alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Do It Yourself /
Ternyata Gini, Cara Bikin Wall Embroidery. Numpang Share Pengalaman ya Gan Sis!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8f3347f0bdb27a7b13fe0f/ternyata-gini-cara-bikin-wall-embroidery-numpang-share-pengalaman-ya-gan-sis

Ternyata Gini, Cara Bikin Wall Embroidery. Numpang Share Pengalaman ya Gan Sis!

Hello Agan Sista!


emoticon-Peluk

Kali ini ane mau nyeritain pengalaman pertama iseng bebikinan karya sulam. Sebelumnya ane lihat iklan adanya privat workshop bikin handmade wall embroidery mini cactus, kalau dicari di kamus sih Bahasa Indonesianya adalah sulam. Karena penasaran dan belum pernah bebikinan kayak gini sebelumnya, jadilah ane iseng daftar! Lumayan banget bermanfaat ilmunya, kali aja besok ane bisa menghabiskan masa tua dengan membuat sulaman ini emoticon-Ngakak (S)

Workshop ini dibikin oleh salah seorang crafter yang berasal dari Salatiga yang bernama Mbak Gisel. Karena namanya aja privat, makanya pesertanya cuma sedikit ya Gan Sis yaitu cuma tiga orang. Tapi percayalah, kalau ada workshop bikin-bikin handmade kayak gini emang paling enakan kalau pesertanya dikit. Bisa bebas tanya sama ahlinya gitu dan tentunya lebih leluasa dong. Harga workshopnya sendiri menurut ane sangat terjangkau ya untuk ukuran diadakan di ibu kota yakni hanya seratus ribu rupiah aja!
Ternyata Gini, Cara Bikin Wall Embroidery. Numpang Share Pengalaman ya Gan Sis!

Workshop ini diadakan di sebauh coffee shop gitu Gan Sis, di kawasan Setiabudi Jakarta Selatan, sekitar jam 2 sore sampai jam 3an. Tapi karena waktu itu ane ada keperluan mendadak, jadi deh telat. Tapi ternyata acaranya pun telat juga kok jadi ane nggak nyesel-nyesel banget lah ketinggalan dikit.
Ternyata Gini, Cara Bikin Wall Embroidery. Numpang Share Pengalaman ya Gan Sis!
Hasil yang ane bikin sebenernya belum rapi-rapi banget karena garis polanya masih keliatan hehehe. Ini pic before nya Gan Sis

Sebelum memulai, jadi ternyata Mbak Gisel ini udah nyiapin pola untuk masing-masing peserta. Bentuk polanya tentu saja kaktus, sesuai dengan judul workshopnya. Pola ini digambar di atas sebuah kain yang memiliki serat, tapi mon maap yak, ane lupa nama kainnya apa emoticon-NohopeTapi kalau ane sih neybutnya kain karung goni karena emang kayak kain karung. Nah kain yang udah digambar pola itu dijepit di sebuah pembidang, tujuannya ya tentu saja agar kita bisa lurus gitu nyulamnya nggak mleyot-mleyot. 

Quote:

Jadi di dalam workshopnya itu kita dikasih tugas buat bikin sulaman mengikuti pola kaktus yang udah dibikin. Waktu ane tanya sih kata Mbak Gisel jenis tusukan yang kita pakai adalah tusuk jelujur. Karena di dunia persulaman ini ada banyak sekali jenis tusukan ya Gan Sis, dan kayaknya jenis inilah yang paling cocok digunakan untuk kelas basic.

Menurut ane sih nggak cukup sulit ya karena emang tinggal ngikutin tekstur bolong-bolong kotak-kotak dari kain yang emang kelihatan banget. Benang dan jarum yang kami gunakan pun juga yang besar, jadi nggak perlu sampai melotot-melotot kesulitan sih. Ya begitu lah sombong banget ya ane. Padahal hasil karya ane juga nggak rapi-rapi banget dan sering banget menjumpai benang yang kusut karena nggak hati-hati. Tapi nggak apa yang penting sombong duluan lahemoticon-Big Grin

Kita kan tinggal ngikutin pola dan ngikutin arus tekstur dari kain. Gampil banget. Saran Mbak Gisel sih sebaiknya kita memulai tusukan jarum di luar pola, sehingga pas udah kelihatan bentuk kaktusnya, gambar pola yang dibikin pakai pensil itu nggak kelihatan lagi. Ane kan udah mengikuti saran dari Mbak Gisel ya Gan Sis, tapi kok tetep aja sih masih keliatan aja pola garis dari pensilnya. Hehehe keliatan banget kan ya newbie nyaemoticon-Ngakak (S)Oh iya, selain itu sebaiknya kita nggak narik benangnya dengan sangat kencang biar benangnya nggak ketarik banget dan bolong-bolong serat kainnya nggak begitu kelihatan. Tapi gimana ya, jiwa muda ane masih terlalu bersemangat dan menggebu-gebu, jadi yaa.....gitu deh!
Ternyata Gini, Cara Bikin Wall Embroidery. Numpang Share Pengalaman ya Gan Sis!
Dan ini pic afternya! hehehe, sebenernya masih belum puas sih karena masih pengen nambahin ornamen di bagian potnya, tapi waktunya udah abis

Workshop ini berakhir sekitar pukul 5 sorean. Pas banget lah waktunya. Tapi menurut ane tetep kurang puas sih kalau cuma sekali. Dan emang saat mengerjakan ini kita tuh emang harus dituntut buat sabar dan nggak ngerasa grusa-grusu gitu Gan Sis, karena bakalan ngaruh juga di hasilnya. Waktu itu juga ane rada ngerasa buru-buru gitu sih karena ane udah ketinggalan sedangkan peserta lain udah pada jalan duluan, ya karena ane datengnya terlambat kan.
Hmmmm. Bikin karya yang bentuknya kecil gini aja udah menguras emosi, tenaga, dan juga waktu. Ane nggak ngebayangin gimana dengan orang-orang yang bisa bebikinan karya sulaman dengan ukuran yang besar. Jadi wajar aja ya Gan Sis kalau karya-karya handmade itu dijual dengan harga yang cukup mahal. Kalau misal Agan dan Sista mau beli dan pengen nawar sih boleh aja tapi jangan kebangetan ya, apalagi minta gratisan! emoticon-Nohope


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Wuiiih... Keren ih emoticon-Jempol
wah bisa di coba nih ..
Post di IG...
Klo ga dicantumin harga, ada yg mau beli
Klo dicantumin ga ada yg nanya emoticon-Ngacir
Coba juga sulam pita.
Secara teknik mirip dg itu, tapi penggunaan benang nya diganti pita kecil.
Hasilnya juga keren.
emoticon-2 Jempol
Sis aku mau ikut kursus kilatnya nyari mba gisel kemana yak?
mantap gan
Mirip sulam Kruistik.
Pernah bikin buat hiasan taplak meja emoticon-Big Grin
Diubah oleh heningdamai
Yg dr salatiga itu harusnya si gading
Kl gisel itu dari surabaya emoticon-Ngacir


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di