhlas 20Rb, yg penting Grobak ane aman dan hati ane tenang selama traveling di Nusa Penida. hahaha. emoticon-Hammer 


Ane pesen gojek gan, dari hotel 15 menit sampai di pelabuhan Sanur, langsung ane pesen tiket buat ke Nusa Penida. Kena 100 Ribu. ane kalau gak salah. Waktu itu hari pas bukan hari libur jadi gak ramai" amat. Kapal yg ane naikin Angel Bilabong. Oh iya, sebelum berangkat. Ane cari hotel dulu di Nusa Penida. Biar gak ribet gan nyari" disananya. Kebetulan ane dapet hotel dengan biaya 150Rb permalam disana. Ane search di google ternyata ada hotelnya. Akhirnya ane putuskan untuk bermalam disana pas sampai di Nusa Penida. Kapal Angel Bilabongpun akhirnya tiba. Sempet mual ane pas naik kapal. Maklum gan kaya di kocok" perutnya selama perjalanan. wkakakka. Sampai di Pelabuhan Nusa Penida. Banyak bgt Penyewaan motor nyamperin ane. Ane jalan kedepan dlu, cari motor yang keliatannya bagus. Biar gak kenapa" gan waktu jalan di pulau ini. Ane cek kondisi Ban, bensin mesin. Nah ini motor ini cocok buat perjalanan ane. Ane tanya berapa perhari. Dianya nembak 90rb/ sampai besok siang. Ane sempet tawar. 75Rb, sempet ane tinggal dan orangnya akhirnya mau. Ane mulai gas motor. lanjut ke penginapan yg udah ane pesen sebelumnya. tepat jam 10.00 WITA ane sampai di penginapan. Penjaga hotelnya ramah bgt gan. Ane pesan Kopi katanya buat sendiri aja mas di dapur. Ane buat deh, pas ane kasih uang, katanya gk usah pak. itu fasilitas. wkakaka. Ya lumayan lah. istirahat sebentar di penginapan selama 15 menit isi tenaga. Lalu ane mulai siap" untuk menjelajah Nusa Penida. 


Spoiler for Keberangkatan ke Nusa Penida:





Sebelumnya ane udah siapin Google maps offline tempat yg mau ane jelajahin pas sampai disini. Jadi ane gak begitu kuwatir waktu ane hilang sinyal.  Hahaha. Tujuan pertama ane yaitu Atuh Beach. Sepanjang perjalanan kebanyakan orang yg ane temuin bule gan, mungkin karena hari biasa ya jadi jarang orang lokal yg lagi liburan. emoticon-Hammer Ane ikutin tuh gan petunjuk google maps offline ane. Karena ane salah make kartu gan. Ane ikutin tuh jalurnya. Stiba di titik google. Ane liat kebelakang ada bule ngikutin ane. ane lanjut jalan aja, masih ngikutin. haha. Pas ane jalan kok jalannya mengecil dan cuma cukup 1 motor. Karena penasaran. Ane jalan terus. eh malah Nyasar gan. Wkakakaka. Awal yg suram.

[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida


[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida


Setelah di pikir pikir ternyata ane salah jalan gan. Lewat jalan yg satu lagi. Karena Bercabang. Ane nikmatin dulu tuh kesasaran ane. Tapi not bad lah pemandangan pantainya.  Eh bule tanya" ane. Karena inggris ane masih blepotan. Ane yes ser" aja gan. haha. Intinya si ya ya ke ikutin jalur ini aja. pdhl gak tau itu kemana jalurnya emoticon-Thinking Ane puter balik gan. Masih ngikutin petunjuk google maps dan petunjuk papan jalan. ketemu juga jalan ke Atuh Beach.
Ternyata Jalan menuju ke pantai yg terkenal itu sudah bagus gan dan rata" cukup untuk roda 4. Ane ikutin jalurnya dan akhirnya sampai juga disini. Ane ke pos penjaga karcisnya gan. Karcis Masuk kena 10 Ribu. Ane parkir motor ane. Mulai jelajah pantai Atuh Beach yg bener" memukau ane. 

[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida


[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida


Setelah puas menjelajah Panti Atuh. Ane lanjut lagi gan, ke rumah pohon, atau biasa di sebut Rumah pohon batu Molenteng. 15 menit dari pantai ini gan. Ane tanya sama penjaga pos, katanya tinggal balik lagi. Nanti ada petunjuk ke rumah pohon itu. dan ane mampir kesini. Biaya masuk sama gan di kenakan 10 ribu rupiah sudah sama parkir. Btw karena ane sendirian, ane minta fotoin bule gan, dan sebagai gantinya ane fotoin mereka berdua. wkakakaka


[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida


[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida


[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida


Setelah puas tak terasa sudah pukul 13.00 WITA. wah masih ada 1 tempat lagi yg belum ane tuju. Klingking Beach. Kata temen ane belum kesini belum afdol. hahaha. Ane tanya orang sini. Katanya kurang lebih 2 jam perjalanan. Hadeh, rencana ane si mau liat sunset disini. Tapi ane ngeri juga, takut waktunya gak sempet sampai sini. Alhamdulillah sampai sini jam 15.00 WITA. Parkir motor, biaya masuk sama gan 10 Ribu sudah sama parkir. 


[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida

[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida

[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida

[Catper Part 1] Solo Traveling, Perjalanan Darat Pekalongan - Nusa Penida



Setelah puas, tak terasa sudah jam 18.00 WITA. Jalan gelap menemani perjalanan pulang ane. Tiba di penginapan pukul 19.00 WITA. Ternyata dari pantai ini gak jauh ke penginapan ane. Untunglah. Sampai di penginapan ane. Bersih” dan istirahat. Selama ane istirahat, masih kebayang aja itu pantai nan indah. Segini dulu gan Lanjut lagi part 2 Solo Traveling. Kalau ada yang mau di pertanyakan selama perjalanan ane, jangan sungkan gan untuk comment di bawah ya.
emoticon-Salam Kenal





Photography and Video by Irfa Senja

@irfa.senja (Instagram)


Diubah oleh Lazy.Song
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
mantap gan pengalamannya..
btw..jalan disana masih jelek gak ya , yg ke kelingkingnya ?
Lihat 2 balasan
Balasan post dwigkf25
Terakhir saya kesana, akhir tahun kemarin, jalannya sudah lumayan bagus gan. Lg ada perbaikan, sebagian jg sudah beraspal sampai pantainya. emoticon-Big Grin
bawaa dokuu berapa ente? solo backpack kee nusapenida
Lihat 1 balasan
Balasan post penyukabiru
Ane waktu itu bawa uang krang lebih 2.5jt lebih gan. Yang beratnya bensin mobil gan. PP krg lebih 1jtan. Tapi nilai plusnya, sisa waktu libur ane gunakan buat jalan" setiap kota yg ane lewatin sampai Pekalongan. Itu di iritin jg si karena bawa oleh" pulangnya. emoticon-Big Grin
Diubah oleh Lazy.Song
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Balasan post Lazy.Song
Quote:


Pengen coba kesana lg neh gan.
Bawa gerobak jg ah hehehe , krn ane blm pernah coba nyupir bw sendiri.
Lagi itung2 budget dl gan.
Quote:


wew... mantep nih pengalamannya gan... jalannya gmn overall gan??? dari segi transportasinya nyaman apa enggak?? kalo dari keseruan kayanya seru ye kan... bisa interaksi banyak ama warga sekitar dan bisa saling kenal ama wisatawan lain... secara kan solo traveler...
emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
Gan, solo travelling kesini abis duit berapa ya kira kira?


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di